5 Kelas Online yang Dapat Diikuti Oleh Anak Selama di Rumah

Walaupun di rumah, mengisi waktu dengan hal yang mengedukasi

22 Juli 2020

5 Kelas Online Dapat Diikuti Oleh Anak Selama Rumah
Freepik/bristekjegor

Selama masa pandemi ini, banyak orangtua yang lebih memilih kegiatan anak yang dibatasi dan dilakukan dari rumah. Pastinya, anak-anak yang terlalu lama berada di rumah bisa bosan dengan rutinitas yang tak berubah.

Selain mengikuti pembelajaran jarak jauh, ternyata anak dapat mengikuti kelas-kelas lainnya yang juga tak kalah mengedukasi dan menyenangkan. Mengasah bakat anak namun tetap menjaga kesehatan!

Kelas-kelas online ini juga Mama dapat temukan di media sosial, penasaran ada kelas apa saja?

Yuk berikut ini Popmama.com telah menyiapkan rekomendasi 5 kelas online yang dapat diikuti anak selama di rumah saja!

1. Belajar Bahasa Inggris dengan pembicara asli - @novakid_global

1. Belajar Bahasa Inggris pembicara asli - @novakid_global
freepik/lifeforstock

Belajar Bahasa Inggris penting untuk diikuti oleh anak, sebagai bahasa universal Bahasa Inggris sering digunakan pada benda-benda keseharian, lagu, film animasi dan sebagainya, sehingga penting sekali untuk belajar Bahasa Inggris agar anak mengerti dan tidak dibodohi orang lain.

Agar tidak kesulitan, tentunya anak perlu mempelajarinya, yang lebih baik jika diajarkan oleh pembicara asli atau Native Speaker yang lebih terpercaya.

Salah satu kelas online yang mengajarkan Bahasa Inggris dengan pembicara asli dan dapat diikuti oleh anak berusia 4-12 tahun adalah @novakid_global.

Di sini, anak akan diajarkan Bahasa Inggris dengan metode Total Physical Response yaitu dengan menjelaskan kata atau kalimat menggunakan gerakan, gambar, benda, serta bermain menggunakan gestur dan mimik wajah.

Editors' Picks

2. Belajar Bahasa Jepang - @belajarbahasajepangyuks

2. Belajar Bahasa Jepang - @belajarbahasajepangyuks
Freepik

Nah sebelumnya belajar Bahasa Inggris, kali ini anak juga bisa belajar Bahasa Jepang di @belajarbahasajepang. Selain menyediakan kelas online, di sini anak juga bisa belajar penyebutan kosakata, negara, serangga, dan masih banyak lagi dalam Bahasa Jepang.

Jadi sebelum mendaftarkan, Mama bisa mengasah keinginan anak terlebih dahulu dengan penyebutan kata-kata dari Bahasa Jepang. Cara pembelajarannya pun juga dilakukan via online, bisa ikut yang private atau yang regular.

Tentunya anak akan dibimbing agar jago berbahasa Jepang dengan proses belajar yang tekun dan semangat dengan metode yang serius tapi tetap santai.

3. Belajar Coding untuk anak - @kodekiddo

3. Belajar Coding anak - @kodekiddo
Freepik/User20166574

Siapa bilang belajar teknologi khususnya coding hanya untuk orang dewasa? Tentunya anak bisa belajar tentang coding sejak dini lho. Apalagi jika anak-anak memiliki hobi bermain komputer, pasti sudah tak asing dengan sebutan “coding”.

Salah satu kelas online yang mengajarkan coding di Indonesia untuk anak usia SD hingga SMA adalah @kodekiddo, selain tentang coding anak juga bisa belajar tentang ilmu computer. Bahkan juga ada kelas gratis untuk menarik minat anak di bidang ini.

Selain itu, juga ada seminar online untuk Mama yang membahas tentang pentingnya teknologi bagi anak-anak dengan narasumber yang pakar dibidangnya.

5. Belajar Melukis dan Pottery - @ganaraartspace

5. Belajar Melukis Pottery - @ganaraartspace
Freepik/master1305

Bermain dengan warna warni untuk melukis atau membuat barang-barang dari tanah liat merupakan kegiatan yang mudah disukai oleh anak.

Nah untuk anak yang suka melukis dan pottery atau baru ingin belajar keduanya, Mama bisa coba mengajak anak untuk ikut kelas online di @ganaraartspace. Selain untuk anak, Mama juga bisa ikut kelasnya lho!

Di sini anak akan belajar melukis dan pottery dari kelas basic bagi yang baru ingin mencobanya. Salah satu kelasnya adalah Watercolor Painting, yaitu melukis dengan menggunakan cat air.

 Dengan harganya yang juga terjangkau, pasti Mama juga tertarik nih agar anak ikut salah satu kelasnya!

5. Program Pra-Sekolah via Online - @KinderKidsonline

5. Program Pra-Sekolah via Online - @KinderKidsonline
Pexels/Pixabay

Pendidikan sejak dini memang patut diterapkan oleh orangtua daripada hanya membiarkan anak untuk menonton video online yang kurang memilki nilai-nilai pendidikan karakter yang penting untuk masa tumbuh kembang anak.

Sehingga memasukkan anak pada program Pra-sekolah via online merupakan hal yang tepat disaat penyebaran wabah ini.  Salah satu pra-sekolah yang menyediakannya adalah @kinderkidsonline.

Di sana terdapat guru-guru yang berpengalaman dengan program yang telah terjamin, sehingga Mama tak perlu khawatir dengan kegiatan pra-sekolah meski dilakukan via online.

Nah tadi diatas adalah rekomendasi 5 kelas online yang dapat diikuti oleh anak selama di rumah saja untuk mengisi waktu selama masa pandemik ini. Tetap di rumah saja dan anak juga bisa tetap melakukan hal-hal yang disukai yang juga mengedukasi, bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.