Penting Dipahami, 5 Alasan Harus Memakai Baju Renang saat Berenang

Salah satunya demi keamanan dan kenyamanan anak lho, Ma!

4 Februari 2022

Penting Dipahami, 5 Alasan Harus Memakai Baju Renang saat Berenang
Freepik/Master1305

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Biasanya, berenang juga menjadi alternatif untuk mengisi waktu berlibur anak-anak. 

Namun tak sedikit orangtua yang menyepelekan baju renang. Masih banyak dari mereka yang membiarkan anak-anak berenang mengenakan kaos dan celana katun. 

Padahal, jika berenang tanpa pakaian renang bisa membawa dampak buruk untuk anak lho, Ma. Salah satunya cedera pada tubuh si Anak. 

Maka dari itu, baju renang merupakan barang yang sangat penting untuk anak-anak melakukan renang. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi dari berbagai sumber mengenai 5 alasan harus memakai baju renang saat berenang. Simak yuk, Ma!

1. Pakaian renang terbuat dari bahan khusus

1. Pakaian renang terbuat dari bahan khusus
Dok. ISEAU

Pakaian renang dibuat menggunakan bahan khusus yakni polyester, nylon, lycra atau perpaduan dari nylon dan lycra. 

Dari beberapa bahan tersebut, yang paling bagus adalah nylon dan lycra. Sebab, kedua bahan tersebut sangat lembut, ringan, dan lebih elastis dibanding dengan polyester. 

2. Serat dari pakaian biasa bisa menghambat saluran kolam renang

2. Serat dari pakaian biasa bisa menghambat saluran kolam renang
Freepik

Kebanyakan kaos memiliki bahan katun. Serat-serat pada kaos berbahan katun ini bisa terlepas jika terbawa oleh air kolam renang. 

Jika dalam satu kolam banyak yang mengenakan kaos, maka bisa jadi serat-serat kecil dari kaos katun menjadi gumpalan sehingga menghambat dan merusak saluran pembuangan pada kolam renang. 

Editors' Picks

3. Kaos akan mencemari air kolam renang

3. Kaos akan mencemari air kolam renang
Freepik

Jika anak mama mengenakan kaos untuk berenang, maka tandanya ia mengotori atau mencemari air kolam renang dengan berbagai bakteri.

Sebab, kaos berbahan katun atau kapas memiliki sifat menahan kuman ataupun bakteri di antara serat-seratnya. Ketika anak masuk ke dalam kolam dengan kaos, maka semua bakteri yang ada di kaos akan menyebar di dalam kolam renang. 

4. Berenang lebih nyaman dengan pakaian renang karena bisa bergerak bebas

4. Berenang lebih nyaman pakaian renang karena bisa bergerak bebas
Freepik/pressfoto

Pakaian renang dibuat sesuai dengan bentuk tubuh. Aladannya agar tidak menyerap air sehingga anak mama dapat mengerakkan tubuh lebih bebas dan nyaman di dalam air. Gaya renang apapun pasti bisa dilakukan anak mama tanpa hambatan. 

Sedangkan jika anak mama menggunakan kaos, maka akan ada banyak air kolam yang terserap sehingga menjadi lebih berat dan tak nyaman untuk bergerak.

Dengan demikian, risiko terjadinya cedera pada anak ketika berenang menjadi lebih kecil dibanding dengan memakai kaos biasa untuk berenang. 

5. Baju renang tak akan luntur jika dipakai untuk berenang

5. Baju renang tak akan luntur jika dipakai berenang
Freepik/zinkevych

Seperti yang telah kita ketahui, baju renang menggunakan bahan dasar nylon, spandex atau lycra. Ketiga bahan ini tak akan luntur meskipun dipakai terkena air kolam renang yang mengandung kaporit. 

Sebab, bahan nylon, spandek, dan lycra lebih tahan abrasi. Berbeda dengan kaos biasa yang warnanya akan mudah luntur saat terkena air kolam yang sudah tercampur dengan bahan kimia.

6. Rekomendasi baju renang terbaik untuk anak mama

6. Rekomendasi baju renang terbaik anak mama
Dok. ISEAU

Salah satu baju renang terbaik yang nyaman dan aman untuk digunakan berenang oleh anak mama yakni baju renang ISEAU. 

Di awal tahun ini, mereka merilis VOL 1: Azul collection dengan empat motif yakni Raja Ampat, Saint Tropez, Santa Monica and Phi Phi. Semua motif tersebut terlihat cerah dan menyegarkan sekali lho, Ma!

Uniknya, dua sisi pada pakaian renang ini dapat digunakan semuanya, Ma. Bagian depan yang memiliki banyak motif dan bagian belakang yang polos bisa digunakan semuanya. Keren banget kan, Ma? 

Hal ini  membuat anak mama terlihat modis dan tidak membosankan karena pakai baju renang yang berbeda-beda. 

Tak hanya bagus dalam bentuk desain, ISEU pun sangat memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat baju renang. Perusahaan ini memilih bahan terbaik untuk anak-anak berenang. 

Untuk bagian depan yang bermotif menggunakan 90% bahan polyesster dan 10% bahan spandex dengan Perlindungan UV. Sedangkan pada bagian belakangnya yang polos menggunakan 80% bahan nylon dan 20% Spandex. 

Bagi Mama yang ingin langsung membelikan sang anak pakaian renang ini, langsung saja kunjungi Shopee dan Tokopedia, ya. Baju renang Azul Collection ini dijual mulai dari harga Rp449.000. 

Selamat berbelanja, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk