Seru dan Menyehatkan, Inilah Manfaat Kelas Gymnastic untuk Anak

Tak hanya bermanfaat untuk fisik, tetapi juga untuk kehidupan sosial anak lho, Ma

23 Juni 2019

Seru Menyehatkan, Inilah Manfaat Kelas Gymnastic Anak
resilience.af.mil

Senam atau gymnastic adalah salah satu olahraga fisik yang belakangan ini ngetrend di kalangan anak-anak usia sekolah. Gymnastic menggabungkan kekuatan, fleksibilitas, kecepatan, keseimbangan dan koordinasi fisik. Selain itu, olahraga ini mengutamakan kedisiplinan, terutama pada anak.

Tak heran jika kemudian banyak kelas gymnastic untuk anak yang bermunculan terutama di kota-kota besar. Lantas, apa sebenarnya manfaat kelas gymnastic untuk anak? Dilansir dari livestrong.com, simak yuk pembahasannya berikut ini:
 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
clondalkinleisure.com

Mengikuti kelas gymnastic akan meningkatkan aktivitas fisik anak. Dengan demikian, tubuh anak akan selalu bugar, sehat, dan daya tahan tubuhnya meningkat. Selain itu, rutin melakukan aktivitas fisik di saat anak masih kecil akan membantu mengurangi terjadinya risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes saat ia beranjak dewasa. Tentu saja jika latihan fisik ini juga diimbangi dengan kedisiplinannya dalam menerapkan gaya hidup sehat di masa mendatang. 

2. Meningkatkan sosialisasi anak

2. Meningkatkan sosialisasi anak
Jcomp / Freepik

Tak hanya dapat dari segi kesehatan fisik, mengikutsertakan anak pada kelas gymnastic juga meningkatkan keterampilan menangani tantangan hidup, baik secara fisik maupun emosional. Dengan adanya kelas ini, anak juga mendapatkan kesempatan untuk belajar berkomunikasi dengan teman sebayanya dan orang dewasa selain orangtuanya. Termasuk mengajarkan kepadanya bagaimana bekerja sama dalam tim, dan terlibat dalam aktivitas bersama orang dewasa.

Kelas gymnastic mendorong anak belajar tentang keterampilan sosial. Misalnya: bagaimana saat mereka harus mendengarkan, mengikuti arahan pelatih, bergiliran, diam, dan menghormati orang lain. 

Editors' Picks

3. Komitmen dan Kedisiplinan

3. Komitmen Kedisiplinan
maxsportsandfitness.com

Kelas gymnastic mengajarkan anak tentang pentingnya komitmen dan disiplin dalam latihan. Terutama agar anak dapat berprestasi di bidang ini. Selain itu, berbagai aturan dan kode perilaku dalam olahraga ini dapat membantu anak-anak belajar tentang betapa pentingnya menaati aturan demi keselamatan diri sendiri.
 

4. Melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan

4. Melatih ketrampilan motorik, koordinasi keseimbangan
Freepik/Yanalya

Gymnastic membantu anak-anak membangun berbagai keterampilan motorik, koordinasi, serta bermanfaat dalam mengembangkan konsentrasi tubuh yang baik. Seorang anak yang mengikuti kelas gymnastic akan belajar bagaimana cara menggunakan setiap bagian tubuhnya dengan cara yang berbeda. Tak hanya itu saja, olahraga ini juga dipercaya dapat meningkatkan kegiatan fisik lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
 

5. Melatih kekuatan otot

5. Melatih kekuatan otot
freepik.com

Para pesenam selama ini terkenal dengan keseimbangan tubuhnya yang luar biasa. Karena itu dengan ikut kelas gymnastic sejak dini akan membantu membangun daya kekuatan otot, daya tahan tubuh, dan kekuatan fisik yang baik.

Menurut International Gymnastics School, anak-anak yang mengikuti kelas gymnastic akan cenderung lebih kuat secara fisik yang akan menunjang pengembangan otot yang ramping dan kencang, peningkatan keseimbangan tubuh dan postur tubuh yang lebih baik

Melihat begitu banyak manfaat dari kelas gymnastic untuk anak, apakah Mama tertarik untuk mengikutkan si Kecil di kelas ini?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!