5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Punya Air Mendidih

Meski penting untuk kehidupan, ternyata ada pula sungai yang justru malah mematikan

13 Mei 2022

5 Sungai Paling Berbahaya Dunia, Salah Satu Pu Air Mendidih
Freepik/wirestock
Ilustrasi

Sungai adalah badan air yang mengalir dari hulu ke hilir. Karena makhluk hidup memerlukan air, biasanya manusia dan hewan akan hidup di dekat sungai.

Meski begitu, ada pula beberapa sungai yang justru tidak boleh didekati karena dianggap berbahaya, misal dikelilingi hewan buas atau memiliki arus deras.

Lalu, apa saja sungai yang sebaiknya tidak didekati? Berikut ini Popmama.com sudah merangkum 5 sungai paling berbahaya di dunia dari beberapa sumber. Yuk disimak!
 

1. Sungai Kongo, Afrika

1. Sungai Kongo, Afrika
YouTube.com/AmazeLab

Sungai Kongo adalah bagian dari sistem sungai terpanjang kesembilan di dunia. Selain itu, sungai ini juga merupakan yang terpanjang kedua di Afrika dan sebelumnya dikenal sebagai Sungai Zaire. 

Selain panjang, Sungai Kongo juga merupakan sungai terdalam di dunia dengan kedalaman yang mencapai 220 meter. Saking dalamnya, cahaya juga sulit menembus masuk sungai ini.

Berkat aliran Sungai Kongo yang panjang, para penduduk Afrika seringkali menggunakan sungai ini untuk bepergian. Namun banyak kecelakaan yang terjadi ketika makin banyak orang yang berusaha menavigasi sungai ini.

Berbagai kecelakaan tersebut terjadi karena bagian hulu Sungai Kongo dipenuhi dengan jeram dan anak sungai kecil, sedangkan bagian hilirnya berisi ngarai, air terjun, bahkan jurang yang dalam di antara dua tebing.

Editors' Picks

2. Sungai Shanay-Timpishka, Peru

2. Sungai Shanay-Timpishka, Peru
YouTube.com/FactsxStory

Sungai Shanay-Timpishka adalah sungai kecil dari bagian Sungai Amazon. Jika Sungai Amazon sudah cukup berbahaya karena dipenuhi berbagai hewan buas, Sungai Shanay-Timpishka berbahaya karena airnya yang panas hingga mendidih.

Sungai sepanjang 6,4 kilometer ini merupakan satu-satunya sungai dengan air mendidih yang suhu airnya dapat mencapai dari 45 celcius hingga hampir 100 celcius.

Dengan suhu air yang mendidih, tentu hewan apapun dan juga manusi yang mendekat akan mengalami cedera luka bakar parah.

Air mendidih ini bersumber dari panas bumi yang menciptakan mata air panas yang mengalir ke dalam sungai tersebut. Saking berbahayanya, masyarakat lokal Amazon menganggap ada roh uap yang tinggal di sungai ini.

3. Sungai Mississippi, Amerika Utara

3. Sungai Mississippi, Amerika Utara
YouTube.com/Great Big Story

Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang di Amerika Serikat dan salah satu yang terpanjang di dunia. Saking panjangnya, sungai ini sampai membentang melalui beberapa negara bagian.

Selain panjang, sungai ini juga merupakan habitat asli dari berbagai jenis ikan yang berbahaya, seperti ikan pike dan hiu banteng.

Meski airnya terlihat tenang, ternyata sungai ini sangat berbahaya untuk diarungi atau digunakan untuk berenang. 

Selain karena ada berbagai jenis ikan berbahaya, Sungai Mississippi memiliki banyak arus bawah yang tidak dapat diprediksi dan dapat menarik siapapun masuk ke dalamnya.

Karena sudah memakan banyak korban, penduduk setempat juga memperingatkan tentang berbagai puing-puing akibat kecelakaan dalam sungai yang sulit dinavigasi dan hampir mustahil untuk dihindari jika ada yang terseret arus.
 

4. Sungai Nil

4. Sungai Nil
YouTube.com/World Nomac

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yang melewati sebelas negara dan memiliki hilir di Laut Mediterania.

Sepanjang sejarah, Sungai Nil sangat penting bagi peradaban di seluruh Afrika, tetapi juga menghadirkan banyak ancaman. Ini karena Sunyai Nil adalah rumah bagi sejumlah besar predator.

Salah satu predator yang tinggal di sungai ini adalah buaya yang dapat bergerak dengan kecepatan 50 km per jam di darat dan membunuh sekitar 200 orang per tahun.

Sungai Nil juga merupakan rumah bagi kuda nil yang dapat menyerang perahu, ular berbisa seperti Black Mamba dan Kobra Mesir.

Tak cukup dengan hewan buas, Sungai Nil juga merupakan tempat tinggal utama bagi nyamuk pembawa penyakit yang mematikan.

Nyamuk bertanggung jawab atas 500 juta orang jatuh sakit setiap tahun dan ratusan ribu orang meninggal karena malaria dan virus West Nile.

5. Sungai Wharfe, Inggris

5. Sungai Wharfe, Inggris
YouTube.com/Haze Outdoors

Meski terlihat indah, ternyata Sungai Wharfe yang terletak di Yorkshire, Inggris, termasuk salah satu sungai paling berbahaya di dunia dan dapat membunuh siapa saja yang masuk ke dalamnya.

Bagian Sungai Wharfe yang paling terkenal memiliki lebar kurang dari dua meter yang terletak di antara Menara Barden dan Biara Bolton. Celah sempit ini memungkinkan sungai ini untuk memiliki kecepatan yang luar biasa.

Meski terlihat tenang, bagian dalam sungai ini memiliki banyak terowongan tersembunyi yang dapat memerangkap siapapun di dalamnya. 

Terowongan tersebut tercipta karena adanya dorongan air yang mengalir cepat hingga membutuhkan ruang lebih banyak agar air tersebut dapat bergerak. 

Itulah 5 sungai paling berbahaya di dunia yang tidak dapat sembarangan dikunjungi. Kalau menurut anak Mama, sungai apa yang paling berbahaya ya?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk