Yuk, Bantu Anak Mengenali 11 Struktur Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Setiap struktur memiliki fungsi yang masing-masing mendukung kehidupan tumbuhan

30 Agustus 2021

Yuk, Bantu Anak Mengenali 11 Struktur Sel Tumbuhan Fungsinya
Id.wikipedia.org

Sel adalah unit dasar kehidupan pada semua organisme dan menjadi fungsional terkecil dalam tubuh makhluk hidup.

Sama seperti manusia dan hewan, tumbuhan juga terdiri dari beberapa sel. Sel tumbuhan termasuk dalam sel eukariotik yang memiliki sistem endomembran. 

Sama seperti organ yang berbeda di dalam tubuh, sistem endomembran pada tumbuhan mencakup berbagai komponen yang dikenal sebagai organel sel, yang melakukan fungsi berbeda untuk menopang sebuah tumbuhan.

Untuk membantu pengetahuan anak mama tentang tumbuhan, berikut Popmama.com akan membahas 10 struktur sel pada tumbuhan dan fungsinya di bawah ini!

1. Dinding sel

1. Dinding sel
assignmentpoint.com

Dinding sel adalah lapisan kaku yang terdiri dari selulosa, glikoprotein, lignin, pektin dan hemiselulosa. Bagian ini terletak di luar membran sel, dan terdiri dari protein, polisakarida dan selulosa.

Fungsi utama dinding sel adalah untuk melindungi dan memberikan dukungan struktural pada sel. Dinding sel tumbuhan juga berperan dalam melindungi sel terhadap tekanan mekanis, dan untuk memberikan bentuk dan struktur pada sel.

Tak hanya itu saja, dinding sel juga menyaring molekul yang masuk dan keluar dari sel, dan sebagai tempat untuk menyimpan karbohidrat.

Pembentukan dinding sel dipandu oleh mikrotubulus, yang terdiri dari tiga lapisan, yaitu, primer, sekunder dan lamela tengah. Dinding sel primer dibentuk oleh selulosa yang disusun oleh enzim.

2. Membran sel

2. Membran sel
kindpng.com

Membran sel adalah membran semi-permeabel yang ada di dalam dinding sel, yang terdiri dari lapisan tipis protein dan lemak. Membran sel berperan penting dalam mengatur keluar masuknya zat-zat tertentu di dalam sel.

Membran semi-permeabel ini berperan untuk menyaring zat tertentu untuk masuk, tetapi tidak zat yang lain, terutama menyaring pelarut, namum tidak untuk zat terlarut tertentu.

Misalnya, membran sel mencegah racun masuk ke dalam, sementara nutrisi dan mineral penting dapat masuk ke tubuh tumbuhan.

3. Sitoplasma

3. Sitoplasma
study.com

Sitoplasma adalah larutan cair dan kental yang terdiri dari air, garam, dan protein. Dalam sel eukariotik, sitoplasma mencakup semua materi, seperti nukleus, retikulum endoplasma, dan mitokondria. Sedangkan, bagian sitoplasma yang tidak terdapat organel disebut sitosol.

Meskipun sitoplasma mungkin tampak tidak memiliki bentuk atau struktur, sebenarnya sangat terorganisir. Jaringan protein yang disebut sitoskeleton, membantu sitoplasma yang mengontrol bentuk sel, mempertahankan organisasi intraseluler, dan terlibat dalam pergerakan sel.

4. Inti sel atau nukleus

4. Inti sel atau nukleus
Sites.google.com

Nukleus atau inti sel adalah organel terbesar yang ada di dalam sel, yang berperan sebagai struktur membran yang hanya ada dalam sel eukariotik.

Fungsi vital dari nukleus adalah untuk menyimpan DNA atau informasi penting yang diperlukan untuk pembelahan sel, metabolisme dan pertumbuhan. 

Di dalam nukleus juga terdapat komponen penting untuk pertumbuhan tanaman, yaitu: 

Nukleolus: Memproduksi struktur penghasil protein sel dan ribosom.
Nukleopore: Membran inti berlubang dengan lubang yang disebut nukleopore yang memungkinkan protein dan asam nukleat menyerap ke dalamnya.

Editors' Picks

5. Plastida

5. Plastida
microbenotes.com

Plastida merupakan organel yang memiliki DNA sendiri. Mereka diperlukan untuk menyimpan pati, untuk melakukan proses fotosintesis. Selain itu, juga digunakan dalam sintesis banyak molekul, yang membentuk blok bangunan sel.

Ada beberapa jenis plastida dan fungsinya, yaitu:

Leukoplas
Mereka ditemukan di jaringan tanaman non-fotosintetik, untuk penyimpanan protein, lipid dan pati.

Kloroplas
Ini adalah organel memanjang yang ditutupi oleh membran fosfolipid. Setiap kloroplas mengandung pigmen berwarna hijau yang disebut klorofil yang diperlukan untuk proses fotosintesis. Klorofil menyerap energi cahaya dari matahari dan menggunakannya untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa.

Kromoplas
Kromoplas bertanggung jawab untuk sintesis pigmen, dan sebagai penyimpanan dalam organisme eukariotik fotosintesis. Kromoplas memiliki pigmen berwarna merah, jingga dan kuning yang memberikan warna pada semua buah dan bunga yang matang.

6. Vakuola

6. Vakuola
Commons.wikimedia.org

Istilah "vakuola" berarti "ruang kosong", yang di mana membantu dalam penyimpanan dan pembuangan berbagai zat.

Mereka dapat menyimpan makanan atau nutrisi lain yang dibutuhkan oleh sel untuk bertahan hidup, dan juga menyimpan produk limbah agar mencegah seluruh sel dari kontaminasi. Fungsi vital vakuola selain penyimpanan adalah, untuk mempertahankan tekanan terhadap dinding sel.

Vakuola pada sel tumbuhan lebih besar dari pada sel hewan. ini menempati sekitar 30 persen dari volume sel dalam sel tanaman dewasa. 

Vakuola terdiri dari getah sel, yang terdiri dari campuran garam, enzim dan zat lainnya. Tonoplast adalah membran yang mengelilingi vakuola.

7. Aparatus golgi

7. Aparatus golgi
genome.gov

Aparatus golgi memiliki beberapa nama seperti kompleks golgi atau badan golgi. Nama tersebut diberikan atas nama ilmuwan yang menemukan organel tersebut, yaitu Camillo Golgi. Badan golgi adalah organel dalam membran yang ada di sitosol sel.

Fungsi utamanya adalah pengemasan dan sekresi protein. Ini menerima protein dari Retikulum Endoplasma, dan dikemas ke dalam vesikel yang juga ada di dalam membran, yang kemudian diangkut ke berbagai tujuan, seperti lisosom, membran plasma atau sekresi.

Badan golgi juga mengambil bagian dalam pengangkutan lipid dan pembentukan lisosom.

8. Ribosom

8. Ribosom
ibiologia.com

Ribosom adalah organel terkecil dalam membran yang terdiri dari RNA dan protein dan ditemukan di sel prokariotik dan eukariotik.

Ribosom adalah "mesin" molekuler kompleks yang ditemukan di dalam sel untuk menghasilkan protein dari asam amino selama proses yang disebut sintesis atau translasi protein. Proses sintesis protein adalah fungsi utama, yang dilakukan oleh semua sel hidup.

Inilah yang membuat setiap sel hidup membutuhkan ribosom untuk memproduksi protein.

9. Mitokondria

9. Mitokondria
app.biorender.com

Mitokondria adalah organel bermembran ganda yang ditemukan di sitoplasma semua sel eukariotik. Mereka menyediakan energi dengan memecah molekul karbohidrat dan gula, oleh karena itu mereka juga disebut sebagai "pembangkit tenaga sel."

Mitokondria memainkan peran utama dalam memecah nutrisi dan menghasilkan molekul kaya energi untuk sel. Banyak reaksi biokimia yang terlibat dalam respirasi seluler terjadi di dalam mitokondria.

10. Retikulum endoplasma

10. Retikulum endoplasma

Retikulum endoplasma (RE) adalah jaringan kantung di sitosol sel eukariotik yang memproduksi, memproses, mengangkut, dan menyimpan senyawa kimia untuk digunakan di dalam dan di luar sel.

Ini menjadi sistem yang luas dan kompleks dari distribusi yang kurang lebih kontinu dari rongga-rongga berbelit-belit membran yang mengambil bagian sitosol yang cukup besar.

11. Lisosom

11. Lisosom
byjus.com

Lisosom disebut "kantong bunuh diri" karena mengandung enzim pencernaan dalam membran tertutup. Mereka bekerja seperti sistem pencernaan untuk memecah, atau mencerna, protein, asam, karbohidrat, organel mati, dan bahan yang tidak diinginkan lainnya.

Lisosom terlibat dengan berbagai proses sel, mereka memecah molekul yang lebih besar menjadi molekul yang lebih kecil

Nah itulah struktur sel tumbuhan yang dapat Mama beri tahu anak. Buat anak-anak bersemangat untuk belajar tentang sel dan fungsinya melalui eksperimen dan aktivitas langsung. Dari permainan hingga pembuatan model.

Mama tentunya akan memiliki banyak hal yang harus dilakukan untuk mengajari anak-anak tentang sel dengan cara yang menyenangkan. Semoga informasinya bermanfaat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk