6 Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak

Membersihkan telinga anak yang masih sensitif memang butuh kesabaran ekstra...

29 September 2018

6 Cara Tepat Membersihkan Telinga Anak
Pexels/Daria Shevtsova

Kotoran telinga adalah cairan kotor yang keluar dari dalam tubuh seseorang melalui telinga. Kotoran telinga merupakan kombinasi dari cerumen yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous dan berfungsi untuk menjaga kulit pada kelembaban telinga.

Kotoran telinga juga sel-sel kulit mati dari dalam telinga. Apabila terlalu lama mengendap di dalam telinga maka lama-kelamaan akan mengeras. Maka dari itu sebaiknya tidak menyepelekan kotoran telinga.

Kita harus menjaga kebersihan telinga, terutama pada anak. Sebagai orangtua harus tetap menjaga kebersihan telinga si Kecil.

Agar tidak terjadi penumpukan kotoran Mama bisa buat jadwal rutin untuk membersihkan telinga si Kecil. Tapi tentunya gampang-gampang susah membersihkan telinga anak-anak.

Untuk itu, Mama harus membersihkan kotoran telinga dengan cara yang aman. Di bawah ini beberapa cara tepat membersihkan telinga anak yang perlu Mama ketahui:

1. Siapkan peralatan

1. Siapkan peralatan
Pexels/Public Domain Pictures

Sebelum Mama membersihkan telinga bayi, langkah awalnya yaitu menyiapkan peralatan seperti kapas bulat, kain lembut, air hangat, dan lain-lain.

Jadi ketika Mama membersihkan telinga si Kecil tidak merasa kerepotan karena semua peralatan sudah siap.

2. Lakukan saat mandi

2. Lakukan saat mandi
Pexels/Henley Design Studio

Waktu yang tepat membersihkan telinga bayi ialah di saat mandi karena telinga anak cenderung basah dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Mama dapat meminimalisir terjadinya iritasi saat telinga anak basah dan lembab dibandingkan saat kering.

3. Hindari penggunaan cotton buds

3. Hindari penggunaan cotton buds
Pexels/Rakesh Naidu

Saat membersihkan telinga anak, sebaiknya jangan gunakan cutton buds. Pilihlah ukuran cutton buds yang khusus untuk telinga si Kecil, sedangkan pada bagian luar dan lipatan telinganya gunakan kain lembap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Cara ini akan membersihkan telinga dari akumulasi sel kulit mati. Bersihkan bagian dalam telinga dengan perlahan, bersihkan secara memutar ujungnya sedikit. 

Editors' Picks

4. Pakai baby oil

4. Pakai baby oil
Pexels/Pixabay

Dalam membersihkan telinga anak kecil terbilang gampang-gampang susah Mama sebaiknya memakai babyoil.

Formulanya yang khusus dibuat untuk kulit anak-anak dapat membuat telinga menjadi lembap. Penggunaan babyoil agar kotoran telinga menjadi lunak dan mudah dibersihkan.

5. Hati-hati

5. Hati-hati
Pexels/Pixabay

Bersihkan telinga si Kecil haruslah ekstra sabar. Cenderung bayi merasa tidak nyaman saat telinganya sedang dibersihkan, ia bisa lebih aktif bergerak.

Nah, pastikan anak mama dalam keadaan tenang dan sebaiknya bersihkan kotoran telinga secara perlahan dan hati-hati agar kotoran tidak terdorong ke dalam.

6. Bawa si Kecil ke dokter

6. Bawa si Kecil ke dokter
Pexels/Pixabay

Ada baiknya jika kotoran telinga menggumpal, Mama bisa gunakan cairan khusus yaitu karbogliserin. Tapi apabila Mama ragu untuk membersihkan telinga anak sebaiknya konsultasi ke dokter THT dan periksa telinga si Kecil secara rutin 6 bulan sekali. 

Telinga merupakan bagian yang sensitif dan kesensitifan yang tinggi dan mudah terluka maka harus membersihkan telinga anak dengan cara yang tepat. 

Baca juga: Kenali Gejala Infeksi Pada Telinga Si Kecil

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;