Tumbuhkan Empati Si Kecil Selama Ramadan, Begini Caranya Ma!

Bikin Mama dan Papa bangga!

4 Mei 2021

Tumbuhkan Empati Si Kecil Selama Ramadan, Begini Cara Ma
Shutterstock/Odua Images

Si Kecil membutuhkan banyak stimulasi pada masa pertumbuhannya, agar kelak kecerdasan intelektual dan emosinya terus berkembang. Di momen bulan Ramadan ini, banyak stimulasi yang bisa menumbuhkan rasa empati si Kecil lho, Ma.

Kalau Mama belum tahu, kali ini Popmama.com akan berbagi ilmu tentang stimulasi untuk si Kecil agar rasa empatinya terus tumbuh. Belajar bareng yuk, Ma!

1. Mengajarinya arti puasa dan belajar berpuasa sejak dini

1. Mengajari arti puasa belajar berpuasa sejak dini
Shutterstock/Odua Images

Dengan mengajari si Kecil menahan haus dan lapar sepanjang hari, secara tidak langsung membuat mereka berempati dengan orang lain yang kurang beruntung. Seperti anak-anak jalanan yang setiap hari belum tentu mereka bisa makan. Mama bisa beri penjelasan tentang konsep puasa ini, agar si Kecil paham dan rasa empatinya bisa terus meningkat.

Editors' Picks

2. Berbagi takjil untuk lingkungan sekitar atau panti asuhan

2. Berbagi takjil lingkungan sekitar atau panti asuhan
Shutterstock/A3pfamily

Berbagi takjil bisa dilakukan bersama si Kecil ya, Ma. Libatkan semua prosesnya, mulai dari persiapan sampai distribusinya. Dengan begitu, rasa empatinya sedikit demi sedikit akan berkembang.

Oh iya, kalau nanti pandemi sudah selesai, Mama juga bisa berbagi takjil dengan anak-anak yang berada di panti asuhan. Ajak si Kecil berkunjung agar ia bisa sekaligus bersosialisasi.

3. Bersedekah untuk pejuang jalanan

3. Bersedekah pejuang jalanan
Shutterstock/APIWAN BORRIKONRATCHATA

Bersedekah ini banyak bentuknya ya, Ma. Salah satunya dengan menyisihkan sebagian uang untuk fakir miskin atau berbuat baik kepada mereka. Manfaatnya pun banyak, seperti pahala orang yang bersedekah akan dilipatgandakan, penghapus kesalahan, pembersih harta dan sebagainya. 

Untuk si Kecil, sejak dini mulai ajarkan ia menabung dan sedikit menyisihkan uangnya untuk bersedekah. Selain itu, Mama dan si Kecil juga bisa bersedekah bersama Energen Program Sedekah Energi yang berkolaborasi dengan Berbagi Sarapan Community. 

Caranya gampang, Mama bisa membeli 3 pouch Energen Kurma di e-commerce, itu sama artinya dengan mendonasikan 3 pouch Energen untuk 3 orang pejuang jalanan yang butuh energi ekstra, seperti tukang sapu, tukang sampah dan sebagainya. Oh iya Ma, Energen Kurma ini serealnya mengandung kurma asli dan dilengkapi dengan semua kebaikan susu, telur dan SIGMAVIT. Jadi, pas banget buat energi keluarga Mama dan pejuang jalanan.

Yuk Ma, langsung aja ajak si Kecil berbagi dengan sesama di bulan Ramadan ini agar #PondasiRamadan Mama dan keluarga semakin kuat.

4. Ajak si Kecil untuk berzakat, berikan mereka contoh

4. Ajak si Kecil berzakat, berikan mereka contoh
Shutterstock/TADAphotographer

Seperti yang Mama ketahui, zakat fitrah saat bulan Ramadan itu termasuk hal yang wajib bagi yang mampu menunaikannya. Nah, di saat inilah Mama bisa ajak si Kecil untuk berzakat di masjid terdekat.

Pengalaman ini sangat berharga dan akan direkam oleh si Kecil seumur hidupnya. Beri pengertian juga mengapa zakat itu wajib dilakukan bagi orang yang mampu.

5. Libatkan si Kecil dalam ‘emotional talk’ setelah berbuka puasa

5. Libatkan si Kecil dalam ‘emotional talk’ setelah berbuka puasa
Shutterstock/Sabrina Bracher

Mama bisa lakukan emotional talk ketika si Kecil sudah berusia 5-6 tahun ya. Dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian serta penghargaan untuk setiap hal baik yang sudah si Kecil lakukan. Momen setelah buka puasa bisa jadi waktu yang tepat Ma, setelah si Kecil seharian telah membantu Mama atau telah sukses berpuasa.

Menumbuhkan empati si Kecil sejak dini memang nggak mudah, Ma. Tapi, Popmama.com yakin Mama pasti bisa! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.