Hafalan Surat Al-Lahab Beserta Kandungan yang Bisa Diajarkan pada Anak

Surat Al-Lahab termasuk dalam surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah

29 September 2021

Hafalan Surat Al-Lahab Beserta Kandungan Bisa Diajarkan Anak
Pexels/RODNAE Production

Surat Al-Lahab merupakan surat yang ke-111 di dalam Al-Qur’an. Surat Al-Lahab ini disebut sebagai surat Makkiyah, hal ini karena surat Al-Lahab sendiri diturunkan di Kota Mekah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al-Lahab terdiri atas lima ayat. Surat ini menceritakan tentang bagaimana kebencian dari Abu Lahab kepada Nabi Muhammad SAW serta penentangannya terhadap dakwah.

Kandungan dari surat Al-Lahab ini pun menerangkan bahwa Abu Lahab akan merugi, menjadi binasa dan celaka karena kutukan yang diterimanya oleh Allah SWT dan kejadian tersebut pun terjadi.

Abu Lahab menderita penyakit parah seminggu setelah terjadinya Perang Badar. Ia pun akhirnya meregang nyawa dan tewas. Abu Lahab bin Abdul Muthalib bin Hasyim ini memiliki nama asli Abdul Uzza. Ia merupakan paman dari Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum hafalan surat Al-Lahab beserta kandungannya yang dapat Mama ajarkan pada anak mama.

1. Surat Al-Lahab ayat 1 beserta latin dan artinya

1. Surat Al-Lahab ayat 1 beserta latin artinya
Pexels/khats cassim

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ

Tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

Artinya: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

Kandungan dari ayat 1 surat Al-Lahab ini menjelaskan mengenai kebencian Abu Lahab pada Nabi Muhammad SAW dan penentangannya terhadap dakwah yang dilakukan beliau dengan cara yang menyakitkan.

Maka dari itu celaka dan binasalah kedua tangan dari Abu Lahab yang bernama ‘Abdul ‘Uzzà bin ‘Abdul Muthalib dan benar-benar binasalah ia!

Editors' Picks

2. Surat Al-Lahab ayat 2 beserta latin dan artinya

2. Surat Al-Lahab ayat 2 beserta latin artinya
Pexels/RODNAE Production

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ

Mā agnā 'an-hu māluhụ wa mā kasab

Artinya: Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

Kandungan dari ayat 2 surat Al-Lahab ini menjelaskan ketika adanya azab dari Allah SWT. yang menimpanya maka tidaklah berguna baginya harta yang ia kumpul dan banggakan. 

Dan tidak bermanfaat pula apa yang ia usahakan, seperti jabatan dan keturunan yang menyelamatkan dirinya dari adanya azab tersebut. Hanya iman yang saleh lah yang dapat menyelamat seseorang dari murkanya Allah SWT.

3. Surat Al-Lahab ayat 3 beserta latin dan artinya

3. Surat Al-Lahab ayat 3 beserta latin artinya
Pexels/RODNAE Production

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ

Sayaṣlā nāran żāta lahab

Artinya: Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

Kandungan dari ayat 3 surat Al-Lahab ini menjelaskan alasan atas kekejian Abu Lahab kepada Nabi Muhammad SAW dan juga dosa-dosanya yang lain, maka kelak dia akan masuk dalam api yang bergejolak dan membakar seluruh badanya dengan terus-menerus.

Ia pun tidak akan pernah mati di dalamnya serta tidak akan pula keluar darinya.

4. Surat Al-Lahab ayat 4 beserta latin dan artinya

4. Surat Al-Lahab ayat 4 beserta latin artinya
Pexels/Safa

وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ

Wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab

Artinya: Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

Kandungan dari ayat ke 4 surat Al-Lahab ini menjelaskan bahwa Abu Lahab akan masuk dalam api neraka, begitu pula dengan istrinya, Ummu Jamìl Arwà binti Harb bin Umayyah sang pembawa kayu bakar yang berduri.

Ia meletakkan kayu tersebut di sepanjang jalan yang dilalui oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjebak beliau. Ia pun juga gemar menyebarkan fitnah kepada Nabi beserta pengikutnya.

5. Surat Al-Lahab ayat 5 beserta latin dan artinya

5. Surat Al-Lahab ayat 5 beserta latin artinya
Pexels/ali burhan

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ

Fī jīdihā ḥablum mim masad

Artinya: Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

Kandungan dari ayat ke 5 surat Al-Lahab ini menjelaskan mengenai bentuk azab yang akan diterimanya di neraka akan sesuai dengan perilakunya sendiri. Pada lehernya terdapat tali dari sabut yang dipintal. 

Dengan menggunakan tali tersebut Allah SWT akan menjerat lehernya dan mengangkatnya dengan tinggi-tinggi kemudian mencampakkannya ke dasar neraka.

Nah, itulah hafalan surat Al-Lahab beserta kandungannya. Semoga surat ini dapat diajarkan kepada anak mama serta dapat mengamalkannya sedari dini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.