7 Kebiasaan yang Bisa Memperkuat Hubungan Orangtua dan Anak

Ikatan yang kuat dengan anak akan memengaruhi pengasuhan semakin positif lho!

7 Oktober 2021

7 Kebiasaan Bisa Memperkuat Hubungan Orangtua Anak
Freepik/tirachardz

Menjadi orangtua adalah hal yang membahagiakan, namun tak dapat dipungkiri terkadang melelahkan. Setiap orangtua tentu telah melakukan berbagai cara untuk membesarkan anak-anaknya dengan baik.

Tetapi pada akhirnya, semuanya mengarah pada jenis hubungan yang dimiliki orangtua dengan anak. Semakin baik hubungannya, maka semakin baik pula cara pengasuhannya, dan tentunya semakin positif juga kepribadian anak.

Seperti hubungan apa pun, ikatan antara orangtua dan anak dapat dibuat lebih kuat dengan beberapa kebiasaan yang dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari.

Lantas, kebiasaan apa saja yang dapat memperkuat ikatan orangtua-anak?

Simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya!

1. Sarapan atau makan malam bersama

1. Sarapan atau makan malam bersama
Freepik

Dilansir dari Very Well Family, sebuah badan penelitian telah menunjukkan hubungan antara makan teratur dengan anak-anak, dan kemungkinan peningkatan manfaat perkembangan positif bagi mereka.

Seperti kesehatan dan kebiasaan makan yang lebih baik, keterampilan mental, emosional, sosial yang kuat, perilaku yang lebih baik, serta prestasi akademik yang lebih baik.

Bahkan jika Mama mungkin tak dapat menemukan waktu untuk makan malam bersama setiap malam, jadwalkan makan keluarga kapan pun seluruh anggota keluarga bisa, sebanyak mungkin.

Jika malam hari orangtua dipadati dengan jam lembur di kantor atau kegiatan ekstrakurikuler anak di sekolah, Mama masih bisa mencari solusi, yaitu sarapan bersama.

Kuncinya adalah membuat makan keluarga menjadi menyenangkan, membicarakan seputar hari itu, dan tetap terhubung dengan anak-anak.

2. Menanyakan dan menceritakan bagaimana aktivitas di hari itu

2. Menanyakan menceritakan bagaimana aktivitas hari itu
Pexels/Ketut Subiyanto

Kebiasaan yang bisa meningkatkan kedekatan orangtua dan anak selanjutnya adalah dengan bertanya dan bercerita tentang aktivitas anak. Seperti waktu sarapan atau makan malam, ini bisa menjadi momen penting untuk membangun kedekatan orangtua dan anak.

Selain itu adalah waktu menjelang tidur yang juga merupakan kesempatan bagus untuk mengobrol dengan anak-anak tentang bagaimana kesehariannya.

Mama juga dapat mengajukan pertanyaan yang akan mendorong anak untuk menjawab secara mendetail, seperti "Apa bagian terbaik dari hari ini?" atau "Apa hal terlucu yang terjadi hari ini?"

Kemudian pastikan juga untuk berbicara tentang hari yang Mama lalui, dan bagikan detail seperti apa yang paling dibanggakan atau masalah apa yang mungkin Mama miliki dan bagaimana rencana untuk menyelesaikannya.

Dengan berbagi sesuatu tentang diri sendiri, Mama menunjukkan kepada anak bahwa Mama menghargainya sebagai pribadi dan merasa dekat untuk menceritakannya. Ini juga cara memperkuat ikatan dan menunjukkan kepada anak bahwa aktivitas anak sehari-hari penting untuk Mama.

Editors' Picks

3. Bermain dan bersenang-senang bersama

3. Bermain bersenang-senang bersama
Freepik/Frimufilms

Salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan anak adalah dengan bersenang-senang bersama. Pergi ke luar dan naik sepeda bersama atau bermain bola.

Jika cuaca sedang tidak mendukung, Mama dapat mengambil permainan papan keluarga yang menyenangkan, mendidik, dan menantang kognitif anak. Selain itu, permainan juga mengajarkan anak keterampilan sosial yang hebat dan sopan santun. 

Misalnya bagaimana menjadi seorang pemenang atau menerima kekalahan dengan sportif, sambil bersenang-senang.

Selain permainan, Mama dan anak juga dapat membuat kerajinan tangan yang menyenangkan, memasak makanan favorit, membuat kue bersama, atau bahkan menonton dan kemudian meninjau filmnya. Penting untuk melakukan sesuatu yang Mama dan anak nikmati dan terhubung saat melakukannya.

4. Saling memperlakukan dengan hormat dan sopan

4. Saling memperlakukan hormat sopan
Freepik/Pch.vector

Yup, mungkin Mama sudah memahami bahwa anak-anak terkadang bisa menjengkelkan, dan tentu saja bisa membuat kesalahan. 

Tetapi orangtua harus ingat bahwa memperlakukan anak dengan hormat sama pentingnya dengan mendisiplinkan anak. Bahkan jika anak telah melakukan sesuatu yang mengharuskan untuk didisiplinkan, Mama dapat berbicara dengannya dengan tenang dan penuh kasih.

Berteriak atau menggunakan hukuman fisik terbukti tidak hanya kurang efektif, tetapi juga dapat merusak kualitas hubungan dengan anak.

Berikan contoh pada anak bahwa tata krama yang baik seharusnya tidak hanya digunakan di luar rumah. Sehingga penting untuk mengingatkan anak untuk mengatakan "tolong" dan "terima kasih" dan pastikan orangtua melakukan hal yang sama

Memperlakukan satu sama lain dengan hormat dan sopan tidak hanya akan membuat orangtua-anak lebih dekat tetapi juga akan membuat rumah menjadi tempat tinggal yang hangat dan lebih menyenangkan.

5. Biarkan anak membantu tugas rumah

5. Biarkan anak membantu tugas rumah
Freepik/Pressfoto

Kebiasaan yang bisa memperkuan hubungan orangtua dan anak bisa melalui kegiatan sehari-hari. Anak-anak secara alami senang membantu, dan ketika Mama memberinya tugas dan tanggung jawab, maka ini meningkatkan kepercayaan dirinya dan membuat anak merasa perannya sebagai anak di rumah dihargai.

Beri tahu anak betapa hebatnya pekerjaan yang ia lakukan, dan betapa Mama menghargai bantuannya. Ini tak hanya akan membuat Mama lebih dekat, lho!

Tetapi juga membantu anak tumbuh menjadi orang yang percaya diri dan baik hati, yang suka membantu orang lain.

6. Bermanja-manja dan berpelukan dengan anak

6. Bermanja-manja berpelukan anak
Pexels/Ketut Subiyanto

Bermanja-maja dan berpelukan bukan hanya cara yang bagus untuk terhubung dengan anak dan memperkuat ikatan orangtua-anak, tetapi sebuah penelitian yang dilansir dari Scientific American menunjukkan bahwa itu bahkan dapat mengurangi kemungkinan Mama dan anak sakit.

Jadi, beri tahu anak betapa Mama mencintainya dengan banyak pelukan sepanjang hari, dan ia akan tumbuh dengan selalu memeluk Mama kembali!

7. Tunjukkan pada anak bahwa Mama selalu menyayanginya

7. Tunjukkan anak bahwa Mama selalu menyayanginya
Pexels/ivan samkov

Terkait dengan poin di atas, selain berpelukan, Mama juga bisa melakukan hal-hal kecil setiap hari untuk menunjukkan kepada anak betapa Mama mencintainya, seperti menulis catatan dan memasukkannya ke dalam kotak makan siangnya.

Atau jika anak tidak menyukai hal-hal yang terlalu manis, Mama dapat merencanakan hal-hal menyenangkan untuk dilakukan di akhir pekan, atau memberikan perhatian penuh saat anak berbicara, ini dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas hubungan Mama dengan anak.

Tunjukkan pada anak setiap hari betapa berartinya ia bagi Mama. Dan sebagai orangtua, Mama akan melakukan sesuatu untuk memperkuat ikatan antara dengan anak, dan membuatnya tak akan tergoyahkan oleh apapun.

Nah itulah beberapa kebiasaan untuk meningkatkan kedekatan orangtua dan anak. Selain memperkuat ikatan, kebiasaan di atas juga membawa banyak manfaat lainnya ya, Ma!

Bagaimana cara Mama untuk memperkuat ikatan dengan anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.