Profil Mesut Ozil, Pesepak Bola Ternama yang Baru Datang di Indonesia

Ozil berencana untuk memberi dukungan pelatihan sepak bola untuk anak Indonesia

25 Mei 2022

Profil Mesut Ozil, Pesepak Bola Ternama Baru Datang Indonesia
Wikimedia Commons/Ronnie Macdonald

Para penggemar sepak bola mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mesut Ozil. Ia merupakan mantan pemain dalam tim Arsenal dan Real Madrid di Liga Inggris dan membantu Jerman mendapatkan Piala Dunia tahun 2014 silam.

Pesepak bola ternama ini baru sampai di Jakarta Selasa (24/05/2022) untuk melakukan kerjasama untuk mengembangkan kemampuan sepak bola anak Indonesia.

Seperti apa perjalanan hidup dan karir Mesut Ozil hingga menjadi ternama? Berikut ini Popmama.com sudah merangkum profil Mesut Ozil, pesepak bola ternama yang baru datang di Indonesia di bawah ini. Yuk disimak!

1. Biodata Mesut Ozil

1. Biodata Mesut Ozil
Wikimedia Commons/joshjdss

Mesut Özil biasa dipanggil Özil, lahir pada 15 Oktober 1988, ia adalah seorang pemain sepak bola Jerman yang bermain untuk klub Fenerbahçe S.K. dan pernah bermain di Tim nasional Jerman.

Semenjak ia muda, Özil telah menjadi anggota tim nasional sejak tahun 2006, dan anggota tim nasional Jerman sejak tahun 2009.

Dia mendapat perhatian internasional selama Piala Dunia FIFA 2010 dan pernah dinominasikan untuk Golden Ball Award, yang diberikan kepada pemain terbaik turnamen sepak bola.

Özil memulai karier seniornya di klub kota kelahirannya Schalke 04 di Bundesliga pada tahun 2006, lalu ia ditransfer ke Werder Bremen pada tahun 2008, lalu pada bulan Agustus 2010, ia ditransfer lagi ke Real Madrid setelah kinerja penampilannya di Piala Dunia FIFA dengan Jerman.

Pada hari batas waktu transfer musim panas 2013, ia pindah ke Arsenal pada rekor klub £47.000.000 (Rp 816,94mil). Membuat Mesut Özil menjadi pemain sepak bola asal Jerman yang paling mahal sepanjang masa.

Editors' Picks

2. Terkenal karena Liga Inggris

2. Terkenal karena Liga Inggris
Wikimedia Commons/Ronnie Macdonald

Setelah Mesut Özil setuju untuk bergabung dengan klub sepak bola Inggris, Arsenal Pada 2 September 2013, yang membuatnya menjadi pemain sepak bola asal Jerman paling mahal sepanjang sejarah, Özil mendapatkan jersey bernomor punggung 11 dan mendapat tugas untuk mengatur pusat serangan arsenal.

Özil melakukan debut untuk Arsenal dalam pertandingan liga mereka melawan Sunderland pada tanggal 14 September 2013. Dia memberikan assist untuk gol Olivier Giroud di menit ke-11 pertandingan saat mereka memenangi pertandingan dengan skor 3 - 1. Tiga hari setelah itu, Ozil membuat debut Liga Champions untuk Arsenal melawan Marseille.

Lebih dari tiga minggu kemudian, ia membuat debut di Emirates melawan Stoke City dalam kemenangan 3-1. Ia terlibat dalam semua gol Arsenal, dengan dua assist dan sebuah tendangan bebas yang ditepis oleh Özil dan akhirnya bola jatuh ke kaki Ramsey dan Ramsey mengkonversinya menjadi gol.

Dia mencetak gol pertamanya untuk Arsenal, ketika bermain cemerlang dan mendapat sebuah umpan silang dari Aaron Ramsey, dalam kemenangan 2 - 0 melawan Napoli di Liga Champions.

Dia mencetak gol liga premier pertamanya saat kemenangan kandang dengan skor 4 - 1 melawan Norwich City pada tanggal 19 Oktober 2013 yang membuatnya menjadi sorotan publik.

3. Baru tiba di Indonesia

3. Baru tiba Indonesia
copa2014.gov.br/Danilo Borges

Tidak lama lalu pada hari selasa (24/5/2022) Mesut Özil tiba di Indonesia, ia langsung mendapatkan pengawalan ketat oleh pihak keamanan untuk keluar dari bandara yang rencananya ia akan berada di Indonesia selama 4 hari.

Dalam perjalanannya, Mesut Özil menggunakan maskapai Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK 0056 rute Istanbul-Jakarta.

Nantinya, mantan pemain tim nasional asal Jerman tersebut, akan memberikan pelatihan singkat atau coaching clinic, serta mengunjungi kegiatan CSR bersama dengan sejumlah atlet muda dan anak kurang mampu yang memiliki talenta di bidang olahraga sepak bola.

Setelahnya, Özil memiliki rencana untuk berlatih singkat di Jakarta Stadion International untuk menunjukkan kemampuan sepak bolanya dan setelahnya ia berencana untuk bertemu dengan Kemenparekraf untuk promosikan pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, kedatangan Özil pun menghebohkan media sosial setelah ia mem-posting di akun Instagram pribadinya dengan memberikan pesan, menyapa untuk datang ke Indonesia.

4. Perjalanan karir dan prestasi Mesut Ozil

4. Perjalanan karir prestasi Mesut Ozil
Wikimedia Commons/Ronnie Macdonald

Özil dipilih oleh untuk tim Jerman untuk Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan, mulai dalam semua pertandingan tim. Özil memberikan membantu untuk mencapai tujuan untuk skor akhir 4-0 melawan Australia di pertandingan grup pertama Jerman.

Dia mencetak kaki kiri setengah voli dari tepi penalti terhadap Ghana di pertandingan terakhir grup, memastikan Jerman maju ke putaran kedua sebagai pemenang grup.

Pada tanggal 27 Juni 2010, Özil bermain di Jerman mengalahkan Inggris di Babak penyisihan 16 besar pertandingan, menyiapkan gol keempat dengan umpan silang ke Thomas Müller saat Jerman menang 4-1.

Selama pertandingan perempat final melawan Argentina, ia dibantu gol kedua untuk Miroslav Klose dengan salib untuk memastikan skor akhir 4-0 untuk Jerman. Dengan hasil pencapaiannya, FIFA mengumumkan bahwa ia berada di antara para pemain turnamen sepuluh dinominasikan untuk Golden Ball Award.

5. Sempat dianggap pendiam ketika masih muda

5. Sempat dianggap pendiam ketika masih muda
Wikimedia Commons/beIN SPORTS Türkiye

Ketika masih muda, Özil bersama dengan kakek-nenek dan kemudian ayahnya, sempat tinggal dua tahun menetap di sebuah kota kecil dekat Zonguldak di Turkish Black Sea, dekat pantai di Gelsenkirchen.

Özil lahir pada tahun 1988 sebagai anak kedua dari empat bersaudara di Gelsenkirchen dan tumbuh dengan kakak dan dua saudara perempuan di daerah Bismarck.

Ayahnya Mustafa Özil juga memiliki kewarganegaraan Jerman dan telah bekerja sejak Juli 2011 ketika menjadi konsultan olahraga dan manajer.

Ozil menghadiri di sekolah Bergerfeld di kampung halamannya pada 2000-2005, yang tersisa di sekolah menengah. Ia dianggap oleh masyarakat sebagai pendiam dan pemalu.

Walau seperti itu, Ozil tetap memiliki mimpi untuk menempuh karir sepak bola seperti salah satu idola pemain sepak bola Prancis Zinedine Zidane.

Itulah profil Mesut Ozil, pesepak bola ternama yang baru sampai di Indonesia. Ternyata Ozil memang sosok yang inspiratif, ya! Kira-kira seperti apa coaching clinic yang akan dia bawakan, ya?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk