Faank Sampai Ryana Dea, Ini Anak Artis yang Melakukan Sunat di Rumah

Pandemi, jadi #DiRumahAja Wah bisa jadi referensi juga bagi Mama yang ingin mengkhitankan si Kecil

10 November 2020

Faank Sampai Ryana Dea, Ini Anak Artis Melakukan Sunat Rumah
Unsplash/Jafar Ahmed

Dalam ajaran agama Islam, setiap anak laki-laki wajib untuk melakukan khitan atau sunat. Hal ini karena khitan termasuk bagian dari bersuci.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad bersabda, "Ada 5 macam yang termasuk fitrah, yaitu khitan, mencukur rambut yang tumbuh di sekitar kemaluan, menggunting kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (H.R. Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Umumnya, prosesi sunat dilakukan di rumah sakit, klinik, atau rumah khusus khitan. Namun, saat pandemi seperti ini sunat pun tidak dapat dilaksanakan langsung ke layanan kesehatan. Mengingat adanya penularan virus yang cukup berisiko.

Namun, beragam inovasi muncul. Telah ada beberapa layanan khitan yang menyediakan program sunat di rumah.

Salah satunya yang dilakukan oleh Rumah Sunat dr. Mahdian. 

Selain menciptakan keamanan dan efisiensi, sunat yang dilakukan di rumah juga akan teras lebih nyaman bagi anak-anak. Terbukti dari beberapa artis yang telah mempercayai layanan sunat dari rumah untuk mengkhitankan anaknya.

Berikut informasi dari Popmama.com terkait anak-anak artis tanah air yang melakukan sunat di rumah saat masa pandemi. 

1. Faank vokalis band Wali

1. Faank vokalis band Wali
Dok. Rumah Sunat dr. Mahdian

Faank, vokalis band Wali bersama sang istri memilih layanan sunat dari rumah untuk buah hati karena masalah keamanan dan kenyamanan.

Faank mengkhitankan anak laki-lakinya yang ketiga, bernama Dzaky Miftahul Mubaroq. Berdasarkan unggahan di akun Instagram pribadinya @fs_aadzm, Dzaky menjalankan proses sunat dengan dokter ahli yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik. 

Selain itu, Faank juga mengunggah momen sunat sang putra ke akun YouTubenya, yaitu Sarank Channel. Prosesnya berjalan lancar, Faank dan keluarganya pun berharap agar kegiatan bersuci ini dapat menjadikan Dzaky sebagai anak yang baik serta sholeh. 

Editors' Picks

2. Gary Iskak

2. Gary Iskak
Dok. Rumah Sunat dr. Mahdian

Muhammad Adilla Rafisya Iskak, putra dari pasangan artis Gary Iskak dan Richa Novisha memilih menggunakan layanan sunat di rumah. 

"Kita tuh tertarik dengan metode sunat modern Mahdian klem ini karena lebih praktis, anak juga pas disunat ya walaupun awalnya tegang tapi lama-lama biasa aja. Kalau yang konvensional agak horor gitu kali ya," ujar Gary Iskak.

Selain itu, Gary dan sang istri percaya dengan layanan sunat dari rumah karena alasan keamanan. Mengingat saat ini masih pandemi dan risiko penularan penyakit cukup tinggi. 

3. Ustadz Hanan Attaki

3. Ustadz Hanan Attaki
Dok. Rumah Sunat dr. Mahdian

Ustadz kondang tanah air yang telah cukup dikenal, Hanan Attaki dan sang istri pun memercayakan urusan khitan anak laki-lakinya melalui layanan sunat di rumah. 

Proses sunat yang dilakukan cukup cepat dan nyaman bagi anak maupun orangtua. Hal ini karena metode yang digunakan memiliki beragam keunggulan.

Mulai dari minim risiko perdarahan, tanpa jahit, tanpa perban, proses sunat lebih cepat (5–10 menit saja), setelah sunat langsung bisa beraktivitas, boleh kena air, proses penyembuhan relatif cepat, dan perawatan pascasunat pun lebih mudah.

4. Ryana Dea dan Puadin Redi

4. Ryana Dea Puadin Redi
Dok. Rumah Sunat dr. Mahdian

Pasangan muda Ryana Dea dan Puadin Redi memilih layanan sunat di rumah untuk buah hati laki-lakinya. Menurutnya, layanan sunat di rumah dapat menjadi pilihan di saat pandemi. 

Selain aman, layanan sunat tetap dilakukan dengan baik oleh tim medis, protokol kesehatannya dijalankan sesuai peraturan. Hal ini pun membuat Ryana serta suami lebih tenang, meski sempat merasa khawatir. 

5. Sinyorita Esperanza

5. Sinyorita Esperanza
Dok. Rumah Sunat dr. Mahdian

Akrtis sekaligus pembawa acara Sinyorita Esperanza dengan pasangan, memilih layanan sunat di rumah untuk anak laki-lakinya. Meskipun sempat khawatir sulit dikhitan karena buah hatinya memiliki postur tubuh gemuk, akhirnya Pasya, sapaan akrab sang anak berhasil sunat. 

Anak laki-laki Sinyorita menggunakan metode khitan khusus dengan bantuan dokter bedah. Tentu saja, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat sehingga proses sunat berjalan dengan aman dan nyaman. 

Itulah 5 anak artis tanah air yang menggunakan layanan sunat di rumah ketika pandemi. Semoga bisa menjadi referensi Mama dan Papa yang ingin mengkhitankan anak laki-lakinya di masa ini, ya. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.