TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hewan yang Punya Tentakel Selain Cumi-Cumi, Anak Perlu Tahu!

Tak hanya hewan laut, ternyata hewan darat juga ada yang punya tentakel lho!

13 Maret 2022

5 Hewan Pu Tentakel Selain Cumi-Cumi, Anak Perlu Tahu
Freepik/Wirestock

Tentakel adalah organ tubuh hewan yang umumnya berfungsi untuk memegang sesuatu atau untuk makan. Ada pula yang fungsinya sebagai organ sensorik.

Membicarakan tentakel, seringkali orang mengira gurita memiliki tentakel. Padahal, gurita tak memiliki tentakel lho, namun memiliki delapan lengan. Sedangkan salah satu hewan yang terkenal memiliki tentakel adalah cumi-cumi.

Mereka memiliki dua tentakel panjang untuk menangkap mangsa dan delapan lengan untuk mengarahkannya ke mulut. 

Selain cumi-cumi, ada beberapa hewan lain yang memiliki tentakel. Bahkan beberapa diantaranya adalah hewan darat. Kira-kira hewan apa saja ya?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 hewan yang punya tentakel selain cumi-cumi. Yuk simak!

1. Ubur-ubur

1. Ubur-ubur
Freepik/Wirestock

Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut yang memiliki tentakel. Ubur-ubur terdiri dari ribuan spesies dan setiap spesies bisa memiliki jumlah tentakel yang berbeda-beda. Dilansir dari How Stuff Works, beberapa jenis ubur-ubur memiliki empat hingga delapan tentakel, tetapi ada spesies yang tentakelnya bisa ratusan.

Salah satu spesies ubur-ubur yang punya ratusan tentakel adalah ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata). Selain banyak, tentakel ubur-ubur surai singa juga sangat panjang, yaitu hingga 36 meter lho!

Ditambah ukuran medusanya yang mencapai lebar 2,4 meter, ubur-ubur surai singa adalah spesies ubur-ubur terbesar di dunia.

Tentakel ubur-ubur dilengkapi dengan sel penyengat yang disebut nematosis. Menggunakan tentakelnya tersebut, ubur-ubur bisa menangkap mangsa maupun melindungi diri dari predator.

Beberapa jenis ubur-ubur juga memiliki sengatan yang sangat kuat hingga bisa membunuh manusia.

Editors' Picks

2. Anemon laut

2. Anemon laut
ec.europa.eu

Hewan laut selanjutnya yang memiliki tentakel adalah anemon laut. Jika dilihat sekilas, anemon laut mungkin tampak seperti tumbuhan ya? Nama anemon laut bahkan diambil dari nama sejenis tumbuhan yang bunganya berwarna-warni.

Namun anemon laut adalah hewan yang masih berkerabat dengan ubur-ubur, dan mereka juga memiliki tentakel.

Sebagian besar jenis anemon laut hidup menempel pada dasar laut atau batu karang. Seperti ubur-ubur, anemon laut adalah karnivor.

Mereka menangkap mangsa yang lewat menggunakan tentakelnya. Tentakel anemon laut juga memiliki nematosis sehingga bisa menyengat mangsa berupa ikan atau hewan laut lain.

3. Caecilian

3. Caecilian
animals.sandiegozoo.org

Caecilian adalah sejenis amfibi yang penampilannya mirip cacing karena mereka tak memiliki kaki. Caecilian terdiri dari ratusan spesies yang tersebar di hampir seluruh dunia.

Spesies caecilian terbesar bisa mencapai panjang 2,4 meter. Namun, keberadaan hewan ini memang relatif jarang diketahui karena mereka hidup di dalam tanah.

Caecilian memiliki sepasang tentakel kecil yang terletak di antara mata dan lubang hidungnya. Tentakelnya itu digunakan sebagai organ sensorik. 

Caecilian memiliki mata yang kecil dan beberapa spesies bahkan tak memiliki mata. Karena itu, tentakel mereka sangat penting untuk mendeteksi keadaan sekitarnya serta mencari makanan.

4. Tikus mondok hidung bintang

4. Tikus mondok hidung bintang
sciencefocus.com

Hewan darat selanjutnya yang memiliki tentakel adalah tikus mondok hidung bintang (Condylura cristata). Mereka adalah sejenis tikus mondok yang penampilannya sangat unik. Seperti yang terlihat di atas , tikus ini memiliki moncong yang bentuknya seperti bintang.

Hal ini karena moncong tikus mondok memiliki tentakel supersensitif yang digunakan untuk mendeteksi keadaan sekelilingnya.

Karena hidup di dalam kegelapan bawah tanah, tikus mondok hidung bintang punya indra penglihatan yang buruk. Karena itulah, mereka bergantung pada tentakelnya yang berperan sebagai "mata".

Dilansir dari Britannica, tentakel tikus ini berjumlah 22 buah dan terus bergerak untuk meraba berbagai objek di sekitarnya.

Sebagai karnivor, tikus mondok hidung bintang juga menggunakan tentakelnya untuk berburu mangsa. Sayangnya untuk melihat langsung tikus unik ini, anak hanya bisa menemukannya di Amerika Utara.

5. Bekicot

5. Bekicot
corrys.com

Hewan terakhir yang masuk dalam daftar hewan bertentakel adalah bekicot. Seringkali tak disadari, bekicot sebenarnya memiliki dua pasang tentakel yang terletak di bagian atas dan bawah kepalanya.

Dua tentakel di bagian atas juga merupakan tempat mata bekicot, yang terletak di ujungnya. Selain itu, tentakel di bagian atas juga berfungsi untuk mencium aroma. Dilansir dari laman All About Slugs, kedua tentakel tersebut bisa tumbuh kembali jika hilang.

Sementara, dua tentakel di bagian bawah kepala bekicot berfungsi untuk merasakan serta mengecap makanan.

Menariknya, siput air yang masih berkerabat dengan bekicot juga memiliki sepasang tentakel. Namun, tentakel bekicot bisa ditarik memendek, sementara tentakel siput air tidak bisa.

Nah itulah daftar hewan yang punya tentakel selain cumi-cumi. Ternyata bukan hanya hewan laut saja ya yang punya tentakel! Fungsi tentakel mereka pun tak jauh berbeda, yaitu untuk mendeteksi keadaan sekeliling hewan-hewan tersebut.

Setelah mengetahui informasi ini, pastikan anak mama tidak menjawab gurita lagi ketika ditanya seputar hewan dengan tentakel ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk