Cara Indah Berbagi Keceriaan Bersama Pasien Kanker Anak Sedunia

Dalam rangka peringatan Hari Kanker Anak Sedunia

17 Februari 2021

Cara Indah Berbagi Keceriaan Bersama Pasien Kanker Anak Sedunia
Pexels/Pixabay

Hari Kanker Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Februari. Hal ini bertujuan sebagai bentuk dukungan pada pasien kanker anak sehingga mereka lebih semangat dan tak berputus asa saat menjalani pengobatan kanker.

Selain itu, Hari Kanker Anak Sedunia juga menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat untuk memberi perhatian atau kewaspadaan tentang kanker khususnya pada anak-anak. 

Beragam cara dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, seperti yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa bersama dengan Qalista Human Care Foundation. Kedua pihak tersebut berbagi keceriaan melalui rangkaian acara menarik bersama pasien kanker anak. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap terkait peringatan Hari Kanker Anak Sedunia yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa.

Editors' Picks

1. Berbagi kebahagiaan bersama pasien kanker anak

1. Berbagi kebahagiaan bersama pasien kanker anak
Dok. Dompet Dhuafa
Dok. Dompet Dhuafa

Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa ini diselenggarakan pada Senin (15/02/2021) di Aula Qalista Human Care Foundation, Jalan Sasak Raya Limo Depok. Dengan acara bertajuk “Sahabat Berbagi Harapan Bersama Pasien Kanker Anak”.

Puluhan anak penderita kanker beserta pendampingnya diajak untuk bergembira dan melupakan sejenak penyakit kanker yang diderita. Beragam keseruan pun hadir mengisi peringatan Hari Kanker Sedunia.

Dalam acara ini, pasien kanker anak bisa mengikuti sesi dongeng ceria, ikut lomba mewarnai, menikmati ekstra fooding, dan mendapatkan ragam souvenir menarik. Kemudian pada akhir acara, pasien anak-anak diminta untuk doa bersama agar diberi kesembuhan dari penyakit kanker.  

2. Ajak masyarakat untuk peduli terhadap kanker anak

2. Ajak masyarakat peduli terhadap kanker anak
Dok. Dompet Dhuafa
Dok. Dompet Dhuafa

Acara peringatan Hari Kanker Anak Sedunia tersebut mendapatkan antusias yang cukup besar. Anak-anak penderita kanker yang turut berpartisipasi pun merasa senang.

Tidak hanya berniat untuk menghibur pasien kanker anak, Kepala Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, Moh. Noor Awaluddin Asjhar juga mengungkapkan, peringatan Hari Kanker Anak ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dunia atas kanker. Hal ini karena penyakit kanker tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

"Hal ini sebagai bentuk dukungan, motivasi, dan hiburan kepada para pasien kanker khususnya bagi anak-anak dan remaja, penyintas dan keluarganya untuk terus semangat dan optimis selama menjalani pengobatan. Semangat keceriaan anak-anak pun harus terus ada dan tumbuh agar mereka termotivasi untuk sembuh" jelasnya. 

3. Kanker pada anak yang perlu orangtua ketahui

3. Kanker anak perlu orangtua ketahui
Pexels/Ave Calvar Martinez

Selama ini, Mama dan Papa mungkin mengetahui bahwa penyakit kanker hanya menyerang orang dewasa. Padahal, kanker juga bisa diderita oleh anak-anak.

Biasanya, kanker pada pasien dewasa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sementara kanker pada anak dipicu oleh adanya mutasi gen. Hal itu menyebabkan perubahan DNA dari sel tubuh ketika anak dilahirkan. Bahkan dalam beberapa kasus, perubahan DNA tersebut berlangsung saat anak masih dalam kandungan.

Beberapa jenis kanker yang umum dialami oleh anak-anak, yaitu kanker darah, kanker otak, kanker mata, kanker ginjal, dan kanker tulang. Setiap jenis kanker tersebut memiliki gejala dan cara pengobatan yang berbeda. 

Alangkah baiknya, orangtua waspada terhadap penyakit kanker karena bisa saja dialami oleh anak mama. Dengan cara melakukan pencegahan sedini mungkin. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat pada anak, hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh secara rutin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.