Rekomendasi Bentuk Frame Kacamata Anak Sesuai Bentuk Wajah

Agar tidak salah saat membeli kacamata untuk anak

18 November 2020

Rekomendasi Bentuk Frame Kacamata Anak Sesuai Bentuk Wajah
Freepik/Prostooleh

Mengapa beberapa kacamata terlihat menarik saat dipajang di optik, namun saat anak mencobanya jadi tidak terlihat cocok? Hal ini bisa disebabkan dari bingkai kacamata yang tidak sesuai dengan bentuk wajah anak, Ma.

Untuk menentukan bentuk wajah dan gaya kacamata yang paling cocok untuk anak, Mama bisa menyingkirkan rambut dari wajah anak dan menatapnya langsung ke cermin.

Perhatikan dengan baik bentuk, kontur wajah, dan kepala anak secara keseluruhan.

Berikut ini Popmama.com akan menjelaskan rekomendasi jenis bingkai kacamata yang paling cocok untuk bentuk wajah anak. Yuk simak artikel berikut ini agar tidak salah beli kacamata untuk anak!

1. Bentuk wajah oval

1. Bentuk wajah oval
Specsavers.co.uk

Jika Mama memiliki anak dengan bentuk wajah oval, maka anak memiliki proporsi wajah yang seimbang. Untuk menjaga keseimbangan alami dari bentuk wajah oval, maka carilah bingkai kacamata yang lebih lebar.

Namun hindari membeli kacamata yang terlalu besar dan menutupi lebih dari setengah wajah anak, karena dapat menghilangkan keseimbangan alami dan simetri wajah oval.

Bingkai berbentuk kenari yang tidak terlalu sempit adalah salah satu pilihan yang sangat baik.

2. Bentuk wajah hati

2. Bentuk wajah hati
Wohu.net

Wajah berbentuk hati, memiliki bagian atas yang lebih lebar dan bagian bawah yang lebih kecil. Untuk mengurangi lebar yang tampak pada bagian atas wajah, Mama dapat memilih kacamata dengan bingkai yang lebih lebar di bagian bawah.

Kacamata dengan bingkai bundar atau persegi dengan tepi melengkung kan membantu penampilan anak menjadi lebih ideal. Bingkai berwarna terang atau bingkai tipis yang memiliki tampilan ringan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Editors' Picks

3. Bentuk wajah persegi

3. Bentuk wajah persegi
Optikseis.com

Bentuk wajah persegi memiliki rahang yang tajam dan dahi yang lebar, serta lebar dan panjang wajah memiliki proporsi yang kuran lebih sama.

Untuk membuat wajah persegi lebih panjang dan memperhalus sudutnya, Mama dapat pilih kacamata dengan bingkai tipis berbentuk oval.

Kacamata oval dan bulat akan menyeimbangkan dan menambah tampilan lebih halus pada sudut wajah anak yang berbentuk persegi.

Hindari bingkai kacamata yang bersudut dan kotak, karena akan mempertajam dan menarik fitur wajah menjadi tampak besar.

4. Bentuk wajah diamond

4. Bentuk wajah diamond
Au.eyebuydirect.com

Wajah yang berbentuk diamond atau berlian memiliki fitur menyempit di dahi dan garis rahang, namun memiliki tulang pipi yang lebih tinggi. Wajah berbentuk berlian merupakan bentuk wajah yang paling langka.

Untuk menonjolkan bagian mata dan menghaluskan tulang pipi, coba bingkai yang memiliki garis alis yang detail atau khas.

Kacamata dengan bentuk oval atau cat eye bisa menjadi pilihan baik bagi anak yang memiliki wajah berbentuk berlian.

Hindari memberikan bingkai kotak dan kecil yang bisa membuat bentuk pipi anak menjadi lebih lebar.

5. Bentuk wajah bulat

5. Bentuk wajah bulat
Kcmtku.id

Bentuk wajah bulat memiliki garis lengkung lebar dan panjang dalam proporsi yang sama serta tidak bersudut. Untuk membuat wajah bulat anak tampak lebih panjang, cobalah bingkai kacamata yang berbentuk persegi panjang dan lebih lebar daripada wajah anak.

Kacamata ini dapat membuat anak menjadi lebih menarik, lebih ramping, lebih panjang, serta menambah keseimbangan fitur pada wajah anak.

Agar wajah anak tidak terlihat semakin bulat, hindari bingkai bulat, bingkai kecil, serta bingkai tipis karena justru akan menonjolkan kebulatan.

6. Bentuk wajah segitiga

6. Bentuk wajah segitiga
Goggles4u.com

Jika anak memiliki bentuk wajah segitia, ia memiliki dahi yang lebih sempit dan lebih lebar pada bagian pipi serta dagunya. Untuk menambah lebar dan menekankan bagian wajah atas yang sempit, cobalah bingkai yang beraksen dengan warna dan detail pada bagian atas bingkai.

Bingkai dengan bentuk cat-eye juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak yang memiliki bentuk wajah segitiga.

Selain bentuk bingkai kacamata, warna bingkai kacamata juga perlu dipertimbangkan dengan baik sesuai warna kulit anak agar kacamata menjadi lebih cocok saat digunakan. Cara memilih warna yang tepat adalah sebagai berikut:

Cara Menentukan Warna Bingkai Kacamata Sesuai Warna Kulit Anak

Cara Menentukan Warna Bingkai Kacamata Sesuai Warna Kulit Anak
Freepik/Jcomp

Sama seperti bentuk wajah anak yang membantu menentukan bingkai mana yang terlihat paling baik, begitu pula warna kulit anak. Pilih warna bingkai yang paling mendekati warna kulit anak, yaitu sebagai berikut:

Warna Warm Tone

Jika kulit anak cenderung berwarna kuning atau sawo matang, jauhi warna-warna kontras seperti pastel. Bingkai putih dan hitam juga tidak cocok untuk kulit warm tone. Sebaliknya, warna bingkai terbaik untuk anak adalah cokelat muda, corak cokelat, emas, honey, krem, dan hijau zaitun.

Warna Cool Tone

Jika kulit anak memiliki rona merah muda atau putih, maka Mama dapat memilih warna-warna dengan corak yang terang. Hindari warna-warna yang membuat anak pucat, pilih kacamata berwarna perak, hitam, cokelat, merah muda, ungu, biru, ungu muda dan abu-abu.

Nah itu dia Ma, rekomendasi kacamata sesuai dengan bentuk wajah anak. Kini Mama tidak perlu takut salah ketika ingin membeli kacamata untuk anak ya! Semoga informasinya bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.