TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

3 Pengobatan Alami Mengatasi Amandel pada Anak

Amandel bermasalah membuat anak mengalami demam tinggi dan kesulitan menelan

9 April 2019

3 Pengobatan Alami Mengatasi Amandel Anak
Freepik

Salah satu gangguan kesehatan yang seringkali muncul pada anak adalah radang amandel atau tonsilitis. Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan dan berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak.

Saat amandel terinfeksi virus atau bakteri, ia akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit di tenggorokan. Tak hanya itu, radang amandel juga menimbulkan gejala lainnya, seperti suara serak, demam, bau mulut, batuk dan bahkan sakit kepala. 

Jika si Anak mengalami gejala-gejala tersebut, langkah pertama yang dapat Mama lakukan adalah melakukan pemeriksaan amandel pada anak. Mama dapat melakukannya sendiri, kok. Caranya, minta anak untuk membuka mulutnya, lalu letakkan sendok di atas lidah, kemudian sinari bagian belakang tenggorokan dengan menggunakan senter.

Jika amandel terlihat bengkak dan merah, Mama bisa melakukan penanganan pertama, seperti yang dilansir dari healthline.com berikut ini.

Editors' Picks

1. Berkumur dengan air garam untuk meredakan nyeri

1. Berkumur air garam meredakan nyeri
Freepik/Awesome Content

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan karena radang tenggorokan. Garam dapur yang mengandung yodium diketahui mengandung antiseptik yang akan membantu membunuh kuman penyakit. 

Air dan garam membantu menyembuhkan luka juga. Saat radang, amandel seperti sariawan. Ada lapisan luka yang menyebabkan nyeri. Dengan berkumur air garam, garam akan menyerap cairan luka dan melapisinya dengan selaput antiseptik yang bisa menyembuhkannya. 

Campurkan kira-kira ½ sdt garam dapur beryodium dengan setengah cangkir air hangat lalu aduk hingga garam larut. Minta anak untuk berkumur dalam mulutnya selama beberapa detik, lalu buang air bekas kumuran itu. Lakukan hingga air habis dan kumur kembali dengan air biasa. 

2. Teh madu untuk membunuh bakteri

2. Teh madu membunuh bakteri
Pexels.com

Minuman hangat seperti teh dapat mengurangi rasa tak nyaman pada tenggorokan. Mama bisa menambahkan madu pada teh untuk membantu mengobati infeksi yang disebabkan karena radang amandel. Berikan teh madu hangat 2 kali sehari untuk membantu melegakan tenggorokannya.

Madu kaya akan nutrisi, sebuah penelitian dari Amerika Serikat menemukan 181 kandungan nutrisi dari satu sendok madu. Madu juga mengandung antioksidan dan antimikroba yang efektif membunuh kuman.  
 

3. Es krim untuk melegakan amandel

3. Es krim melegakan amandel
pexels.com/Min An

Pengobatan yang satu ini pasti disukai anak. Mama bisa memberikan es krim pada anak untuk memberikan sedikit rasa lega pada tenggorokan. Dengan teksturnya yang lembut, dingin, dan mudah untuk ditelan, es krim sangat aman untuk membantu meredakan radang amandel.

Saat radang, makan makanan panas akan menyebabkan nyeri berkepanjangan, dingin dari es mematikan rasa nyeri sesaat sehingga anak bisa menelan makanan. Es krim mengandung nutrisi juga karena terbuat dari susu sehingga bisa sedikit menggantikan kebutuhan energi tubuh anak karena radang menyebabkan nafsu makannya turun.

Ketiga cara alami tersebut telah terbukti secara efektif dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan memberi rasa nyaman pada tenggorokan bagi anak mengalami radang amandel. Selain itu biasanya dokter akan merekomendasikan pemberian obat jenis acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang ada. 

Namun, yang terpenting, bagaimanapun cara pengobatannya, yang terutama adalah memberikan banyak minum air putih pada anak agar tenggorokannya terasa nyaman. Pastikan si Anak beristirahat dengan baik untuk mempercepat pemulihannya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk