Sejarah dan Ide Kegiatan Peringati Hari Ayah Sedunia

Seperti sosok Mama, sosok Papa pun tak kalah penting dalam kehidupan kita

22 Juni 2020

Sejarah Ide Kegiatan Peringati Hari Ayah Sedunia
Freepik

Minggu ketiga di bulan Juni identik dengan perayaan Father’s Day (Hari Ayah) di banyak negara setiap tahunnya. Tahun ini, perayaan Hari Ayah jatuh pada hari Minggu, 21 Juni 2020.

Sama seperti sosok Mama, sosok ayah pun tak kalah penting dan berjasa dalam memberikan dorongan emosional sekalogus penjaga kedispilinan yang baik bagi setiap anak. Dengan menyambut Hari Ayah ini, Mama bisa mengajarkan anak untuk menunjukkan betapa besar rasa sayang dan terima kasih seorang anak terhadap sang ayah.

Meskipun di Indonesia sendiri Hari Ayah jatuh setiap tanggal 12 November, namun tak ada salahnya kita memperingati Hari Ayah sedunia dengan melakukan berbagai kegiatan seru bersama para ayah di tanggal 21 Juni ini.

Berikut rangkuman asal mula perayaan Hari Ayah sedunia beserta ide kegiatan menarik yang bisa anak lakukan dalam menyambut Hari Ayah di rumah. Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Sejarah Hari Ayah sedunia

1. Sejarah Hari Ayah sedunia
Freepik

Sejarah Hari Ayah bermula dari seorang perempuan bernama Sonora Smart Dodd. Ayah Sonora membesarkan enam anak seorang diri setelah kematian ibu mereka, tidak seperti pada umumnya di mana pada zaman itu, anak-anak yang ditinggalkan sang Mama diasuh oleh orang lain atau ibu tiri.

Sonora terinspirasi oleh Anna Jarvis yang mendorong perayaan Hari Ibu. Sonara merasa bahwa ayahnya pantas mendapatkan pengakuan atas apa yang telah dilakukannya. Setelah mengumpulkan dukungan dengan berbagai cara, Hari Ayah diakui untuk pertama kalinya pada bulan Juni tahun 1910 di Amerika.

2. Sosok ayah untuk anak-anak

2. Sosok ayah anak-anak
Freepik/Freephoto

Sosok ayah juga tak kalah penting dengan sosok Mama dalam kehidupan setiap anak. Ayah adalah seseorang yang terus mengajarkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik dan hebat dengan terus mencoba menjadi pemimpin keluarga yang bijaksana, yang tak kenal lelah dalam menyediakan yang terbaik bagi keluarga, dan berusaha menjadi panutan yang baik terutama bagi anak-anaknya.

Terlebih ketika negeri ini dilanda pandemi Covid-19, sosok ayah seperti menjadi pahlwan baru di rumah demi menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga. Meskipun harus melakukan banyak kegiatan dari rumah, sosok ayah juga bisa dilanda bosan dan jenuh karena adanya physical distancing dan Work from Home.

Untuk itu, Mama dan anak bisa menyambut hari ayah pada Minggu ini dengan melakukan berbagai kegiatan seru di rumah untuk menunjukkan arti seorang ayah dalam kehidupan anak. Dengan begitu, kegiatan di rumah saja akan lebih seru dan menyenangkan.

3. Kejutan di Hari Ayah dengan menjadi "Chef pribadi" di rumah

3. Kejutan Hari Ayah menjadi "Chef pribadi" rumah
Freepik/Freepic.diller

Jika biasanya peran memasak dilakukan oleh Mama, dalam menyambut Hari Ayah ini bisa lho mengkutsertakan anak dalam memberikan kejutan pada sang ayah saat di rumah aja.

Meskipun saat ini kita belum bisa bebas keluar rumah, ide memasak bisa Mama pilih untuk membantu anak dalam memberikan kejutan pada ayahnya.

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, memasak masakan lezat dan bergizi kini dapat dilakukan dengan mudah bersama anak di rumah.

Greenfields Indonesia memberikan beberapa tips menu masakan sederhana yang bisa memudahkan Mama dan anak dalam mempersiapkannya untuk sang ayah. Salah satunya adalah resep menu makan siang yang lezat, Ricotta and Mozzarella Canneloni berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 450 ml Susu Greenfields full cream
  • 100 gr Keju mozzarella
  • 250 gr Keju ricotta
  • 60 gr Mentega tawar (unsalted butter)
  • 100 gr bawang merah, dicincang
  • 50 gr bawang putih, dicincang
  • 200 gr ayam cincang
  • ¼ cangkir tepung serbaguna
  • 200 gr jamur kancing, iris-iris
  • 6 buah pasta cannelloni
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  • Di atas api sedang, tumis bawang cincang dengan satu sendok mentega sampai terlihat transparan, tambahkan bawang putih sampai warnanya berubah kekuningan. Tambahkan ayam cincang. Masak sampai matang.
  • Tambahkan irisan jamur. Bumbui dengan garam, merica, dan tambahkan bumbu Italia. Sisihkan. Lalu tambahkan dengan keju ricotta, aduk hingga rata.
  • Buat roux dengan melelehkan mentega di atas wajan panas sedang. Tambahkan tepung. Terus aduk hingga terbentuk pasta tepung. Tuang susu sedikit demi sedikit sampai agak kental. Bumbui dengan garam. Lalu sisihkan.
  • Rebus cannelloni sampai matang (al dente). Sisihkan.
  • Isi cannelloni dengan campuran ayam, sesuaikan jumlahnya dengan selera masing-masing.
  • Letakkan cannelloni dalam piring. Tuang dengan susu putih dan taburi keju mozzarella yang sudah diparut.
  • Panggang dalam suhu 170 derajat Celcium selama 6-8 menit atau sampai keju meleleh dan warna cokelat keemasan.
  • Sajikan saat hangat.

Nah itu dia resp yang bisa Mama dan anak lakukan untuk menyambut Hari Ayah sedunia. Meskipun masih dalam kondisi pandemi di rumah saja, tak ada salahnya memasak makanan lezat dan menyehatkan untuk ayah, bukan? Yuk, coba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.