Jangan Ditunda, Gigi Anak yang Rapuh Harus Segera Dirawat

Karena kerusakan gigi pada anak bisa bertambah parah dan memengaruhi kesehatannya kelak

20 Agustus 2019

Jangan Ditunda, Gigi Anak Rapuh Harus Segera Dirawat
Freepik/Lunamarina

Banyak orangtua yang tak menyadari bahwa menjaga kesehatan gigi susu anak sama pentingnya dengan menjaga gigi permanennya. Meski sifatnya sementara, gigi susu juga bisa mengalami berbagai masalah.

Umumnya, kerusakan gigi pada anak seringkali ditandai dengan perubahan warna pada gigi. Hal ini merupakan indikasi awal yang pada akhirnya mengarah pada gigi terkelupas dan rapuh.

Masalah pada gigi susu juga menyakitkan dirasakan anak. Selain itu, perawatan gigi yang salah juga bisa membuat anak sulit membuka mulut dan bicara. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu aktivitas anak sehari-hari.

Apa penyebabnya dan bagaimana cara merawat gigi anak yang rapuh? Popmama.com merangkumnya dari livestrong.com berikut ini:

Editors' Picks

Tanda-tanda Gigi Anak Rapuh

Tanda-tanda Gigi Anak Rapuh
Freepik

Sebelum gigi permanen anak muncul, gigi susu sering dianggap sebagai gigi yang rapuh. Apalagi, jika gigi tersebut tampak berwarna coklat kehitaman dan muncul bintik putih atau kekuningan pada permukaannya. 

Kerusakan gigi pada anak bisa semakin parah jika tidak dirawat dengan baik. Sebab, perawatan gigi yang salah dapat menyebabkan gigi susu anak goyah, mudah patah serta sangat rentan terhadap pembusukkan.

Penyebab Gigi Anak Rapuh

Penyebab Gigi Anak Rapuh
Freepik

Menurut Genetics Home Reference, salah satu penyebab gigi rapuh pada anak adalah faktor genetik, yang dikenal dengan istilah dentinogenesis imperfecta. Dentinogenesis imperfecta adalah kasus kelainan struktur gigi yang dialami satu dari 6.000 anak. Faktor keturunan ini mengakibatkan terjadinya berbagai masalah pada gigi, seperti perubahan warna dan kerapuhan yang perlu bantuan dokter gigi untuk mendiagnosisnya.

Selain faktor genetik seperti yang telah disebutkan di atas, gigi rapuh pada anak juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk, misalnya lalai menyikat gigi sebelum tidur atau setelah mengonsumsi makanan manis.

Merawat dan Mencegah Gigi Anak agar Tidak Mudah Rapuh

Merawat Mencegah Gigi Anak agar Tidak Mudah Rapuh
Freepik

Jika ditemukan tanda-tanda gigi anak rapuh, tak ada cara lain selain mengajak anak untuk berkonsultasi pada dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan perawatan khusus. Untuk itulah, penting secara rutin memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi setiap enam bulan.

Perubahan gaya hidup juga penting dilakukan untuk menyelamatkan gigi anak dari kerapuhan. Dokter gigi akan mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar, dan mengapa penting menyikat gigi secara teratur. Selain itu, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan manis dan keras yang dapat memperburuk kondisi gigi anak.

Karena gigi adalah aset tubuh yang harus dijaga, yuk dirawat kekuatannya sejak dini.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.