Mukjizat Nabi Nuh AS yang Bisa Diceritakan pada Anak

Banyak hikmah yang dapat diambil untuk kehidupan sehari-hari

23 Juli 2021

Mukjizat Nabi Nuh AS Bisa Diceritakan Anak
Freepik/Rawpixel.com

Mukjizat Nabi Nuh AS adalah salah satu yang paling penting dalam sejarah agama Islam. Menceritakan kisah nabi dan rasul Allah SWT kepada anak merupakan salah satu hal penting.

Sebab, nabi dan rasul termasuk ke dalam rukun iman, tepatnya rukun iman yang keempat. Maka, dengan menceritakan kisah nabi dan rasul pada anak artinya Mama dan Papa membantu memupuk keimanannya.

Salah satu yang bisa diceritakan pada anak yakni kisah tentang Nabi Nuh AS yang memiliki kesabaran luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan hidupnya. 

Nabi Nuh AS adalah nabi ke-3 dari 25 nabi dan rasul Allah yang wajib diimani. Nabi Nuh juga merupakan salah satu nabi yang memiliki keistimewaan yakni menjadi salah satu nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi dari Allah SWT. 

Selain itu, Nabi Nuh pun mendapatkan Mukjizat yang luar biasa dari Allah SWT. Mukjizat adalah perihal di luar kebiasaan yang Allah tunjukkan melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan ajarannya tersebut.

Jika dipikirkan, mukjizal seperti hal yang tidak masuk akal. Namun, kebesaran tersebut datangnya dari Allah SWT. Jadi tidak ada yang tidak mungkin, bukan? 

Untuk lebih jelas, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa mukjizat Nabi Isa yang diberikan Allah SWT. Simak yuk Ma dan ajarkan pada si Kecil!

1. Mengenal Nabi Nuh AS

1. Mengenal Nabi Nuh AS
Youtube.com/Stories of the Prophets - Quran Stories

Nabi Nuh merupakan anak laki-laki dari Lamik bin Matta Syalih bin Idris. Nama Nuh sendiri berasal dari bahasa Syria yang berarti 'bersyukur'. 

Nabi Nuh juga mendapatkan gelar dari Allah SWT sebagai abdussyakur. Gelar itu memiliki arti hamba yang banyak bersyukur. Hal ini tercantum dalam QS. Al-Isra ayat 3.

ذُرِّيَّةَ مَنۡ حَمَلۡنَا مَعَ نُوۡحٍ‌ؕ اِنَّهٗ كَانَ عَبۡدًا شَكُوۡرًا‏

Zurriyyata man hamalnaa ma'a Nuuh innahuu kaana 'abdan shakuuraa

Artinya: (Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur."

Nabi Nuh merupakan keturunan Nabi Adam AS yang ke-9. Diperkirakan ia dilahirkan 1.056 tahun setelah Nabi Adam. Sehingga jarak antara masa Nabi Adam dengan Nabi Nuh yakni 10 abad. Hal tersebut tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Thabrani berikut ini: 

Abu Umamah mendengar percakapan Rasulullah bersama seseorang yang bertanya kepadanya: “Wahai Rasul Muhammad, apakah Adam itu seorang Nabi? Nabi Muhammad bersabda: ya benar. Orang tersebut bertanya kembali: Berapa jarak antara Adam dan Nuh? Baginda Nabi Menjawab: Sepuluh Abad” (HR. Ibnu Hibban dan Thabrani).

Nabi Nuh termasuk nabi yang memiliki umur terpanjang yakni 950 tahun. Hal ini tercantum dalam QS. Al-Ankabut ayat 14.

وَلَقَدۡ اَرۡسَلۡنَا نُوۡحًا اِلٰى قَوۡمِهٖ فَلَبِثَ فِيۡهِمۡ اَ لۡفَ سَنَةٍ اِلَّا خَمۡسِيۡنَ عَامًا ؕ فَاَخَذَهُمُ الطُّوۡفَانُ وَهُمۡ ظٰلِمُوۡنَ

Wa laqad arsalnaa Nuuhan ilaa qawmihii falabisa fiihim alfa sanatin illaa khamsiina 'aaman fa akhazahumut tuufaanu wa hum zaalimuun

Artinya: Dan sungguh, Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka dia tinggal bersama mereka selama seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudian mereka dilanda banjir besar, sedangkan mereka adalah orang-orang yang zalim.

Editors' Picks

2. Perjalanan dakwa Nabi Nuh 

2. Perjalanan dakwa Nabi Nuh 
Youtube.com/Stories of the Prophets - Quran Stories

Nabi Nuh diangkat menjadi nabi oleh Allah SWT saat usia 480 tahun. Nabi Nuh diutus untuk menyuarakan ajaran-Nya. Selain itu, Nabi Nuh pun diminta untuk  mengajak Darmasyil beserta kaumnya menyembah Allah. 

Darmasyil dan pengikutnya merupakan kaum yang menyembah berhala. Ada 5 berhala yang sangat mereka agung-agungkan yakni Wad, Siwa', Yaghuts, Ya'uq dan Nard. 

Tak hanya itu, Nabi Nuh pun diutus untuk memberantas kezaliman pada masa itu sedang meningkat pesat. 

Atas tantangan tersebut, Allah SWT memberi Nabi Nuh kesabaran yang berlimpah. 

Nabi Nuh memulai dakwahnya dengan mengajak para umat manusia untuk menyembah Allah, meninggalkan maksiat, dan berbuat kebaikan.

Dalam menjalankan dakwahnya, Nabi Nuh melakukan dengan berbagai cara, mulai dari sembunyi-sembunyi hingga terang-tenang. 

Namun, ajaran tersebut tidak digubris oleh kaumnya, termasuk Darmasyil dan pengikutnya. 

Dikutip dari buku berjudul Nabi Nuh AS: Keajaiban Bahtera Raksasa karya Testriono dan Tim Divaro, "Menurut riwayat, jumlah pengikut Nabi Nuh AS tidak lebih dari 80 orang. Para pengikut Nabi Nuh AS tersebut terdiri dari orang-orang miskin dan lemah."

Mereka adalah keturunan orang-orang miskin dan pekerja kasar, bukan berasal dari keluarga kaya raya ataupun terhormat.

3. Mukjizat Nabi Nuh AS

3. Mukjizat Nabi Nuh AS
Youtube.com/Stories of the Prophets - Quran Stories

Atas keadaan yang tidak kian membaik karena tidak banyak kaumnya yang mendengarkan ajarannya, Nabi Nuh AS berdoa kepada Allah.

قَالَ رَبِّ اِنِّىۡ دَعَوۡتُ قَوۡمِىۡ لَيۡلًا وَّنَهَارًا

Qoola rabbi innii da'awtu qawmii lailanw wa naharaa

Artinya: Dia (Nuh) berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam, (QS. Nuh: 5)

فَلَمۡ يَزِدۡهُمۡ دُعَآءِىۡۤ اِلَّا فِرَارًا

Falam yazid hum du'aaa 'iii illaa firaaraa

Artinya: tetapi seruanku itu tidak menambah (iman) mereka, justru mereka lari (dari kebenaran). (QS. Nuh: 6)

Tak hanya itu, Nabi Nuh pun berdoa dan memohon kepada Allah agar menurunkan azab bagi hamba-hamba-Nya yang membangkang tersebut.

قَالَ رَبِّ اِنَّ قَوۡمِىۡ كَذَّبُوۡنِ​ ۖ​ۚ‏

Qoola Rabbi inna qawmii kazzabuun

Artinya: Dia (Nuh) berkata, "Ya Tuhanku, sungguh kaumku telah mendustakan aku;

فَافۡتَحۡ بَيۡنِىۡ وَبَيۡنَهُمۡ فَتۡحًا وَّنَجِّنِىۡ وَمَنۡ مَّعِىَ مِنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ‏ 

Faftab bainii wa bai nahum fat hanw wa najjinii wa mam ma'iya minal mu'miniin

Artinya: maka berilah keputusan antara aku dengan mereka, dan selamatkanlah aku dan mereka yang beriman bersamaku."

Allah yang mendengar segala doa hambanya langsung mengabulkan. Dia langsung menurunkan wahyu kepada Nabi Nuh dengan memintanya membuat bahtera (kapal) yang besar.

وَاصۡنَعِ الۡفُلۡكَ بِاَعۡيُنِنَا وَوَحۡيِنَا وَلَا تُخَاطِبۡنِىۡ فِى الَّذِيۡنَ ظَلَمُوۡا‌ ۚ اِنَّهُمۡ مُّغۡرَقُوۡنَ

Wasna'il fulka bi-a'yuninaa wa wahyinaa wa laa tukhaa tibnii fil laziina zalamuu; innahum mughraquun

Artinya: Dan buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah engkau bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zhalim. Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan."

وَيَصۡنَعُ الۡفُلۡكَ وَكُلَّمَا مَرَّ عَلَيۡهِ مَلَاٌ مِّنۡ قَوۡمِهٖ سَخِرُوۡا مِنۡهُ‌ؕ قَالَ اِنۡ تَسۡخَرُوۡا مِنَّا فَاِنَّا نَسۡخَرُ مِنۡكُمۡ كَمَا تَسۡخَرُوۡنَؕ

Wa yasn'ul fulka wa kullamaa marra 'alaihi malaum min qawmihii sakhiruu minh; qoola in taskharuu minnaa fa innaa naskharu minkum kamaa taskharuun

Artinya: Dan mulailah dia (Nuh) membuat kapal. Setiap kali pemimpin kaumnya berjalan melewatinya, mereka mengejeknya. Dia (Nuh) berkata, "Jika kamu mengejek kami, maka kami (pun) akan mengejekmu sebagaimana kamu mengejek (kami).

Dalam sebuah riwayat, disebutkan panjang kapal yang dibuat oleh Nabi Nuh 360 hasta, lebarnya 50 hasta. Pintunya sekitar 50 hasta. Benar-benar sebuah kapal yang berukuran sangat besar. 

Beliau membuat kapal besar tersebut di tengah padang pasir. Hal ini membuat kaumnya yang melihat hal terebut meremehkan Nabi Nuh.

Kaum Nabi Nuh tersebut mencemooh karena kapal besar tersebut dibuat di tengah padang pasir yang jaraknya sangat jauh dengan lautan.

Namun, Nabi Nuh menjelaskan bahwa akan datang hujan besar dan menenggelamkan seluruh daratan. Nantinya, kapal terebut akan berguna untuk menolongnya. 

Akan tetapi, lagi-lagi jawaban Nabi Nuh tak didengar. Kaumnya tetap tidak percaya karena menurutnya Nabi Nuh pun manusia biasa seperti mereka. Sama-sama tidak mengetahui keadaan di kemudian hari. 

4. Mukjizat Nabi Nuh AS

4. Mukjizat Nabi Nuh AS
Youtube.com/Stories of the Prophets - Quran Stories

Nabi Nuh akhirnya selesai membuat kapal yang besar. Kemudian, Allah menurunkan hujan deras hingga menenggelamkan bumi. Semua permukaan benar-benar dipenuhi air sehingga siapapun yang ada di daratan tenggelam. 

Namun, Nabi Nuh dan para pengikutnya yang beriman serta hewan-hewan di muka bumi selamat. Mereka naik ke dalam kapal yang telah dibuat oleh Nabi Nuh. 

Sebelumnya, Nabi Nuh memerintahkan umatnya yang beriman untuk menaiki kapal miliknya. 

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا

Artinya: Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." (QS. Hud: 41)

Sedangkan para kaum yang durhaka, yang menentang ajaran Allah SWT dan dakwah-dawah Nabi Nuh, mereka semua tenggelam dan binasa. Termasuk Istri Nabi Nuh dan anaknya (Ka'an).

Nabi Nuh dan para penumpang kapal berlayar di tengah lautan tanpa batas selama 150 hari. Setelah air surut, semua penumpang kapal diperintahkan untuk turun oleh Allah SWT.

قِيۡلَ يٰـنُوۡحُ اهۡبِطۡ بِسَلٰمٍ مِّنَّا وَبَرَكٰتٍ عَلَيۡكَ وَعَلٰٓى اُمَمٍ مِّمَّنۡ مَّعَكَ‌ؕ وَاُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمۡ ثُمَّ يَمَسُّهُمۡ مِّنَّا عَذَابٌ اَلِيۡمٌ

Qiila yaa Nuuhuh bit bisalaamim minnaa wa barakaatin 'alaika wa 'alaaa umamim mimmam ma'ak; wa umamun sanumatti'uhum summa yamassuhum minaa 'azaabun aliim

Artinya: Difirmankan, "Wahai Nuh! Turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkahan dari Kami, bagimu dan bagi semua umat (mukmin) yang bersamamu. Dan ada umat-umat yang Kami beri kesenangan (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab Kami yang pedih." (QS. Hud: 48)

5. Bahtera besar yang dibangun Nabi Nuh kini masih menjadi misteri

5. Bahtera besar dibangun Nabi Nuh kini masih menjadi misteri
Youtube.com/Stories of the Prophets - Quran Stories

Menurut riwayat, kapal Nabi Nuh terdampar di Gunung Judd. Di sana Nabi Nuh dan para pengikutnya turun dari kapal dan memulai kehidupan baru. Semuanya hidup dengan tentram. 

Lokasi Gunung Judd sendiri hingga kini belum jelas keberadaannya. Sebagian pendapat mengatakan Gunung Judd ada di Armenia, adapula yang mengatakan berada di Iran dan sebagian menyebutkan ada di Turki. 

Maka dari itulah, hingga kini masih banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang hal tersebut. 

Dari kisah perjuangan Nabi Nuh beserta Mukjizat yang dimilikinya, ada beberapa pelajaran yang dapat diambil oleh Mama dan anak, antara lain:

  1. Sikap sabar 
  2. Sikap tidak mudah menyerah 
  3. Patuh menjalankan perintah Allah SWT
  4. Selalu berdoa dalam keadaan apapun

Semoga rangkuman kisah mukjizat Nabi Nuh AS ini akan menambah pengetahuan anak serta membuat anak semakin percaya akan kebesaran-kebesaran Allah SWT. Selain itu, semoga anak dapat meneladani sikap Nabi Nuh yang begitu sabar dan tak putus asa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.