Hadis Menuntut Ilmu dalam Islam yang Perlu Diketahui Anak

Menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim

31 Maret 2021

Hadis Menuntut Ilmu dalam Islam Perlu Diketahui Anak
Pexels/Gabby K

Pendidikan menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Sejak masa kanak-kanak, seseorang akan dipaparkan dengan banyak hal sebagai bentuk pembelajaran. Baik menuntut ilmu di rumah dengan orangtuanya atau di sekolah. 

Hal ini karena ilmu dan pengetahuan yang diajarkan pada anak akan bermanfaat bagi mereka saat menjalani kehidupan ke depannya. Terlebih, setiap ilmu dan pengetahuan akan berkembang seiring berjalannya waktu. Jadi, sebaiknya anak memang diarahkan untuk menuntut ilmu agar tidak tertinggal. 

Tidak hanya bagi kehidupan di dunia, menuntut ilmu juga dianjurkan dalam Islam. Terdapat dalil-dalil dari Alquran maupun hadis yang menjelaskan pentingnya menuntut ilmu. Pengetahuan agama ini perlu orangtua ajarkan pada anak agar mereka lebih bersemangat dalam belajar. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan hadis tentang menuntut ilmu yang bersumber dari sabda Rasulullah SAW. 

1. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap umat

1. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap umat
Pexels/Gabby K

Jelaskanlah pada anak mama bahwasanya menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim. Tidak ada pengecualian karena sesungguhnya seluruh umat Islam wajib untuk belajar.

Hal ini telah dijelaskan dalam hadis bahwa Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224)

Allah SWT juga akan meninggikan derajat seorang muslim yang menuntut ilmu. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Maidah: 11).

Editors' Picks

2. Menuntut ilmu membawa seorang muslim pada kebaikan

2. Menuntut ilmu membawa seorang muslim kebaikan
Pexels/cottonbro

Perlu anak mama ketahui bahwa menuntut ilmu termasuk perkara yang dapat membawa seorang muslim pada kebaikan. Mulai dari mendapatkan pahala hingga dipermudah langkahnya menuju surga.

Hal ini telah dijelaskan dalam hadis, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya: “Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW juga akan mendoakan para umat Islam yang mencari ilmu di jalan Allah SWT. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis bahwa:

قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّهُ لَيَسْتَغْفِرُ لِلْعَالِمِ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْبَحْرِ

Dari Abu Ad Darda` ia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya akan memintakan ampun untuk seorang alim makhluk yang di langit dan di bumi hingga ikan hiu di dasar laut.” (HR. Ibnu Majah)

3. Menuntut ilmu menghadirkan keberkahan

3. Menuntut ilmu menghadirkan keberkahan
Pexels/Gabby K

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menuntut ilmu akan mendatangkan kebaikan, dalam hadis lainnya juga disebutkan bahwa menuntut ilmu dapat menghadirkan keberkahan. Baik saat perjalanan ketika hendak menuntut ilmu hingga pulang. 

Hadis ini diriwayatkan oleh Turmudzi dan berbunyi sebagai berikut:

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : “Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.”

Selain mendatangkan keberkahan, seorang muslim yang menuntut ilmu juga akan memiliki derajat lebih tinggi. 

Rasulullah SAW bersabda:

ٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ قَالَ يَرْفَعُ اللَّهُ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا بِدَرَجَاتٍ

Dari Ibnu Abbas RA ketika menafsirkan ayat: (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Al-Mujadalah: 11); dia berkata maksudnya adalah “Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat”. (HR. Darimi)

4. Menuntut ilmu memiliki keutamaan dibanding amal

4. Menuntut ilmu memiliki keutamaan dibanding amal
Pexels/Gabby K

Menurut hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwasanya menuntut ilmu saat ini memiliki keutamaan dibanding dengan beramal. 

إِنَّكُمْ قَدْ أَصْبَحْتُمْ فِي زَمَانٍ كَثِيرٍ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيلٍ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٍ مُعْطُوهُ، قَلِيلٍ سُؤَّالُهُ، الْعَمَلُ فِيهِ خَيْرٌ مِنَ الْعِلْمِ، وَسَيَأْتِي زَمَانٌ قَلِيلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيلٌ مُعْطُوهُ، الْعِلْمُ فِيهِ خَيْرٌ مِنَ الْعَمَلِ

Artinya: “Sungguh kalian sekarang benar-benar berada di sebuah zaman yang banyak orang-orang faqihnya, sedikit para penceramahnya, banyak para pemberi, dan sedikit para peminta-minta. Amal di masa ini lebih baik daripada ilmu. Akan datang sebuah zaman nanti di mana sedikit orang-orang faqihnya, banyak para penceramahnya, sedikit para pemberi, dan banyak para peminta-minta. Ilmu di masa itu lebih baik daripada amal.” (HR. Ath-Thabrani)

Seorang muslim yang telah memiliki ilmu ini nantinya akan lebih paham bagaimana cara beramal. Jadi, arahkanlah anak mama untuk rajin belajar karena menuntut ilmu akan menjadikan mereka lebih cerdas sehingga cara beramalnya dapat dilakukan dengan tepat. 

Namun, jangan lupa mengajarkan anak untuk menghormati para guru yang memberikan ilmu pada mereka ya, Ma. Sebagaimana anjuran dalam hadis. Rasulullah SAW bersabda:

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya: “Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

5. Menuntut ilmu akan bermanfaat hingga akhir hayat

5. Menuntut ilmu akan bermanfaat hingga akhir hayat
Pexels/Marta Wave

Tidak hanya mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan di dunia, menuntut ilmu juga akan membawa kebaikan hingga akhir hayat. Rasulullah SAW bersabda: 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang berdoa untuknya.” (HR. Muslim).

Itulah beberapa hadis tentang menuntut ilmu yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat belajar dalam Islam. Yuk, beritahu pada anak mama agar mereka lebih bersemangat dalam belajar. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.