Apa Itu Kecerdasan Interpersonal? Bagaimana Mengembangkan Sejak Dini?

Ada yang sudah mengenal kecerdasan interpersonal?

11 Maret 2019

Apa Itu Kecerdasan Interpersonal Bagaimana Mengembangkan Sejak Dini
Unsplash/Bailey Torres

Setiap orangtua tentu ingin anak-anaknya mampu berhubungan baik dengan orang lain termasuk teman-teman sebayanya. Apalagi sosialisasi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Anak demi masa depannya kelak. 

Untuk itu, kecerdasan interpersonal dalam memahami emosi dan perilaku orang lain perlu diterapkan oleh anak mama. Apalagi anak-anak perlu menjalin hubungan baru dengan orang lain sehingga mampu belajar empati hingga komunikasi. 

Jika Mama yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai kecerdasan interpersonal, kali ini Popmama.com akan membahasnya. Yuk Ma, disimak pembahasan kali ini!

1. Apa itu kecerdasan interpersonal?

1. Apa itu kecerdasan interpersonal
Unsplash/Terry Boynton

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan dalam memahami emosi, tujuan dan motivasi dari sebuah tindakan yang dilakukan oleh orang lain. Kecerdasan ini juga memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara baik dan efektif dengan orang lain. Anak-anak yang memiliki kecerdasan interpersonal seolah peka terhadap ekspresi wajah, suara hingga gerakan tubuh lawan bicaranya. 

Kecerdasan interpersonal juga mampu mengerti diri orang lain seperti memahami dunianya, mengerti cara pandang atau proses berpikir yang sering dilakukan. 

Sebagai orangtua, Mama perlu memahami bahwa kecerdasan interpersonal disebut juga sebagai kecerdasan sosial. Apalagi memiliki kemampuan dalam memimpin, menyelesaikan masalah, memperoleh simpati hingga mengorganisir. 

Editors' Picks

2. Manfaat anak-anak yang memiliki kecerdasan interpersonal

2. Manfaat anak-anak memiliki kecerdasan interpersonal
Unsplash/Johannes Waibel

Dilansir dari You are Mom, kecerdasan interpersonal yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dapat membantunya memiliki pola pikir lebih baik. Kecerdasan interpersonal yang bisa dimiliki dapat memungkinkannya untuk melakukan beberapa hal, seperti:

  • Berpotensi menjadi seorang pemimpin yang baik.  
  • Dapat membuat argumen yang sangat persuasif. 
  • Memiliki sikap kepedulian dan empati terhadap orang lain.
  • Senang membangun solidaritas dengan orang lain di sekitarnya. 
  • Terbiasa bekerja dalam tim dalam menyelesaikan tugas-tugas di sekolah.
  • Bisa menjadi penasihat yang bijak dan baik karena dapat memahami masalah orang lain. 
  • Mampu memahami pengalaman orang lain, sehingga dapat merasakan kebahagiaan hingga kesuksesan orang lain.
  • Mampu memecahkan konflik dengan orang lain dengan baik, bahkan anak-anak yang memiliki kecerdasan interpersonal bisa melakukan hal ini. 

Kecerdasan interpersonal bukan hanya membuat anak mama memiliki kemampuan untuk berteman saja, namun karakteristik seperti ini membuat orang lain ingin berteman dengannya. Tanpa disadari, orang yang memiliki kecerdasan interpersonal dapat mencerahkan hari siapa saja. Kehadiran pemilik kecerdasan interpersonal seolah begitu penting untuk teman dan orang-orang yang ada di sekitarnya. 

3. Cara mendorong pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak

3. Cara mendorong pengembangan kecerdasan interpersonal anak
Unsplash/Daiga Ellaby

Sebagai orangtua, Mama perlu mengetahui bahwa untuk menumbuhkan kecerdasan interpersonal pada anak-anak dapat dilakukan melalui pendekatan emosional dan pola pengasuhan yang tepat. 

Cara lain menumbuhkan kecerdasan interpersonal pada diri anak-anak bisa dilakukan dengan seringnya melakukan interaksi di rumah. Segala jenis interaksi perlu diterapkan melalui menceritakan pengalaman, seperti rasa bahagia, sedih, takut atau perasaan lainnya yang sedang dipikirkan dirinya. 

Di dalam rumah, waktu untuk bercerita antar anggota keluarga memang perlu dilakukan agar ikatan emosional bisa tercipta. Selain itu, anak-anak bisa merasa peka terhadap perasaan yang sedang dialami oleh orang lain. Secara tidak langsung anak-anak juga dapat belajar untuk bersikap asertif, percaya diri hingga jujur mengenai perasaannya sendiri. 

Keterampilan si Anak dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya juga bisa dikembangkan melalui ikut dalam sebuah ekskul teater. Melalui cerita drama dalam teater, anak mama dapat berpartisipasi di sebuah pertunjukan dan membantunya mengembangkan fleksibilitas sikap. Jika rutin dilakukan, dirinya dapat mempelajari banyak hal seperti bertemu orang-orang baru dan mengerti caranya berinteraksi secara sosial. 

Intinya interaksi atau pengalaman baru yang dihadapi anak-anak terhadap lingkungan sosialnya dapat menstimulasi kecerdasan interpersonal. 

Itulah beberapa informasi penting yang perlu diketahui mengenai kecerdasan interpersonal. Semoga bisa membantu dan dapat diterapkan untuk anak-anak di rumah ya, Ma. 

Baca juga: