Tuai Pujian, 5 Hal Penting yang Nia Ramadhani Ajarkan Kepada Anaknya

Mulai dari mengajarkan sopan santun, ingat berbagi hingga selalu apresiasi anak meski prestasi kecil

15 Oktober 2020

Tuai Pujian, 5 Hal Penting Nia Ramadhani Ajarkan Kepada Anaknya
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Nia Ramadhani kembali menghebohkan media sosial. Bukan video tidak bisa membuka salak atau masak telur, kali ini Nia Ramdhani dipuji netizen karena mengajarkan hal penting kepada anak sulungnya, Mikhayla Zalindra Bakrie.

Dalam acara Nyonya Boss di salah satu TV swasta, Nia Ramadhani memperlihatkan sisi lain hidupnya sebagai seorang Mama. Ada satu scene di mana Nia memberikan wejangan kepada putrinya tersebut.

Nia Ramadhani juga mengajarkan beberapa poin penting untuk kehidupan Mikhayla. Mulai dari tidak usah peduli dengan omongan negatif orang, belajar berbagi hingga mendidik anaknya agar sopan kepada orang lain.

Selain hal ini, apa saja yang Nia Ramadhani ajarkan kepada Mikhayla? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Takut Mikha terluka, Nia larang anaknya punya Instagram

1. Takut Mikha terluka, Nia larang anak pu Instagram
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Dalam kutipan di atas Nia Ramadhani tegas jika ia tak ingin anaknya memiliki Instagram dulu. Pasalnya, Nia kadang kesal karena komentar jeleknya malah ditujukan untuk anaknya.

“Ini makanya Mama enggak pernah mau kamu itu punya Instagram. Karena orang-orang itu komentarnya kalau kamu baca-bacain, kadang mereka enggak mikir. Asal-asal saja kalau ngomong,” tutur Nia yang dilansir dari Youtube Trans TV Official.

Nia memberi penjelasan kepada Mikhayla bahwa netizen yang berkomentar negatif ini tidak tahu keluarganya seperti apa. Ia menyemangati Mikhayla bahwa Tuhan selalu tahu diri Mikhayla sebenarnya dan Tuhan tahu jika hal buruk menimpa Mikhayla, bisa jadi itu pertanda bahwa Mikhayla lebih kuat dari cobaan yang diberi Tuhan.

“Enggak penting (komentar negatif). Mereka enggak tahu kamu, mereka enggak tahu kita. I know it's hurt for you, it's hurt for me as well (Mama tahu ini menyakitkan buatmu, ini juga sangat menyakitkan buat Mama). Tapi kalau misalkan, it's happen to you (itu terjadi padamu), it's mean (artinya) Allah tahu Mikhayla bisa dan mampu jadi anaknya mama," jelas Nia.

Editors' Picks

2. Mama Nia ajarkan Mikhayla untuk berpikir sebelum berbicara

2. Mama Nia ajarkan Mikhayla berpikir sebelum berbicara
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Karena kejadian komentar negatif yang menyerang anaknya itu, Nia pun memberikan nasihat menyentuh kepada Mikhayla. Nia Ramadhani menyarankan agar putrinya itu selalu mempertimbangkan kata-kata yang akan keluar dari mulutnya.

Before you talk, you have to think (sebelum bicara, harus dipikirkan dahulu). If you don't have something nice to say, just be (kalau kamu tidak punya sesuatu yang baik untuk disampaikan, sebaiknya tidak dikatakan),” jelas Nia Ramadhani.

3. Beri apresiasi anak dari hal kecil yang ia lakukan

3. Beri apresiasi anak dari hal kecil ia lakukan
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Sebagai anak artis, Mikhayla tentunya selalu jadi sorotan. Ini bisa jadi tekanan untuk Mikhayla, tapi dengan cara Mikhayla lakukan hingga saat ini Nia Ramadhani sudah merasa bangga. Menurut Nia, sikap dan sifat Mikhayla saat ini sudah cukup untuk membanggakan Nia sebagai Mama.

"Mikha sudah bisa ngasih influence ke teman-teman yang lain. Episode kemarin Mama sangat bangga. Karena Mikha bisa kasih contoh untuk anak-anak yang lain untuk, 'kamu juga harus bisa bikin bangga orangtua kamu'. Kayak Mikha bisa bikin bangga Mamanya,” tutur Nia.

4. Cara Nia ajarkan nilai sopan santun kepada Mikhayla

4. Cara Nia ajarkan nilai sopan santun kepada Mikhayla
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Ada satu episode dalam Nyonya Boss di mana Nia memberikan teguran kepada Mikhayla. Saat itu, Nia menyebut jika Mikhayla sempat melakukan hal yang tidak sopan kepada dirinya. Ketika ditegur putrinya itu malah marah di depan orang banyak.

“Kamu melakukan hal yang tidak sopan ke Mama. Tadi Mikhayla sempat melawan, padahal sudah Mama bilang baik-baik sampai agak keras. Terus kamu lebih keras, kamu malah nantanginYou did that in front of people (kamu melakukan itu do depan banyak orang),” ungkap Nia Ramadhani.

Menurut Nia, nilai sopan santun adalah hal penting yang diajarkan kepada anaknya. Tak memandang status, Nia ingin Mikha, panggilan sayangnya, bisa berperilaku baik di depan orang. Bagi Nia itu adalah modal utama untuk dihargai orang lain.

"Ini kan Mama sudah bilang ya, yang paling penting itu apa? Sopan, Mikha. Siapapun kamu, kamu harus sopan. Apalagi sama orangtua kamu sendiri," ucapnya yang dikutip dari acara Nyonya Boss.

5. Nia Ramadhani juga ajarkan agar selalu ingat berbagi

5. Nia Ramadhani juga ajarkan agar selalu ingat berbagi
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Putri kecilnya sudah lahir berkecukupan dari lahir. Semua yang diinginkannya bisa terwujud dengan mudah. Namun, Nia mengingatkan agar Mikha tetap harus punya niat untuk berusaha sendiri. Ia mengajarkan agar Mikhayla tidak bergantung kepada orang lain.

“Mikha harus sekolah yang pinter jangan depend on (bergantung) sama Mama atau Papa nantinya," kata Nia Ramadhani yang dikutip dari Youtube Trans TV Official.

Selain itu, Nia juga mengingatkan agar Mikha tetap harus rendah hati untuk mau berbagi kepada orang yang membutuhkan. Tentunya hal ini diajarkan Nia agar Mikha bisa bertumbuh menjadi pribadi yang tidak sombong.

“Mama cuma ingin kasih tahu ke kamu, kalau Mikhayla hidupnya alhamdulillah, tapi Mikha tidak boleh lupa sama orang yang susah, pokoknya Mikha selalu inget Mikha selalu berbagi,” tutur Nia.

Itulah tadi hal penting yang bisa Mama petik dari cara Nia Ramadhani mengajarkan nilai-nilai kepada anaknya. Wah, meski Mama Nia ini kerap viral dengan berbagai hal sebelumnya tapi dalam urusan mendidik anak tidak sembarangan ya, Ma. Semangat terus Mama Nia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.