5 Cara Mengajarkan si Kakak Bersikap Baik pada Adiknya yang Lebih Muda

Coba agar anak tetap rukun yuk, Ma

16 Februari 2021

5 Cara Mengajarkan si Kakak Bersikap Baik Adik Lebih Muda
Freepik

Jika si Kecil dan si Kakak sering bertengkar saat bermain atau hal lainnya, ini wajar terjadi dalam hubungan saudara kandung, Ma. Namun, jika dibiarkan terus menerus, ini menjadi kebiasaan yang tidak baik lho!

Sebagai kakak yang lebih tua dari sang adik, Mama bisa melakukan beberapa cara untuk mengajarkannya sikap baik kepada adik-adiknya.

Tujuannya agar hubungan kakak beradik ini menjadi lebih akur dan tak mudah terjadi pertengkaran antara mereka. Lantas, bagaimana cara mengajarkan kakak bersikap baik kepada adiknya?

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 cara mengajarkan kakak bersikap baik kepada adiknya yang lebih muda. Disimak dan coba terapkan yuk, Ma!

1. Dimulai dari orangtua tidak membandingi anak

1. Dimulai dari orangtua tidak membandingi anak
Freepik/bearfotos

Hal yang sering kali membuat anak bertengkar atau tidak akur adalah karena rasa iri dari kasih sayang yang berbeda yang diberikan Mama dan Papa.

Untuk itu, cara yang bisa Mama dan Papa lakukan adalah dengan tidak membandingkan anak satu dengan yang lainnya. Kemudian, cobalah untuk tidak selalu menyalahkan anak yang lebih besar atas perselisihan kakak dan adik, Ma.

Agar tidak terjadi persaiangan siapa yang mendapat kasih sayang terbesar, lebih baik Mama dan Papa mencoba meluangkan waktu bersama untuk menyatukan kakak dan adik agar lebih akur.

Editors' Picks

2. Mempersiapkan anak sebelum memiliki saudara

2. Mempersiapkan anak sebelum memiliki saudara
Noodle.com

Saat Mama dan Papa berencana menambah anak, sebaiknya juga bicarakan pada anak tertua ya! Sebab, saat tetiba seorang anak baru hadir dalam keluarga, anak tertua mama bisa merasa tersisihkan.

Umumnya, usia anak-anak memang menyukai asistensi orangtuanya, jadi Mama dan Papa harus mencari cara untuk mempersiapkan anak sebelum kelahiran adiknya nanti.

Saat melakukan persiapan ini, maka anak mama pun akan merasa lebih terlibat dan merasa lebih siap menjadi seorang kakak yang akan menyayangi adiknya kala sang adik lahir nanti.

3. Memberikan pujian saat kakak berbuat baik pada adiknya

3. Memberikan pujian saat kakak berbuat baik adiknya
Freepik/Senivpetro

Anak-anak umumnya menyukai pujian dan perhatian yang didapat dari orangtuanya, itulah yang membuat mereka akan terus melakukan hal baik ke depannya.

Jika anak tertua mama melakukan sesuatu yang baik untuk adiknya yang lebih muda, Mama bisa memberikan apresiasi seperti pujian, "Kakak baik sekali mau bantu adiknya mengerjakan tugas!"

Ketika anak mendapat apresiasi atas apa yang dilakukannya, maka ini membuatnya mengetahui bahwa hal penting bagi orangtua juga bisa menjadi contoh yang bisa mereka ikuti. 

Jadi, cobalah bersikap baik antar anak satu dan lainnya. Hal ini tentunya akan ditiru anak untuk melakukan kebaikan yang sama pada adiknya yang lebih muda, Ma.

4. Membiarkan kakak mengajarkan adiknya

4. Membiarkan kakak mengajarkan adiknya
Freepik/pressfoto

Di usia sekolah, biasanya kakak akan memamerkan hal baru yang dipelajarai pada orang sekitarnya, termasuk sang adik. Ini bisa menjadi hal menguntungkan bagi hubungan saudara kandung.

Misalnya saja saat anak tertua mama membantu sang adik belajar menghituung atau membaca sejak usia dini, ini akan membantu kedekatan kakak beradik juga lho, Ma.

Saat kakak melakukan hal ini, yang terpenting adalah Mama memastikan bahwa ia tidak terlalu sering memerintah adiknya dengan pelajaran. Lakukan teguran secara baik-baik jika kakak melakukan demikian.

5. Jangan memarahi anak di hadapan anak lainnya

5. Jangan memarahi anak hadapan anak lainnya
freepik/peoplecreations

Saat anak tertua mama berbuat kesalahan yang membuat Mama jengkel, mungkin tanpa sadar Mama akan memarahi anak di hadapan adiknya.

Sebaiknya hindari hal ini ya, Ma. Sebab, anak akan merasa minder dan menutup dirinya. Alhasil, anak pun akan merasa kesal dengan sang adik, parahnya lagi mungkin akan timbul bibit dendam di hati sang kakak.

Jika memang salah satu anak berbuat salah, sebaiknya bawa salah satu dari mereka ke tempat sepi yang hanya ada Mama dan dia ya. Berbicara empat mata dengan tidak emosi akan membuat perkataan Mama lebih terserap ke pikiran anak.

Itu dia 5 cara mengajarkan kakak agar mau berbuat baik pada adiknya yang lebih muda. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.