Pronasi Kaki, Kelainan yang Menyebabkan Kaki Condong ke Dalam

Anak dengan pronasi terlihat berbeda saat berjalan dan kondisi ini menyebabkan abnormalitas kaki

13 Mei 2020

Pronasi Kaki, Kelainan Menyebabkan Kaki Condong ke Dalam
Pexels/Dhyamis Kleber

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh bayi yang mendapatkan pemeriksaan secara rutin. Ada beberapa jenis kelainan kondisi kaki yang jika tidak ditangani sejak dini, akan menyebabkan kesulitan mobilitas anak di kemudian hari.

Salah satu kondisi kelainan kaki tersebut adalah pronasi kaki.

Berikut Popmama.com merangkum informasi seputar pronasi kaki, dilansir dari livestrong.com.

1. Apa itu Pronasi Kaki?

1. Apa itu Pronasi Kaki
Freepik/jcomp

Pronasi adalah kondisi kelainan kaki anak yang miring ke dalam. Anak yang mengalami pronasi kaki terlihat berbeda saat berjalan. Selain itu, pronasi dapat menyebabkan kaki abnormal.

Pronasi kaki bisa diobati dan paling baik ditangani sebelum anak berusia 5 tahun. Dengan mengenali dan mengetahui gejala-gejala awalnya, anak Mama bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan sesegera mungkin sebelum kondisinya semakin parah.

Editors' Picks

2. Tanda-tanda Pronasi Kaki

2. Tanda-tanda Pronasi Kaki
Freepik/Feelartfeelant

Mengidentifikasi tanda-tanda pronasi kaki bisa dilakukan dengan cara sederhana. Mintalah anak berdiri di depan Mama dan amati tumitnya.

Jika kakinya condong ke dalam atau tampak rata, bisa jadi ini tanda anak mengalami pronasi. 

Tanda lainnya yang tak boleh disepelekan adalah jika akan mengeluh sakit pada lututnya, terutama setelah beraktivitas. Ini dikarenakan tempurung lutut yang mengarah ke dalam.

Selain itu, jika Mama mendapati sol sepatu anak cepat aus, ini merupakan tanda sederhana adanya kelainan pada kaki anak. Pronasi kaki biasanya terlihat jelas tanda-tandanya setelah anak berusia 4 tahun.

3. Penyebab Pronasi Kaki

3. Penyebab Pronasi Kaki
Pixabay/FeeLoona

Menurut Our Health Network, pronasi kaki biasanya diderita secara turun-temurun. Bagaimana posisi kaki saat bayi dalam rahi juga dapat menentukan bagaimana kaki terbentuk. Ini merupakan cacat bawaan yang menyebabkan otot dan ligamen kaki lebih longgar sehingga posisi kaki agak masuk ke dalam. 

Secara alamiah, kaki anak memang cenderung datar dan lengkungannya akan berkembang seiring waktu. Inilah yang sering menyebabkan pronasi kaki sering disalahartikan sebagai kaki datar.

Jika lengkungan kaki anak mulai berkembang tetapi datar saat ia berdiri, ini adalah tanda bahwa anak Mama cenderung mengalami pronasi kaki, bukan kaki datar.

4. Penanganan Pronasi Kaki pada Anak

4. Penanganan Pronasi Kaki Anak
Pixabay.com/stevepb

Jika pronasi kaki tidak ditangani sejak dini, tulang dan otot di sekitar kaki akan tumbuh secara tidak normal. Akibatnya, anak bisa mengalami keseleo pergelangan kaki, nyeri lutut dan pinggul, nyeri punggung bawah, tendinitis, nyeri pada jari kaki dan nyeri otot.

Perawatan pronasi kaki pada anak tergantung pada usia dan tingkat keparahannya. Contoh perawatan untuk pronasi adalah menggunakan penyangga kaki yang dipakai di malam hari.

Dalam banyak kasus, penyangga ortotik adalah metode utama yang digunakan untuk melatih kaki agar pronasi tidak semakin parah.

Itulah penjelasan apa itu pronasi kaki, tanda-tandanya dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.