Makan 14 Mainan Magnet, Anak 6 Tahun Ini Harus Lalui 3 Operasi Usus

Mainan ini bahaya banget nih, Ma!

20 November 2018

Makan 14 Mainan Magnet, Anak 6 Tahun Ini Harus Lalui 3 Operasi Usus
Daily Mail

Malam Halloween mungkin menjadi malam yang paling dinanti bagi kebanyakan anak, terutama bagi mereka yang tak sabar mau makan permen dan cokelat!

Begitu juga dengan Mikah Arvidson, 6 tahun, yang tak sabar ingin mengenakan kostum Master Chief, tokoh dari video game Halo, saat Halloween.

Namun tepat di malam Halloween kemarin, anak dari Blake dan Aubrey Arvidson ini justru mengeluh sakit perut.

“Aku merasa tidak sehat, aku tidak sehat, perutku sangat sakit,” ujar Mikah berulang kali.

Blake dan Aubrey mengira putra bungsunya ini mungkin sakit perut karena jajan sembarangan, dan yakin itu hanya sakit perut biasa yang akan segera sembuh.

Namun ketika tiba-tiba Mikah muntah berkali-kali dalam semalam, Blake dan Aubrey sadar ada yang salah dengan putranya.

Sampai 3 hari kemudian, kondisi Mikah bukannya membaik, tetapi justru semakin menurun dan semakin sering muntah.

Akhirnya orangtua ini segera melarikan Mikah ke rumah sakit Primary Children’s Hospital, Salt Lake City, Amerika Serikat. Ini dilakukan tepatnya pada 3 November 2018 kemarin.

Setelah diperiksa, seisi rumah sakit sangat terkejut. Bagaimana tidak, ternyata ditemukan ada 14 magnet berukuran kecil di dalam perut Mikah.

Bagaimana mungkin ada 14 butir magnet di dalam perut anak 6 tahun? Baca kisah lengkapnya di bawah ini, Ma.

Awalnya Hanya Menyembunyikan Mainan

Awal Ha Menyembunyikan Mainan
Daily Mail

Setelah menemukan ada magnet di perut putranya, Aubrey tentu langsung menginterogasi Mikah tentang apa yang telah terjadi.

Akhirnya Mikah mengaku, kalau ia terpaksa menelan 14 butir magnet tersebut, karena takut dimarahi kakaknya jika ia tahu Mikah sedang memainkan mainan magnet tersebut.

Awalnya Mikah sedang diam-diam memainkan magnet milik kakaknya, Kurtis, 11 tahun. Namun tiba-tiba kakaknya datang.

Saat itulah anak kelas 1 SD ini terpaksa menyembunyikan magnet di dalam mulut, karena takut ketahuan kakaknya.

Berniat hanya menyembunyikan sementara, rupanya 14 magnet kecil berbentuk bulat itu meluncur ke dalam tenggorokan Mikah dan tertelan. Ya, 14 butir magnet, Ma!

Mikah kira ia hanya menelan satu atau dua butir saja, dan tidak mengira magnet tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

“Mikah bilang pada kami kalau ia kira ia hanya menelan satu atau dua butir magnet saja dan tidak memedulikan hal itu, kemudian hanya melupakannya begitu saja,” ungkap Aubrey.

Editors' Picks

Tiga Kali Operasi

Tiga Kali Operasi
Daily Mail/gofundme

Hingga dua minggu kemudian, Mikah masih dirawat intensif di rumah sakit. Dia bahkan tidak bisa makan dan minum, dan hingga kini telah melalui 3 operasi besar.

Tim dokter memberi Mikah pereda nyeri dan ia mulai diinfus. Berbagai tindakan medis sudah dilakukan. Mulai dari tes darah, pemeriksaan sinar X, hingga beberapa kali operasi.

“Saat pertama kali dilakukan pemeriksaan sinar X, dokter bertanya apakah celana Mikah ada retsletingny, karena ada sesuatu yang muncul di hasil pemeriksaan. Kemudian mereka memeriksanya lagi, dan benda itu masih ada di perut Mikah. Seisi ruangan mulai panik,” jelas Aubrey pada Daily Mail.

Akhirnya saat itu juga tim dokter mengoperasi perut Mikah, dan diketahui kalau benda seperti retsleting tersebut adalah 14 magnet kecil.

Belasan magnet tersebut telah menggumpal menjadi satu di dalam usus halus Mikah dan membuatnya bolong. Akibatnya, cairan empedu Mikah bocor ke area perutnya.

Zen Magnets

Zen Magnets
Freepik/mathnetism

Mainan magnet seperti apa sih yang dibuat begitu kecil dan tidak aman untuk anak-anak?

Mainan magnet itu adalah Zen Magnets, yang oleh produsennya diklaim sebagai mainan edukatif. Mainan ini terdiri dari puluhan butir magnet kecil, yang bisa dibentuk menjadi apa saja sesuai imajinasi anak.

Menurut Zen Magnets, mainan ini memang diciptakan untuk anak 14 tahun ke atas. Di situsnya sudah dituliskan himbauan untuk tidak membiarkan produk ini berada di dekat anak-anak di bawah 14 tahun atau binatang peliharaan, karena berpotensi menyebabkan tersedak.

Walau mainan ini sedang naik daun, namun ternyata sering memakan korban seperti Mikah lho, Ma. Sebuah investigasi dari US Consumer Product Safety Commission (CPSC) di 2012 menemukan fakta bahwa terjadi peningkatan kasus anak dan remaja yang menelan magnet tersebut sejak 2009.

CPSC pernah menuntut Zen Magnets dan produk sejenis bernama Buckyballs. Namun US Court for the Tenth Circuit hanya memutuskan Buckyballs yang harus melakukan penarikan produk dari pasaran.

“Magnet-magnet ini sangat berbahaya, dan Natal akan segera datang, kami tidak mau mainan ini menjadi hadiah Natal untuk anak-anak di seluruh dunia,” ungkap Aubrey pada Daily Mail.

Pastikan mainan untuk anak Mama sudah aman dan sesuai untuk usianya, ya.

Topic: