Ingin si Kecil Menulis dengan Baik dan Rapi? Yuk, Simak Tips Berikut

Kuncinya adalah belajar menulis dengan konsisten, Ma

12 Mei 2020

Ingin si Kecil Menulis Baik Rapi Yuk, Simak Tips Berikut
Pexels/Andrea Piacquadio

Semua orangtua pasti menginginkan hal yang terbaik bagi buah hatinya. Tak terkecuali dalam hal pendidikan anak. Memiliki anak dengan kemampuan yang baik di sekolah, nampaknya akan terasa membanggakan ya, Ma. 

Namun, ada beberapa tantangan yang mungkin akan Mama temui. Apalagi jika si Kecil baru saja menginjak usia sekolahnya. 

Anak mungkin akan kesulitan dalam menulis atau memahami sebuah tulisan. Padahal, tulisan merupakan salah satu kunci untuk berkomunikasi. 

Tidak hanya mengandalkan pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Sebaiknya, Mama juga perlu melatih anak agar tulisannya baik dan rapi.

Selain konsisten dan kesabaran, yuk simak tips mengajarkan anak agar bisa menulis dengan rapi dari Popmama.com yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Ruangan khusus yang nyaman

1. Ruangan khusus nyaman
Pexels/VisionPic.net

Mengutip laman oxfordlearning, Mama sebaiknya menyediakan ruangan khusus untuk anak belajar menulis di rumah. Memiliki ruang yang didedikasikan sepenuhnya untuk menulis akan membantu anak terhindar dari gangguan sehingga lebih fokus. 

Sediakan kursi dan meja dengan ketinggian yang sekiranya dapat dijangkau oleh si Kecil. Buat lah ruangan menjadi tempat yang nyaman agar anak lebih bersemangara dalam belajar menulis, Ma. 

Editors' Picks

2. Hubungkan dengan minat anak

2. Hubungkan minat anak
Pexels/Cotton Bro

Sesuatu hal akan terasa menyenangkan bagi anak jika menyangkut kegemaran atau minatnya. Maka, Mama bisa menghubungkan minat si Kecil dalam belajar menulis.

Misalnya, menulis tentang karakter dalam buku atau film favoritnya. Apa pun yang menjadi minat anak, coba hubungkan untuk menulis. Cara kreatif nan menarik ini memungkinkan anak lebih mudah belajar. 

Mama bisa memulainya dengan meminta anak berimajinasi cerita baru tentang karakter buku atau film. Kemudian, Mama bisa membimbing anak untuk menuliskannya pada buku. 

3. Coba berbagai bahan untuk menulis

3. Coba berbagai bahan menulis
Pexels/Andrea Piacquadio

Selain pensil, pulpen, dan buku tulis, Mama juga bisa memanfaatkan bahan lain untuk melatih anak menulis dengan baik dan rapi.

Misalnya, menggunakan kuas dan cat air, krayon atau pensil warna serta kertas gambar sebagai media tulisnya. Biarkan saja anak berkreasi sesuai keinginannya. 

Dilansir dari laman raisingchildren, cara latihan menulis kreatif seperti ini dapat membuat anak lebih antusias dan menghindari si Kecil dari rasa bosan, Ma.

4. Lakukan dengan disiplin dan rutin

4. Lakukan disiplin rutin
Pexels/Cotton Bro

Segala hal yang dilakukan dengan kedisiplinan secara terus-menerus pasti akan membuahkan hasil memuaskan. Seperti dalam belajar menulis ini. Manfaatkan setiap kesempatan untuk anak berlatih menulis.

Mama bisa meminta anak untu bantu menuliskan barang-barang ke daftar belanja keluarga, menulis kartu ulang tahun dan kartu lainnya, atau membuat label dengan catatan tempel.

Selain itu, pastikan juga anak tahu bahwa Mama tersedia untuk membantu mengeja atau mengoreksi kesalahan tulisannya. Dengan menjadikan waktu menulis sebagai prioritas, anak menjadi lebih mudah dalam meningkatkan keterampilan menulisnya.

5. Minta bantuan guru di sekolah

5. Minta bantuan guru sekolah
Pexels/Julia M Cameron

Selain mengajarkan anak menulis di rumah, Mama juga bisa meminta bantuan guru. Hal ini karena orangtua tidak bisa selalu mendampingi saat anak di sekolah. Bantuan dari guru ini akan sangat berguna dalam mengawasi proses belajar anak dalam menulis. 

Selain itu, Mama juga bisa meminta bantuan guru di sekolah untuk memberikan kertas latihan menulis sehingga anak semakin bersemangat untuk latihan menulis di rumah.

Jangan lupa untuk memberikan pujian atau hadiah kecil pada buah hati ketika ia berhasil menulis dengan rapi. Hal-hal sederhana seperti ini bisa memotivasi anak untuk melakukannya dengan lebih baik lagi, lho. 

Itulah 5 tips mengajarkan anak agar bisa menulis dengan rapi. Semoga bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.