5 Makanan yang Dapat Mama Pilih agar Kinerja Otak Anak Lebih Optimal

Mendukung kegiatan belajar dan ujian di sekolah anak, Ma

19 Oktober 2020

5 Makanan Dapat Mama Pilih agar Kinerja Otak Anak Lebih Optimal
Unsplash/Kyle Gregory Devaras

Usia sekolah merupakan masa bagi anak untuk menyerap beragam informasi dan ilmu pengetahuan. Maka, penting bagi orangtua memberikan asupan nutrisi yang tepat.

Pola makan baik akan meningkatkan kemampuan sehingga tujuan anak dapat tercapai, Ma. Tidak hanya makanan yang sehat, orangtua mungkin perlu mengetahui asupan tertentu agar kinerja otaknya maksimal. 

Melansir laman Healthline, berikut Popmama.com rangkum beberapa makanan yang baik untuk menunjang kesehatan otak buah hati. 

1. Buah beri

1. Buah beri
Unsplash/Jamie Street

Buah beri kaya akan berbagai senyawa yang dapat membantu meningkatkan kinerja akademis dan melindungi kesehatan otak anak, Ma.

Buah beri meliputi, blueberry, stroberi, dan blackberry mengandung senyawa flavonoid tinggi yang disebut antosianin.

Antosianin ini diyakini dapat meningkatkan kinerja mental dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi dari peradangan.

Selain itu, antosianin dapat melancarkan jalur sinyal tertentu sehingga produksi sel saraf dan proses seluler yang terlibat dalam pembelajaran dan memori meningkat. 

Editors' Picks

2. Jeruk

2. Jeruk
Unsplash/Mae Mu

Jeruk dikenal sebagai buah bergizi tinggi untuk kesehatan. Bahkan, jika dikonsumsi rutin dapat meningkatkan kesehatan otak, Ma.

Hal ini karena jeruk diperkaya dengan flavonoid. Senyawa pada jeruk ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembelajaran dan ingatan, serta melindungi sel saraf dari cedera sehingga mencegah penurunan mental. 

Mama dapat memberikan buah jeruk segar sebagai camilan di antara makan siang, atau mengolahnya menjadi jus untuk diberikan pada anak. 

3. Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan
Unsplash/Maddi Bazzocco

Kacang-kacangan mengandung beragam nutrisi penting untuk kesehatan otak. Mulai dari vitamin E dan zinc sehingga dapat mendukung perkembangan otak anak-anak, Ma.

Kacang juga termasuk sumber lemak sehat, protein, dan serat sehingga dapat membantu tubuh tetap bersemangat selama sesi belajar.

Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengemil kacang bahkan dapat membantu meningkatkan aspek fungsi otak tertentu.

Tak hanya jadi camilan, kacang-kacangan pun dapat diolah menjadi beragam makanan pendamping yang lezat. Mama bisa mengolahnya sesuai dengan kegemaran si Kecil. 

4. Telur

4. Telur
Unsplash/Katherine Chase

Telur diperkaya dengan banyak nutrisi yang diperlukan untuk fungsi otak. Misalnya, vitamin B12, kolin, dan selenium.

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam kesehatan neurologis. Kolin diperlukan untuk perkembangan otak dan produksi neurotransmitter asetilkolin yang diperlukan untuk penyimpanan memori dan fungsi otot.

Sementara kandungan selenium pada telur dapat membantu koordinasi memori, kognisi, dan kinerja motorik. Selain itu, telur juga mengandung lutein, pigmen karotenoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi visual dan mental, Ma. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi telur yang dianjurkan, yaitu satu butir utuh. Jadi, sebaiknya jangan hanya bagian putih atau kuningnya, ya. 

5. Ikan

5. Ikan
Unsplash/Dean Gonsalves

Ikan merupakan jenis makanan yang dapat dipilih untuk menunjang kinerja otak anak. Sebaiknya, pilihlah ikan yang berlemak karena kaya akan omega-3.

Omega-3 adalah lemak esensial yang berperan penting dalam kesehatan otak. Selain itu, ikan juga merupakan sumber nutrisi peningkat kesehatan otak yang sangat baik seperti vitamin B12 dan selenium.

Mama dapat memberikan olahan ikan sebagai menu makanan buah hati. Dengan menyajikannya bersama sayur-sayuran. 

Itulah 5 pilihan asupan yang baik untuk kesehatan otak sehingga dapat membantu proses belajar anak di sekolah. Mama bisa menyesuaikan beragam makanan di atas dengan kegemaran si Kecil. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.