Cek 5 Daftar Makanan Terbaik untuk Balita dengan Pneumonia

Pengobatan alami membantu meringankan gejala pneumonia pada anak

10 November 2019

Cek 5 Daftar Makanan Terbaik Balita Pneumonia
Freepik

Kini orangtua perlu waspada. Di mana kasus batuk pilek semakin hebat, bahkan gejalanya menyebabkan anak kesulitan bernapas.

Bisa saja masalah kesehatan yang dideritanya mengindikasi ke arah penyakit yang lebih berat seperti radang paru atau pneumonia.

Sedangkan pneumonia adalah peradangan jaringan di salah satu atau kedua paru-paru. Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan benda-benda kimia yang terhirup ke saluran napas.

Diagnosis anak balita terkena pneumonia yakni memiliki frekuensi napas lebih dari usianya.

Asupan makanan yang bernutrisi sangat penting baginya. Nah, ini dia 5 daftar makanan yang baik untuk balita  dengan pneumonia. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com:

1. Buah citrus yang kaya akan vitamin C dan antioksidan

1. Buah citrus kaya akan vitamin C antioksidan
Unplash/Wouter Meijering

Sebagaimana diketahui, pneumonia merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan anak.

ETimes Entertainment memaparkan, menambahkan makanan seperti buah jeruk, lemon, kiwi dan jenis berry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam memerangi infeksi.

Di mana buah citrus kaya akan vitamin C untuk mendorong pemulihan yang cepat.

Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa melindungi tubuh si Kecil dari berbagai virus, bakteri dan radikal bebas yang bisa memicu komplikasi.

2. Gandum utuh kaya akan vitamin B, zink dan serat penting

2. Gandum utuh kaya akan vitamin B, zink serat penting
Freepik/Onlyyouqj

Ketika pneumonia diabaikan dan tidak diobati tepat waktu, alveoli paru dapat melemah sedemikian rupa dan kapasitas paru-parunya berkurang.

Dikutip dari Medical News Today, menggunakan campuran perawatan medis dan pengobatan rumahan dapat membantu banyak mengelola gejalanya dengan lebih mudah.

Caranya adalah memberikan anak makanan dari gandum utuh yang kaya akan vitamin B, zink dan serat penting untuk menjaga kelancaran pencernaan serta memberikan energi anak penderita pneumonia.

Lantas, makanan apa saja yang mengandung gandum utuh? Berikut daftarnya:

  • Roti gandum
  • Sereal
  • Oatmeal

Editors' Picks

3. Makanan penuh protein dapat memberikan energi

3. Makanan penuh protein dapat memberikan energi
Unplash/Changyoung Koh

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya bisa membantu menguragi gejalanya.

Nutrisi ini umumnya bisa diperoleh dari bahan pangan hewani seperti daging sapi dan unggas.

Avogel.ca menyarankan, bahwa nutrisi untuk penderita pneumonia yaitu dengan memberinya makanan kaya protein.

Pola makan tinggi kalori dan protein baik untuk anak balita penderita pneumonia, karena dapat memberikan energi, mencegah penurunan berat badan dan membantu memulihkan tubuhnya.

4. Makanan probiotik menghambat pertumbuhan patogen penyebab pneumonia

4. Makanan probiotik menghambat pertumbuhan patogen penyebab pneumonia
Freepik

Makanan yang mengandung probiotik bisa menghambat pertumbuhan patogen penyebab pneumonia.

Dilansir dari Drugs.com, cara memberi makan anak ketika dia sakit pneumonia adalah memberinya makanan yang mudah dicerna.

Jenis makanan yang mengandung probiotik adalah:

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik yang paling mudah didapat. Lactobacillus bulgaricus pada yoghurt mampu menghasilkan asam laktat yang membantu melawan bakteri buruk.

  • Kefir

Seperti yoghurt, kefir termasuk produk susu fermentasi yagn mengandung probiotik dan prebiotik. Kefir adalah hasil fermentasi susu kambing yang dicampur dengan kefir grain. Selain mengandung bakteri lactobacilli dan bifidus, kefir juga kaya akan antioksidan. Cobalah mengenalkan pada anak dengan minuman ini dalam porsi kecil. 

  • Tempe

Makanan yang biasanya jadi menu sehari-hari di Indonesia ini kaya akan probiotik. Berasal dari fermentasi kacang kedelai, tempe mengandung vitamin B12 untuk membantu membangun, memperbaiki otot dan membuat anak merasa kenyang.

5. Sayuran organik kaya akan vitamin dan mineral penting

5. Sayuran organik kaya akan vitamin mineral penting
Freepik/prostooleh

Makanan tidak menyembuhkan pneumonia, namun asupan yang bergizi dapat membantu memulihkan penyakit ini dan mencegah lebih banyak infeksi yang mungkin menyerang tubuh.

Menurut mtatva.com, makanan dan nutrisi untuk perawatan pneumonia ialah memberi anak banyak sayuran organik segar seperti selada, wortel, seledri, kembang kol, brokoli dan lobak.

Beberapa sayuran organik merupakan kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting untuk mendukung kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Itulah 5 rekomendasi makanan sehat untuk anak yang menderita pneumonia. Pastikan selalu mengonsultasikan kondisi si Kecil ke dokter jika pengobatan alami ini tidak dapat meringankan gejalanya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!