Beri Tahu Anak! Pembagian Waktu Pagi, Siang, Sore, dan Malam

Hal ini terkadang suka bikin bingung saat anak ingin mengucapkan salam

20 Mei 2022

Beri Tahu Anak Pembagian Waktu Pagi, Siang, Sore, Malam
Freepik/Pch.vector

Apakah Mama seringkali merasa bingung dengan pembagian waktu dalam sehari?

Yup, tak hanya Mama namun banyak anak juga lho yang bingung dengan pembagian waktu ini!

Pembagian waktu ini sangat penting diketahui oleh anak, karena sering digunakan baik untuk menyapa secara langsung atau secara pesan teks.

Mengucapkan salam dengan menyebutkan pembagian waktu ini juga lebih sopan oleh penerima pesan, yang terutama orang yang lebih tua atau orang asing.

Jika anak mama sering bingung dengan pembagian waktu dalam sehari, jelaskan pada anak pembagian waktu pagi, siang, sore, dan malam, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini yuk!

1. Pagi hari

1. Pagi hari
Freepik/Brgfx

Pagi merupakan masa awal sebuah hari. Dalam kebudayaan Indonesia, pagi adalah masa mulai dari tengah malam hingga tengah hari. 

Jika diterapkan dalam Bahasa Inggris dengan sistem 12 jam atau sistem 24 jam, pagi dimulai dari tengah malam hingga tengah hari.

Pagi dalam penggunaan aktivitas sehari-hari adalah waktu yang berada di antara pukul 01:00 sampai pukul 11:00.

Di waktu inilah para pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan dan pegawai lainnya untuk memulai aktivitasnya dan mengucapkan "selamat pagi" pada teman, guru, dosen, rekan kerja, dll.

Editors' Picks

2. Siang hari

2. Siang hari
Freepik/Brgfx

Anak mama mungkin sangat mudah untuk memahami kapan dimulainya waktu siang. Siang adalah sebagai bagian hari yang terang, jika dibandingkan dengan matahari terbit hingga matahari terbenam.

Siang juga memiliki beberapa pengertian, dalam pengertian sempit, siang adalah waktu ketika jam berada pada posisi 12.00.

Namun, jika diartikan dalam aktivitas sehari-hari, siang adalah waktu di antara pagi dan sore/petang, yaitu kira-kira pukul 11.00 hingga 14.00.

3. Sore hari

3. Sore hari
Freepik/Brgfx

Sore atau petang adalah suatu masa dalam satu hari setelah berlangsungnya siang. Waktu sore ini menjadi penghubung antara siang dan malam, sore adalah hari sebelum matahari terbenam.

Sore seringkali menjadi waktu yang ditunggu-tunggu, karena menjadi waktu baig pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan, dan pegawai lainnya untuk menyudahi aktivitas dan pulang kerumah. 

Pukul 15:00 adalah siang menjelang sore. Namun untuk wilayah geografis yang mengalami iklim tropis, sore biasanya berada di antara pukul 15:00 sampai pukul 18:00, yaitu di mana saat matahari mulai pudar sinarnya.

Sedangkan periode sore di wilayah geografis yang mengalami empat musim, dapat menjadi lebih lama atau lebih cepat tergantung pada keadaan di wilayah sekitar.

4. Malam hari

4. Malam hari
Freepik/vectorpouch

Malam adalah waktu setelah matahari terbenam hingga matahari terbit. 

Malam juga dapat didefinisikan sebagai suatu masa atau waktu ketika sebuah tempat sedang berada pada posisi yang tidak berhadapan dengan matahari, sehingga menjadi gelap.

Malam dalam penggunaan aktivitas sehari-hari adalah waktu yang berada di antara pukul 19:00 sampai pukul 00:00.

Ketika sudah berada di jam ini, pastikan anak dapat mengirimkan pesan teks secara formal, karena ini merupakan jam istirahat atau di luar jam kerja (kecuali diizinkan sebelumnya).

Nah itulah informasi seputar pembagian waktu pagi, siang, sore, dan malam, yang bisa Mama sampaikan pada anak.

Dengan mengetahui pembagian waktu di atas, semoga anak mama tak lagi kebingungan saat ingin menyapa guru atau orang asing yang akan diajaknya berbicara ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk