5 Jenis Vitamin Tulang Anak agar Tumbuh Maksimal

Tambahkan 5 asupan makanan ini untuk menunjang pertumbuhan dan kekuatan tulangnya

25 Juli 2019

5 Jenis Vitamin Tulang Anak agar Tumbuh Maksimal
freepik.com

Tulang merupakan komponen utama pembentuk rangka dalam tubuh manusia yang terdiri dari sel tulang, saraf, pembuluh darah, dan sumsum tulang. Untuk mendukung pertumbuhannya, tubuh memerlukan berbagai nutrisi utama seperti kalsium dan vitamin D, terutama di masa kanak-kanak.

Dalam proses pertumbuhan tulang, kalsium berperan untuk mendukung struktur tulang. Sedangkan vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium terutama di masa pertumbuhan. Di pasaran, banyak dijual vitamin pertumbuhan tulang. Tetapi, sebenarnya pertumbuhan tulang anak bisa dimaksimalkan lewat berbagai makanan bernutrisi. 

Ini dia 5 makanan rekomendasi Popmama.com yang mengandung vitamin dan kalsium yang mendorong pertumbuhan dan kekuatan tulang.

1. Susu dan yogurt

1. Susu yogurt
Pexels/Samer Daboul

Susu dan yogurt merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang anak. Jika dibandingkan dengan makanan lain, susu dan yogurt mengandung sekitar 30 persen kalsium yang diperlukan oleh tulang. Selain itu, susu dan yogurt juga mengandung vitamin D yang sama-sama memiliki manfaat penting bagi tulang di masa pertumbuhan anak. 

2. Bayam

2. Bayam
Pexels/Tookapic

Ingat tokoh kartun Popeye yang menjadi kuat setelah mengonsumsi bayam? Ya, itu bukan hanya dongeng semata lho, Ma. Faktanya, dalam satu satu cangkir bayam yang telah dimasak mengandung hampir 25 persen kebutuhan kalsium harian. Jumlah itu ditambah dengan kebaikan serat, zat besi, dan vitamin A di dalamnya.

Jadi, bagi anak tak bisa atau tidak mau minum susu, Mama dapat memenuhi kebutuhan kalsiumnya melalui sayuran hijau yang lezat ini.

Editors' Picks

3. Telur ayam

3. Telur ayam
Pexels/Tookapic

Telur bisa dibilang makanan yang jadi kesukaan setiap anak. Dalam sebutir telur, mengandung 6 persen nutrisi harian. Meskipun begitu, telur kaya vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Sayangnya, vitamin ini hanya ada pada kuning telurnya saja dan tidak terdapat pada putih telur. 
 

4. Keju

4. Keju
Pexels/Nastyasensei Sens

Selain susu dan yogurt, keju juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Hanya dengan mengonsumsi 40-50 gram keju, sudah memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium setiap harinya. Meski demikian bukan berarti anak dapat mengonsumsi keju secara berlebihan ya. Tetap batasi konsumsinya dan padukan dengan sumber nutrisi yang lain.

5. Salmon

5. Salmon
Pexels/Malidate van

Ikan berlemak seperti salmon mengandung vitamin D empat kali lebih banyak ketimbang makanan yang berasal dari produk nabati. Selain itu salmon dikenal karena dengan kandungan asam lemak omega-3 yang berperan dalam pembentukan struktur, fungsi, dan perkembangan tulang.

Kurangnya asupan nutrisi dapat membuat pertumbuhan tulang anak menjadi tidak optimal. Akibatnya, jangka waktu panjang akan dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis. Selain itu, dukung pertumbuhan tulang anak dengan berbagai aktivitas fisik serta kegiatan outdoor yang memungkinkan anak terpapar sinar matahari pagi.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.