Super Positif, 8 Quote Film Disney untuk Membangun Motivasi Anak

Kutipan yang bisa menjadi pegangan anak agar pantang menyerah

10 Juni 2021

Super Positif, 8 Quote Film Disney Membangun Motivasi Anak
Brightside.me

Dari Cinderella hingga Toy Story, film keluarga dari Disney menghadirkan kebahagiaan dan keajaiban bagi jutaan anak-anak dan keluarga di seluruh dunia.

Film Disney banyak menceritakan tentang isu-isu umum dan mengajarkan pelajaran hidup pada penontonnya. Tak hanya itu, beberapa film karya Walt Disney juga dapat menginspirasi anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya melalui afirmasi positif.

Beberapa tokohnya bahkan dapat membantu anak untuk menyadari potensinya dan menjadi pribadi yang pantang menyerah. Film Disney apa saja yang bisa meningkatkan rasa percaya diri anak?

Simak ulasannya yang telah Popmama.com siapkan quote film Disney di bawah ini!

1. Brave (2012)

1. Brave (2012)
Rotoscopers.com

"Kamu mengendalikan takdirmu, kamu tidak perlu sihir untuk melakukannya." - Merida (Brave)

Dalam film Brave, Putri Merida berjuang dengan nasibnya sebagai seorang putri, ia melakukan meminta sebuah mantra pada seorang penyihir tua untuk mengubah nasibnya. Namun mantra itu justru mengubah kehidupan Merida dengan cara yang salah, dan membawanya pada kekacauan yang harus ia selesaikan.

Kutipan dari Putri Merida ini mengingatkan anak bahwa ia tidak perlu menunggu keadaan atau seseorang yang membantu meringankan untuk mengambil kendali atas hidupnya. Yang anak butuhkan, hanyalah keyakinan pada kemampuan dan ketekunan untuk mewujudkan tujuannya.

2. Mulan (1998)

2. Mulan (1998)
Diply.com

"Bunga yang mekar dalam kesulitan adalah yang paling langka dan indah dari semuanya." - Kaisar (Mulan)

Sepanjang film, Mulan berurusan dengan masalah identitas dan kehormatannya. Mulan ingin melanjutkan kehormatan sang Papa dengan menjadi seorang tentara, tetapi kenyataannya bahwa ia adalah seorang perempuan, sehingga banyak yang mencegahnya untuk melakukannya.

Setelah menyamar sebagai seorang laki-laki untuk "meniru seorang prajurit", Mulan menyelamatkan seluruh kota dari penyihir, Mulan mendengar kutipan dari Kaisar ini sebagai ucapan terima kasih.

Sama seperti Mulan, dalam perjalanan hidupnya, anak mungkin mengalami kesulitan. Tapi, jika anak bertahan, ia bisa menjadi individu yang lebih kuat dan lebih pintar seiring berjalannya waktu.

3. Hercules (1997)

3. Hercules (1997)
Everythingaction.com

"Pahlawan sejati tidak diukur dari besarnya kekuatannya, tetapi dari kekuatan hatinya." - Zeus (Hercules)

Film Disney “Hercules” dimulai sebagai kisah tentang kekuatan, tetapi berakhir sebagai kisah tentang karakter.

Tokoh Hercules menyelamatkan banyak orang sepanjang film dan menunjukkan kekuatannya dalam banyak hal, namun dewa Zeus tidak langsung memberikan Hercules gelar resmi sebagai pahlawan sejati.

Sebelum menjelang akhir, Hercules bersedia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Meg, pasangannya, yang di mana membuatnya menjadi pahlawan sejati yang selalu diketahui Zeus.

Dari film ini, mengingatkan bahwa setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, namun apa yang membedakannya adalah hati yang baik. Ingatkan anak untuk selalu memilih kebaikan, karena kebaikan akan dikenang oleh banyak orang.

Editors' Picks

4. Winnie the Pooh: Sing a Song with Pooh Bear (1999)

4. Winnie the Pooh Sing a Song with Pooh Bear (1999)
Britannica.com

"Sesuatu yang membuat saya berbeda adalah hal-hal yang membuat saya menjadi “saya”." - Piglet, (Winnie the the Pooh: Sing a Song with Pooh Bear)

Dalam film Winnie the Pooh ini, setiap karakter mengubah Hundred Acre Woods menjadi panggung musikal. Ini menjadi perayaan keragaman yang membantu Pooh menyadari perbedaan yang menjadikannya beruang yang unik.

Seperti yang pernah dikatakan Theodore Roosevelt, “perbandingan adalah pencuri kebahagiaan.” Ketika Mama mendapati anak membandingkan dirinya dengan orang lain, masukkan afirmasi ini ke dalam rutinitas harian anak.

Ingatkan anak bahwa tidak ada seorang pun di Bumi yang seperti dirinya, dan orang-orang menghargai anak apa adanya.

5. Dumbo (1941)

5. Dumbo (1941)
Imdb.com

"Jangan terbang begitu saja, melambunglah." - Dumbo (Dumbo)

Dalam film Disney ini, Dumbo terus-menerus dibully karena telinganya yang besar. Ia mencoba berkali-kali untuk menemukan sesuatu yang dia kuasai di sirkus, tetapi ia merasa tidak mampu. Pada akhirnya, Dumbo menemukan bahwa kunci kesuksesannya adalah hal yang paling ia tidak disukai dari dirinya sendiri, yaitu telinganya.

Film ini menyampaikan bahwa kritikus terbesar adalah diri sendiri. Akibatnya, keraguan yang anak rasakan menjadi penghalang kemajuannya dalam hidup.

Ketika anak dihadapkan pada rasa tidak aman yang tampaknya tidak dapat dikendalikan, cobalah untuk melihatnya dari sisi yang berbeda. Misalnya, lihatlah sisi positifnya dan anak mungkin akan terkejut dengan apa yang ia temukan.

6. Coco (2017)

6. Coco (2017)
Redcarpetnewstv.com

"Seluruh dunia mungkin mengikuti aturan, tetapi saya harus mengikuti kata hati saya." - Ernesto (Coco)

Film Coco menceritakan seorang bocah lelaki berusia 12 tahun, Miguel, dan perjalanannya untuk memahami budaya keluarganya yang tidak suka musik. Namun, Miguel mengidolakan Ernesto de la Cruz, seorang musisi terkenal yang telah meninggal.

Ini menjadi langkah pertamanya untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarahnya. Kecintaannya pada musik dan menemukan kebenaran sangat membantunya selama perjalanannya, dan akhirnya membawa Miguel ke jawaban yang selalu ia inginkan.

Suatu saat mungkin akan tiba di mana anak “berpaling” dari aturan. Namun ini bukan berarti anak boleh melanggar hukum ya Ma! Ini bisa berupa tradisi atau ekspektasi yang mungkin Mama harapkan untuk anak jalani.

Jika anak merasa situasinya tidak sesuai dengan impiannya, maka ini mungkin bukan kesempatan yang tepat untuknya. Ketika akan membuat keputusan penting, minta anak untuk jujur pada diri sendiri dan tanyakan: “Apakah ini membuatmu bahagia?”

7. Finding Nemo (2003)

7. Finding Nemo (2003)
twosmallfish.vc

"Terus berenang." - Dory (Finding Nemo)

Ada banyak kali permasalahan saat Marlin dan Dory berjuang untuk menemukan putra Marlin, Nemo. Kalimat Dory "just keep swimming" menggambarkan ketekunan dan pola pikir positif yang menyelaraskan Marlin dan Dory untuk menemukan Nemo.

Ketekunan adalah faktor kunci dalam mencapai tujuan. Seperti yang dikatakan Dory kepada Marlin, jika anak terus bergerak maju melewati kesulitan dan kesulitan, maka ia akan segera mencapai tujuannya.

8. Pinocchio (1940)

8. Pinocchio (1940)
Thenerddaily.com

"Selalu biarkan hati nuranimu menjadi pemandumu." - Jiminy Cricket (Pinocchio)

Saat Pinokio berusaha membuktikan dirinya layak menjadi anak laki-laki sejati, Jiminy Cricket, yang digambarkan sebagai suara hati nuraninya Pinocchio, memberi tahunya tentang penting untuk mendengarkan suara hati.

Bimbingan dari Jiminy yang membantu Pinocchio membuktikan dirinya kepada Peri Biru, dan pada akhirnya ia berubah menjadi anak laki-laki sejati.

Film ini mengajarkan anak jika menghadapi keputusan yang sulit, biarkan hati nuraninya yang memimpin. Ini mungkin tidak mengarah pada keputusan yang paling menyenangkan atau mengasyikkan.

Tetapi, membiarkan hati nurani bekerja dapat mengarahkan anak pada keputusan yang memberikan dampak paling positif.

Nah itulah beberapa kutipan dari film Disney yang membantu memberikan afirmasi positif pada anak yang menontonnya. Afirmasi positif dapat membantu anak melawan pemikiran negatif. Jadikan kalimat positif ini menginspirasi anak untuk menjadi versi terbaik yang ia bisa.

Apa quote film Disney favorit anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.