Tingkatkan Sistem Imun Anak dengan 12 Menit Olahraga Rutin

Olahraga 12 menit bisa dilakukan di dalam rumah lho, Ma!

19 November 2020

Tingkatkan Sistem Imun Anak 12 Menit Olahraga Rutin
Freepik/Prostooleh

Mewabahnya Covid-19 membuat seluruh kalangan usia harus melakukan berbagai aktivitas di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah. Sehingga, orangtua yang ingin mengajak anak untuk berolahraga pun akan semakin sulit.

Apalagi saat anak mulai bersekolah dari rumah, mereka mengurangi kegiatan olahraga praktik. Semakin lama beraktivitas dan tinggal di rumah, akan membuat motivasi anak untuk berolahraga dan hidup sehat semakin hilang. Namun ini adalah hal yang normal terjadi pada anak-anak.

Tetapi, sebaiknya Mama tetap harus ingatkan anak untuk mulai bergerak dan berolahraga kembali.

Sebuah penelitian terbaru menemukan, dengan sedikit waktu berolahraga 12 menit dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan anak.

Bagaimana caranya ya, Ma? Jika penasaran yuk baca artikel Popmama.com berikut ini!

Editors' Picks

1. Olahraga singkat rutin setiap harinya, dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan

1. Olahraga singkat rutin setiap harinya, dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan
Freepik/Senivpetro

Jika anak Mama selalu mengeluhkan tidak ada waktu untuk berolahraga, maka Mama bisa menyampaikan hasil penelitian terbaru, yang menemukan bahwa sedikit waktu berolahraga dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh anak meningkat.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Circulation mengungkapkan, bahwa dengan melakukan olahraga singkat rutin setiap harinya, dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan dengan mengubah tingkat metabolit tubuh.

Olahraga juga tidak harus selalu di lapangan, anak pun bisa melakukannya sendiri di rumah atau berjalan kaki dan berlari bersama Mama di sekitar lingkungan rumah sambil menjaga jarak dengan orang lain.

2. 12 menit latihan kardio dapat mengubah lebih dari 80 persen metabolit yang beredar dalam tubuh

2. 12 menit latihan kardio dapat mengubah lebih dari 80 persen metabolit beredar dalam tubuh
Freepik

Metabolit tubuh merupakan bagian dari metabolisme, yang berpengaruh langsung pada tumbuh kembang anak dan fungsi ekologi dalam tubuhnya.

Menurut IFL Science, penelitian tersebut menjelaskan tentang 12 menit latihan kardio yang intens dapat mengubah lebih dari 80 persen metabolit yang beredar. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kardiometabolik anak serta kardiovaskularnya dalam jangka panjang.

Temuan ini pun juga mengungkapkan bahwa manfaat 12 menit olahraga ini turut dipengaruhi oleh pola hidup sehat anak lainnya, karena jenis kelamin dan pengukuran massa tubuh juga ikut serta dalam rasio metabolit anak.

3. Efek latihan singkat yang mempengaruhi fungsi utama tubuh

3. Efek latihan singkat mempengaruhi fungsi utama tubuh
Freepik

Penelitian ini juga mengungkapkan wawasan tentang dasar-dasar molekuler yang dapat mempengaruhi efek olahraga pada tubuh manusia.

Menurut penulis senior studi, Gregory Lewis mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukannya memberikan pandangan komprehensif tentang dampak metabolik dari olahraga, yaitu dengan menghubungkan jalur metabolisme dengan respon olahraga dan hasil kesehatan jangka panjang.

"Apa yang mengejutkan kami adalah efek latihan singkat pada tingkat sirkulasi metabolit yang mengatur fungsi utama tubuh, seperti resistensi insulin, stres oksidatif, reaktivitas vaskular, peradangan dan umur panjang," Ujar Gregory.

Nah itu dia Ma studi tentang olahraga 12 menit dapat meningkatkan sistem imunitas sehingga kesehatan anak terjaga dengan tumbuh kembang yang optimal. Jangan lupa untuk selalu ingatkan anak olahraga singkat, serta pola hidup sehat lainnya seperti asupkan makanan bergizi dan tidur yang cukup.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.