20 Rekomendasi Judul Film dan Serial Keluarga di Netflix

Tontonan anak harus sesuai umur dan berkualitas ya, Ma

24 Juli 2021

20 Rekomendasi Judul Film Serial Keluarga Netflix
Freepik/Tirachardz

Di zaman sekarang, semakin sulit mengawasi tontonan anak. Sudah mulai sedikit program televisi yang cocok dikonsumsi oleh mereka. Film dan serial yang ada pun lebih ditujukan kepada Mama ataupun Papa.

Belum lagi dengan kemudahan seperti saat ini, anak dapat dengan mudah mengakses berbagai macam video di internet yang mungkin kurang layak mereka lihat.

Meskipun demikian, Mama tetap bisa kok menemukan program pilihan untuk anak. Di Netflix sendiri, ada berbagai macam pilihan film dan serial yang boleh disaksikan keluarga dan tentunya aman untuk anak mama.

Merayakan Hari Anak Nasional bisa dengan cara yang simpel namun berkesan. Cukup menghabiskan waktu bersama anak dan suami di rumah, ini sudah menjadi bonding time, lho.

Maka dari itu, Popmama.com sudah menyiapkan 20 judul film dan serial keluarga di Netflix yang wajib banget Mama tonton bersama anak dan keluarga di rumah.

Ada apa saja, ya? Baca terus, yuk!

1. Best Leftovers Ever

1. Best Leftovers Ever
Netflix.com

Serial keluarga di Netflix yang pertama adalah Best Leftovers Ever. Program yang satu ini sangat cocok untuk Mama sekeluarga yang gemar kuliner dan hobi makan.

Pertama kali tayang pada 30 Desember 2020, program Best Leftovers Ever bukanlah kompetisi memasak biasa. Pasalnya, para juru masak ahli akan bertanding satu sama lain untuk menciptakan kreasi makanan sisa yang paling unik dan lezat.

Wah, boleh banget nih ditonton supaya makanan yang bersisa di rumah tetap ludes disantap dan nggak berakhir dibuang.

2. Carmen Sandiego

2. Carmen Sandiego
Netflix.com

Mama pastinya tidak asing jika mendengar kisah Robin Hood, kan? Benar sekali, cerita seorang pencuri yang mengambil barang untuk menyejahterakan rakyat kecil. Konsep serupa juga ditemukan di serial animasi Carmen Sandiego.

Alkisah, hiduplah seorang perempuan yatim piatu yang dijuluki sebagai Black Sheep (Si Domba Hitam). Dirinya ditemukan di jalanan kota Buenos Aires, Argentina dan dibawa ke sebuah tempat bernama V.I.L.E Academy.

Tempat tersebut merupakan sebuah sekolah untuk melatih para agen kriminal rahasia dan pencuri ulung dunia. Black Sheep pun berakhir sama di mana ia dilatih agar menjadi seorang master (ahli) pencuri.

Karena besar di V.I.L.E., tempat tersebut sudah seperti rumahnya dan orang-orang di sana layaknya keluarga bagi Black Sheep. Akan tetapi, perempuan tersebut menemukan sisi gelap dari V.I.L.E. yang lantas membuatnya membangkang.

Berganti nama menjadi Carmen Sandiego, ia pun berusaha untuk mencuri kembali semua barang yang telah diambil V.I.L.E. untuk nantinya dikembalikan ke pemilik sebenarnya.

Kira-kira bagaimana kisah selanjutnya, ya?

3. Enola Holmes

3. Enola Holmes
Netflix.com

Cerita Sherlock Holmes pasti sudah banyak yang tahu. Tapi, bagaimana kalau kisah dari adik sang detektif hebat Enola Holmes? Kalau Mama belum pernah dengar, maka wajib nonton film yang satu ini.

Enola Holmes merupakan seorang perempuan remaja yang baru berulang tahun yang ke-16. Sebagai salah satu anggota keluarga Holmes, jiwa-jiwa detektif juga mengalir di darah perempuan tersebut.

Hal ini bisa dilihat ketika ibunya tiba-tiba menghilang dan meninggalkan sebuah kode. Alih-alih membantunya mencari sang Ibu, kakak-kakaknya yang datang malah lebih memikirkan supaya memasukkan Enola ke sekolah khusus perempuan.

Karena tidak sepaham dengan saudaranya, Enola pun memutuskan untuk kabur dan berusaha untuk menemukan ibunya dengan memecahkan kode yang ada.

Supaya tahu kelanjutan kisahnya, langsung saja tonton di Netflix ya, Ma.

4. Floor is Lava

4. Floor is Lava
Netflix.com

Serial keluarga di Netflix yang selanjutnya adalah Floor is Lava. Program ini terinspirasi dari permainan anak-anak di Amerika yang bernama serupa.

Kalau biasanya anak-anak akan mengkhayal kalau lantai rumahnya telah berubah menjadi lahar panas, di program yang satu ini semuanya dibuat menjadi kenyataan!

Sesuai dengan aturan permainannya, semua peserta tentu tidak boleh terkena atau tercebur ke dalam lahar yang panas. Kalau iya, tentu dirinya akan gagal.

Pokoknya, Mama dan keluarga akan menyaksikan keseruan para pemain melompat hingga bergelantungan untuk melalui seluruh rintangan.

Awas geregetan nontonnya ya, Ma. 

5. Glitch Techs

5. Glitch Techs
Netflix.com

Anak mama yang gemar bermain game pasti akan suka dengan serial di Netflix yang satu ini. Glitch Techs mengisahkan dua orang remaja, yaitu High Five dan Miko, yang tengah berada dalam sebuah misi.

Jadi, terdapat sebuah masalah di setiap game yang dimainkan oleh orang-orang. Karakter monster yang ada di dalam game bisa keluar menuju dunia nyata dan menyerang seisi kota.

Untuk mengatasi masalah ini, akhirnya High Five dan Miko bekerja di sebuah toko game dan menjadi glitch techs, satuan tugas yang akan membasmi para monster dan memperbaiki kekutu dalam permainan.

Tentu saja misi mereka tidak mudah. Sebab, diperlukan logika dan ketangkasan dalam mengalahkan musuh-musuh yang High Five dan Miko hadapi.

6. June & Kopi

6. June & Kopi
Netflix.com

June & Kopi merupakan salah satu film keluarga di Netflix yang bisa menjadi pilihan tontonan nih, Ma. Film karya anak bangsa ini juga terbilang unik karena menyuguhkan alur cerita yang jarang sekali diangkat di industri perfilman Indonesia.

Kisahnya diawali dengan sepasang suami-istri, diperankan oleh Acha Septriasa dan Ryan Delon, yang berhasil menyelamatkan dua anjing jalanan. Keduanya lantas diberi nama June dan Kopi.

Meskipun dulu termasuk hewan jalanan, June dan Kopi ternyata sangatlah pintar. Bahkan, June mampu menjadi pendamping Karin, putri pertama pasangan tersebut, mulai dari bayi hingga gadis tersebut masuk SD.

Namun kejadian yang tidak diharapkan terjadi. June dan Karin tersesat di hutan dan tidak tahu jalan untuk pulang. Apakah keduanya dapat keluar dari hutan tersebut?

Sebagai informasi, film ini diangkat dari pengalaman nyata sang sutradara lho, Ma. Di dunia nyata, tokoh June merupakan seekor anjing yang hanya memiliki tiga kaki dan begitu takut dengan laki-laki. Lain halnya dengan Kopi yang terinspirasi dari anjing bernama Cody.

7. Jungle Beat The Movie

7. Jungle Beat The Movie
Netflix.com

Seperti namanya, Jungle Beat The Movie mengisahkan cerita dari sekawanan hewan liar penghuni hutan. Kehidupan mereka sebenarnya biasa-biasa saja. Hewan-hewan tersebut mencari makan dan berinteraksi satu sama lain.

Hingga akhirnya di suatu pagi, salah seekor monyet bernama Munki merasa terkejut karena dirinya dapat berbicara. Dikarenakan keajaiban tersebut, para hewan tidak perlu lagi menggunakan gestur saat berkomunikasi.

Cerita mereka tidak sampai situ saja, Ma. Ketika Munki dan temannya Trunk, seekor gajah, sedang menyusuri hutan, mereka dikejutkan oleh sebuah semak yang bisa berbicara. Namun sebenarnya, sesosok alien-lah yang ada di balik semak tersebut.

Awalnya Munki dan Trunk takut kepadanya, tapi lambat laun keduanya menjadi dekat dengan alien ungu tersebut. Bahkan, monyet dan gajah itu berencana membantu si Alien untuk kembali ke planet asalnya.

Gimana, Ma? Tertarik untuk menontonnya?

8. Klaus

8. Klaus
Netflix.com

Perayaan Natal pasti sangat lekat dengan salju, hadiah, dan legenda sinterklas. Laki-laki besar berjenggot putih tersebut sangat disenangi anak-anak karena dirinya gemar membagikan hadiah.

Kalau Mama pengin tahu asal-usulnya, coba deh tonton film Klaus. Tayang pada 8 November 2019, ceritanya bermula pada seorang laki-laki bernama Jesper Johansson. Ia merupakan anak dari seorang direktur utama kantor pos.

Posisi yang dimiliki ayahnya itu lantas membuat kehidupan Jesper penuh dengan kecukupan dan kenikmatan. Sayangnya, kondisi tersebut berimbas kepada sikap Jesper yang manja dan pemalas.

Lantas, sang Ayah mengirimnya ke sebuah kota bernama Smeerensburg untuk mengirim 6.000 surat dalam setahun. Jika dia gagal, maka dia akan langsung dicoret dari silsilah keluarga.

Tantangan yang diberi ayahnya itu ternyata tidak semudah yang dikira. Para warga Smeerensburg ternyata lebih gemar berperang satu sama lain ketimbang menulis surat. Sampai akhirnya Jesper tiba di sebuah rumah terpencil miliki seorang tukang kayu bernama Klaus.

Pertemuan itu lantas memulai perjalanan keduanya membagikan surat dan hadiah untuk seisi kota. Kira-kira, apakah Jesper dan Klaus mampu membawa kebahagiaan di kota Smeerensburg?

9. Modest Heroes: Ponoc Short Films Theatre

9. Modest Heroes Ponoc Short Films Theatre
Netflix.com

Anak mama suka animasi Jepang? Mari merapat dan sambut film Modest Heroes: Ponoc Short Films Theatre. Alur yang disuguhkan film karya Studio Ponoc itu bukan cuma satu, tapi tiga sekaligus.

Secara lebih spesifik, cerita yang menyusun Modest Heroes meliputi Kanini & Kanino, sepasang kepiting tawar bersaudara yang hidup di sungai, Life Ain't Gonna Lose, kisah seorang anak laki-laki yang alergi telur, dan Invisible, seorang laki-laki yang tubuhnya tiba-tiba menjadi transparan.

Antologi film ini mencoba untuk mengangkat "kisah pahlawan modern masa kini". Di samping itu, Studio Ponoc sendiri banyak diisi oleh mantan karyawan Studio Ghibli, salah satu studio animasi Jepang terkenal.

Jadi, nggak perlu diragukan lagi tentang keindahan animasi dan kemenarikan alur ceritanya.

Editors' Picks

10. Nadiya's Time to Eat

10. Nadiya's Time to Eat
Netflix.com

Selama PPKM, pekerjaan rumah tangga sepertinya malah semakin banyak ya, Ma? Padahal di masa-masa sulit seperti sekarang, tubuh sangat rentan mengalami stres tapi Mama tidak punya banyak waktu untuk sekadar melakukan me-time.

Nah, ini berarti Mama wajib sekali menonton acara Nadiya's Time to Eat. Dipandu oleh Nadiya Hussain, pemenang dari kompetisi memasak The Great British Bake Off, Mama akan menyaksikan berbagai macam tips memasak cepat untuk menghemat waktu.

Tidak hanya melulu soal resep, serial keluarga di Netflix yang satu ini juga akan mengajak Mama melihat proses pengolahan dari bahan-bahan yang ada di dapur. Menarik, bukan?

11. Over the Moon

11. Over the Moon
Netflix.com

Di daftar selanjutnya, ada Over the Moon yang mengisahkan seorang anak perempuan bernama Fei Fei dengan obsesinya terhadap sains dan bulan.

Ketertarikan itu bermula ketika mendiang ibu Fei Fei menceritakannya legenda Chang'e atau juga dikenal sebagai Dewi Bulan. Hingga dirinya beranjak remaja pun, Fei Fei masih meyakini kalau sang Dewi masih menunggu pujaan hatinya di Bulan sana.

Kepercayaan yang dimilikinya malah dianggap guyonan oleh keluarganya. Lantaran semua orang menertawainya, Fei Fei bertekad untuk membuktikan bahwa legenda Chang'e benar adanya.

Kalau menurut Mama, apakah Fei Fei akan berhasil berjumpa dengan Dewi Bulan?

12. Pinky Malinky

12. Pinky Malinky
Netflix.com

Serial keluarga di Netflix lainnya yang cocok disaksikan oleh anak mama adalah Pinky Malinky. Tayang pertama kali pada 1 Januari 2019, serial animasi ini mengisahkan seorang anak yang terlahir sebagai sosis.

Meskipun begitu, Pinky tetap merasa bahwa ada sisi baik dari setiap hal di muka bumi ini, termasuk tubuh sosisnya yang spesial itu.

Ditemani dengan dua sahabat manusianya, Babs Byuteman dan JJ Jameson, yuk saksikan keseruan Pinky dan teman-temannya dalam menikmati kehidupan di masa-masa sekolah.

Dijamin seru dan lucu, deh!

13. Ridley Jones

13. Ridley Jones
Netflix.com

Bagaimana jadinya ketika benda-benda di museum menjadi hidup selama malam menerjang? Itulah yang akan anak mama jumpai di serial animasi Netflix Ridley Jones.

Alkisah, ada seorang anak perempuan bernama Ridley yang tinggal di rumah pohon di sebuah museum tempat ibu dan neneknya bekerja. Di suatu hari, ibunya mengatakan bahwa ada sebuah kalung yang hilang dan Ridley ingin membantu mencarikannya.

Gadis berumur 6 tahun tersebut lantas menyelinap ke museum untuk melakukan pencarian. Tanpa disadari, ia bertemu dengan sejumlah patung museum yang menjadi hidup di malam hari.

Kalau Mama pernah menonton film Night at the Museum, serial ini memberikan nuansa yang serupa. Hanya saja, Ridley Jones lebih aman disaksikan anak mama karena memang merupakan tontonan animasi khusus anak. 

14. Secret Magic Control Agency

14. Secret Magic Control Agency
Netflix.com

Tidak mau kalah dengan Over the Moon yang diangkat dari legenda Negeri Tirai Bambu, film animasi Secret Magic Control Agency diadaptasi dari salah satu cerita rakyat yang populer, Hansel dan Gretel.

Animasi besutan Aleksey Tsitsilin ini memberikan sentuhan baru untuk dongeng anak tersebut. Jadi, dikisahkan Hansel dan Gretel yang merupakan dua agen rahasia. Hansel dikenal sebagai agen yang cerdas, sedangkan Gretel memiliki pengetahuan luas dan ide-ide yang cemerlang.

Keduanya ditugaskan untuk menemukan jawaban atas hilangnya seorang raja secara misterius. Misi ini tidak semudah yang dikira karena mereka berdua harus menghadapi seorang penipu ulung yang bahkan mampu menutupi reputasi Hansel dan Gretel.

Kalau penasaran dengan kisahnya, yuk ajak anak untuk menonton Secret Magic Control Agency di Netflix!

15. Smallfoot

15. Smallfoot
Netflix.com

Mama pernah dengar legenda Yeti tidak? Yeti sendiri merupakan makhluk besar seperti kera dengan bulu putih menutupi tubuhnya dan tinggal di pegunungan Himalaya. Masyarakat di sana memercayai adanya keberadaan makhluk mistis tersebut lewat jejak-jejak kaki yang ukurannya tidak biasa.

Tapi, bagaimana jika sudut pandang kisahnya diputar dan dilihat dari perspektif si yetinya sendiri? Itulah alur dari film animasi Smallfoot. Adalah Migo, salah satu yeti yang mendiami desa di puncak Himalaya.

Dirinya juga hidup bersama dengan yeti lainnya. Dan ada beredar mitos di komunitasnya tentang makhluk bernama Smallfoot (Kaki Mungil). Makhluk yang dimaksud itu sebenarnya adalah manusia.

Tidak sedikit yeti yang meragukan keberadaan manusia. Hingga suatu saat, Migo berjumpa dengan seorang korban kecelakaan pesawat yang jatuh dekat desa para yeti.

Melihat keberadaan smallfoot, Migo pun ingin menunjukkan kepada temannya yang lain. Hanya saja, dirinya malah tersesat yang membawanya ke sebuah bar di sebuah desa manusia.

16. Sugar Rush

16. Sugar Rush
Netflix.com

Di poin sebelumnya, Mama sudah lihat Best Leftovers Ever dan Nadiya's Time to Eat. Kalau masih ingin melihat program makan-masak, coba deh Mama tonton kompetisi memasak Sugar Rush.

Sesuai dengan nama programnya, para kontestan harus bertarung dengan waktu untuk menciptakan kreasi kue dan biskuit yang pastinya sangat manis.

Di setiap babak, tantangan yang harus dilalui pun berbeda-beda. Misalnya, untuk babak pertama, kontestan harus membuat cupcake. Sedangkan di babak ketiga, mereka harus memasak kue.

Selama menyaksikan serial keluarga di Netflix yang satu ini, jangan lupa siapkan cemilan ya, Ma. Siapa tahu malah laper sewaktu melihat makanan-makanannya.

17. The Kid from the Big Apple

17. The Kid from the Big Apple
Netflix.com

Kota New York di Amerika Serikat memiliki julukan unik, yakni the Big Apple (Apel Besar). Sama seperti judulnya, film keluarga ini berfokus pada kisah seorang anak perempuan bernama Sarah yang harus meninggalkan New York untuk tinggal bersama kakeknya, Lim Chun Gen, di Malaysia.

Alasan di balik ketibaan Sarah itu dikarenakan ibunya, Sophia, ditinggal pergi oleh suaminya. Padahal ibunya sedang sibuk mengejar mimpi untuk menjadi seorang desainer fesyen terkenal. Alhasil, Sarah pun dititipkan kepada Kakek Lim, ayah Sophia.

Tidak mudah bagi anak usia 11 tahun seperti Sarah berada di lingkungan yang barung. Meskipun awalnya kesulitan karena perbedaan bahasa, Sarah tetap mampu menjalin interaksi dengan baik dan bahkan memiliki sahabat bernama Bao, bocah laki-laki yang merupakan anak dari pengusaha sembako.

Mungkin terdengar membosankan, tapi jangan salah, Ma. Di film the Kid from the Big Apple ini, Mama akan menjumpai konflik masa lalu yang cukup menarik antara Kakek Lim dan Sophia, ibu Sarah.

Gimana, Ma? Apakah film ini akan masuk daftar menonton keluarga Mama?

18. Twelve Forever

18. Twelve Forever
Netflix.com

Rekomendasi serial keluarga di Netflix yang berikutnya adalah Twelve Forever. Animasi karya Julia Vickerman ini menceritakan Reggie Abbott, seorang anak umur 12 tahun yang begitu imajinatif.

Dikarenakan kemampuan imajinasinya yang tinggi, Reggie mampu memasuki sebuah dunia bernama Endless. Ada yang spesial dari dunia tersebut, yakni setiap penghuninya tidak akan bertambah tua dan berumur 12 tahun selamanya. Bahkan, semua mainan dan lukisan milik Reggie menjadi kenyataan di dunia tersebut.

Perjalanan Reggie di Endless tidak sendirian. Ia ditemani dengan teman-temannya, Todd dan Esther, untuk mewujudkan fantasi mereka sebagai pahlawan super.

Semisal ada di dunia nyata, apakah Mama tertarik memijakkan kaki di Endless untuk melepaskan diri sejenak dari kehidupan orang dewasa yang membosankan?

19. Waffles + Mochi

19. Waffles + Mochi
Netflix.com

Apa yang terlintas di benak ketika Mama mendengar kata Waffles + Mochi? Pastinya kue wafel yang renyah dan mochi yang kenyal, dong.

Akan tetapi, di serial keluarga Netflix ini, Waffles dan Mochi adalah nama kedua karakter utama yang memiliki impian untuk menjadi juru masak hebat. Dalam mencapai mimpinya tersebut, keduanya berkeliling dunia dan menjumpai teman-teman baru yang baik, seperti Michelle Obama!

Berbeda dengan serial kuliner sebelumnya, Waffles + Mochi dijamin sangat cocok ditonton anak mama. Sebab, karakternya merupakan boneka sungguhan yang digerakkan dengan tangan, mirip Si Unyil ataupun Sesame Street gitu.

Jadi tidak hanya terhibur, anak mama juga akan berlajar banyak hal tentang masak-memasak.

20. Wish Dragon

20. Wish Dragon
Netflix.com

Daftar rekomendasi film dan serial keluarga di Netflix ini ditutup dengan film animasi Wish Dragon. Film tersebut menceritakan kehidupan seorang mahasiwa bernama Din. Dirinya bekerja sebagai kurir paket.

Di suatu malam, dirinya tengah memandangi papan reklame dari sahabat kecilnya, Lina. Din ingin sekali bertemu kembali dengannya. Di momen mengagumi foto sahabatnya itu, tak disangka teko hijau yang ia miliki bergerak sendiri dan roh naga keluar dari sana.

Naga yang dijuluki Long tersebut dengan baik hati menawarkan tiga permintaan kepada Din. Lantas, laki-laki tersebut berkeinginan untuk menjumpai sahabatnya. Hanya saja, Long merasa ragu untuk mengabulkannya. Kenapa ya kira-kira?

Film Wish Dragon ini bisa tercipta atas kolaborasi Sony Pictures Animation dengan sejumlah rumah produksi animasi yang ada di Amerika dan Tiongkok. Tidak hanya itu, Jackie Chan juga ikut andil sebagai salah satu produser dan pengisi suara animasi ini lho, Ma.

Itulah 20 judul film dan serial keluarga di Netflix yang boleh menjadi pilihan tontonan untuk anak. Dari semua rekomendasi tadi, mana nih yang paling pengin Mama tonton bareng keluarga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.