TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mirip Monster! 7 Hewan dengan Bentuk Mulut yang Paling Menyeramkan

Bentuk mulut ini digunakan hewan-hewan untuk mengolah makanan hingga untuk bertahan hidup

2 Juni 2022

Mirip Monster 7 Hewan Bentuk Mulut Paling Menyeramkan
theguardian.com

Seperti yang Mama ketahui, ada beberapa hewan yang memiliki bentuk mulut yang menakutkan untuk dilihat, bahkan disebut-sebut seperti mulut 'monster' yang ada di film-film. 

Sehingga bukan hal yang mengherankan bila mimpi dimakan hidup-hidup oleh hewan, adalah ketakutan yang umum, baik bagi anak-anak atau orang dewasa sekalipun.

Meski menjadi pemandangan yang mengerikan, bentuk mulut ini digunakan hewan-hewan untuk mengolah makanan hingga untuk bertahan hidup.

Jika anak mama penasaran dan ingin tahu bentuk mulut hewan yang tampak seperti monster, berikut Popmama.com telah merangkum 7 hewan dengan bentuk mulut yang paling menyeramkanLihat sampai habis ya!

1. Lamprey

1. Lamprey
news.emory.edu

Lamprey dikenal sebagai 'vampir laut' yang dikenal tidak memiliki rahang. Meski tak punya rahang, mulutnya yang berduri dan seperti cangkir hisap membuatnya tampak lebih menakutkan.

Ikan parasit ini menggunakan mulutnya seperti corong, mengincar tubuh hewan dan menggunakan giginya untuk memotong jaringan permukaan, lalu menghisap darah dan cairan tubuh.

Mereka menggunakan kedua giginya yang bengkok dan daya hisap yang kuat untuk bertahan, dan hampir tidak ada yang bisa melepaskannya.

Wah mengerikan sekali ya!

2. Penyu Belimbing

2. Penyu Belimbing
9gag.com

Jika dilihat sekilas, penyu belimbing atau yang juga dikenal dengan Leatherback Sea Turtle, tampak memiliki kerongkongan yang tampak penuh dengan gigi, bukan?

Namun faktanya, mereka adalah papila. Ini adalah tulang rawan yang menghadap ke belakang yang terbuat dari keratin, dan melapisi seluruh kerongkongan kura-kura.

Penyu belimbing menggunakan tenggorokannya yang berduri untuk memakan dan menahan mangsa utama mereka, ubur-ubur.

Papila ini menjebak ubur-ubur, mencegahnya keluar saat kura-kura membuka mulutnya, sekaligus memungkinkannya mengeluarkan kelebihan air sebelum menelan.

Editors' Picks

3. Ikan pacu

3. Ikan pacu
amusingplanet.com

Jika ikan piranha memiliki gigi yang tajam seperti pisau cukur, ikan pacu yang merupakan kerabatnya, memiliki gigi yang lebih persegi dan lurus. Menariknya, ini sangat mirip dengan gigi manusia!

Seperti manusia, ikan pacu juga omnivora, meskipun sebagian besar makanan mereka adalah herbivora. Mereka memakan terutama buah-buahan dan kacang-kacangan yang jatuh ke air, menggunakan gigi mereka untuk memecahkan cangkang bila perlu.

Untuk melakukan ini, mereka menggunakan rahangnya yang sangat kuat.

Ikan pacu umumnya tidak agresif dan biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan sebelum mereka tumbuh terlalu besar.

4. Kuda nil

4. Kuda nil
Freepik/kuritafsheen77

Mulut kuda nil menakutkan bukan karena penampilannya, tetapi karena kemampuannya. Hewan-hewan ini dikenal karena menguap lebar di mana rahang mereka dapat terbuka hampir 180 derajat penuh.

Bukan karena mengantuk, kuda nil menguap terutama untuk mengintimidasi. Ini masuk akal karena mengingat sifat kuda nil yang menjaga wilayah teritorial dengan sangat baik.

Sementara rahang kuda nil bisa terbuka lebar, ini juga bisa menutup dengan banyak tenaga. Kekuatan gigitan kuda nil berukuran sekitar 1.800 pound-force per inci persegi, yang menempatkan mereka di antara gigitan terkuat di dunia hewan.

Terlepas dari semua ini, bagaimanapun, kuda nil adalah herbivora. Sehingga manusia sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir tentang gigitan kuda nil. Namun mereka masih bisa sangat agresif terhadap manusia, bahkan dapat membunuh rata-rata 500 orang per tahun di Afrika.

Pastikan anak dapat jaga jarak aman jika melihat kuda nil di kebun binatang ya!

5. Hiu goblin

5. Hiu goblin
sportdiver.com

Sekilas, hiu goblin tampak seperti monster. Giginya yang seperti paku dan moncongnya yang panjang, mengingatkan pada bilah pedang yang lebar. Namun, mulut hiu goblin lah yang memicu ketakutan nyata.

Rahangnya menonjol tinggi, tampak seperti 'copot' saat menonjol keluar. Kemampuan ini digunakan hiu goblin saat makan. Mereka akan menjulurkan rahangnya hingga ujung moncongnya yang panjang dapat menangkap ikan dengan cepat.

Rahang yang menonjol ini memungkinkan mereka untuk menyergap mangsa, ketika mereka sendiri adalah perenang yang lamban dan lamban.

6. Ikan hag

6. Ikan hag
inhabitat.com

Hagfish adalah ikan berbentuk belut dengan tengkorak tulang rawan tetapi tidak ada tulang belakang. Meskipun dikenal karena produksi lendirnya yang berlebihan sebagai mekanisme pertahanan, bentuk mulutnya tidak boleh diabaikan.

Di sekitar mulut ada empat tentakel penginderaan. Meskipun ikan hag tidak memiliki rahang, ia memiliki dua pasang gigi berbentuk sisir yang digunakan untuk memakan bangkai ikan mati.

Ikan hag merobek potongan daging atau menggali langsung ke mangsanya untuk mengakses jeroan atau bagian dalam mangsanya, dan kemudian memakannya dari dalam ke luar.

Hagfish ini dapat ditemukan di seluruh lautan dunia, terutama mereka hidup di liang di dasar laut dalam.

7. Ikan vampir

7. Ikan vampir
oceanservice.noaa.gov

Meskipun lebih dikenal sebagai ikan payara, ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan vampir karena gigi pada mulutnya. 

Taring yang menonjol dari bibir bawahnya sangat panjang (hingga 15 cm) sehingga ikan ini membutuhkan kantong khusus di tengkoraknya untuk melindungi diri dan mencegahnya menusuk dirinya sendiri.

Mereka menggunakan gigi mengerikan ini tentunya untuk menusuk ikan sebelum memakannya. Namun, mereka biasanya tidak mengejar apa pun yang terlalu besar untuk ditelan.

Ikan vampir hidup di Cekungan Amazon Amerika Selatan, dan merupakan spesies populer di akuarium besar dan agresif.

Nah itulah 7 hewan dengan bentuk mulut yang paling menyeramkan, dan seperti monster. Meski anak menganggap bentuk mulut hewan-hewan ini sangat mengerikan, perlu diingat bahwa mulut hewan-hewan ini membantu mereka untuk makan dan bertahan hidup.

Menurut anak mama, hewan apa yang memiliki bentuk mulut paling menyeramkan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk