Kalau Si Kecil Sudah Melakukan Hal Ini, Mama Nggak Perlu Pengasuh Lagi

Wah, si kecil udah mulai beranjak dewasa nih, Ma

7 November 2018

Kalau Si Kecil Sudah Melakukan Hal Ini, Mama Nggak Perlu Pengasuh Lagi
Shutterstock/saranya33

Sekecil apapun prtumbuhan si kecil pasti menjadi fokus bagi Mama. Sampai-sampai setiap momen dari perkembangannya seakan nggak mau terlewatkan oleh Mama. Bahkan, untuk memastikan perkembangannya optimal dan selalu diawasi dengan baik, Mama nggak segan-segan untuk menggunakan jasa pengasuh untuk si kecil.

Tapi, Ma, sadar nggak sih seiring dengan perkembangan si kecil,semakin banyak hal yang ia pelajari yang mendukung kemandiriannya. Di momen ini, sebenarnya Mama sudah nggak lagi membutuhkan pengasuh apalagi dengan anak yang semakin mandiri. Berikut ini beberapa tanda jika si kecil mulai mandiri dan Mama bisa mulai nggak memerlukan jasa pengasuh lagi. Simak yuk, Ma!

1. Sering menunjukkan keberaniannya di momen-momen tertentu

1. Sering menunjukkan keberanian momen-momen tertentu
Shutterstock/Mykola Komarovskyy

Mama, pernahkah merasakan momen di mana si kecil menunjukkan bahwa ia suka bermain sepeda tanpa dituntun oleh Mama walau masih dalam batas pengawasan orangtuanya. Atau momen lain di mana si kecil berani maju ke depan saat perayaan ulang tahun sahabatnya? Jangan salah loh Ma, ini bisa jadi salah satu tanda yang paling terlihat saat si kecil mulai mandiri.

Saat si kecil mulai menunjukkan keberaniannya, Mama bisa memberikan dukungan positif dengan membiarkannya melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukannya, tentunya dengan pengawasan dari Mama.

2. Makan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain

2. Makan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain
Shutterstock/SK Elena

Tanda lainnya adalah saat si kecil merasa lebih bertanggung jawab atas dirinya sendiri Ma. Hal ini bisa Mama lihat dari perilakunya saat memakan makanannya loh, Ma. Anak yang mandiri akan cenderung lebih suka makan tanpa ada interupsi atau bantuan dari orang lain. Jika si kecil mulai menunjukkan perilaku ini, Mama nggak perlu khawatir makanannya akan belepotan ke mana-mana ya, apalagi hal ini baik untuk mendorongnya jadi lebih mandiri.

Editors' Picks

3. Si kecil lebih aktif bertanya dan mengeksplor hal-hal di sekitarnya

3. Si kecil lebih aktif berta mengeksplor hal-hal sekitarnya
Shutterstock/imtmphoto

Si kecil jadi lebih aktif bertanya tentang apa nama benda di sekitarnya, fungsinya, atau bagaimana cara kerjanya? Eits, jangan salah sangka bahwa anak Mama cerewet ya, Ma. Ini bisa jadi tanda bahwa si kecil mulai beranjak menjadi lebih mandiri loh, Ma. salah satu tandanya adalah bagaimana si kecil mulai punya rasa ingin tahu yang lebih besar dan ingin mengeksplor semua hal yang ada di sekitarnya sendiri. Dukung terus yuk Ma perkembangan si kecil!

4. Si kecil merasa tak bermasalah saat bermain sendiri

4. Si kecil merasa tak bermasalah saat bermain sendiri
Shutterstock/Mama Belle and the kids

Ada beberapa anak yang tetap membutuhkan orang yang berada di sekitar mereka saat mereka bermain. Namun, seorang anak yang mandiri akan tetap enjoy dengan hal-hal yang sedang ia mainkan. Mama bisa memastikan bahwa anak mama adalah anak yang mandiri saat si kecil bisa bermain sendiri dalam jangka waktu yang lama. Si kecil menunjukkan tanda ini ‘kah, Ma?

5. Lebih memilih mandi sendiri dan punya gaya busananya sendiri

5. Lebih memilih mandi sendiri pu gaya busana sendiri
Shutterstock/Jovan Nikolic

Seorang anak yang mulai mandiri juga mulai mengetahui hal-hal yang sifatnya personal loh, Ma. Nggak hanya berkaitan dengan hal-hal yang bersifat benda-benda kepemilikannya, tetapi juga bagaimana dia memberikan ruang untuknya sendiri terutama saat mandi dan memilih pakaiannya sendiri. Mama bisa loh membiarkannya melakukan aktivitas ini sendiri namun tetap memberikan pengawasan yang optimal untuknya.

Salah satu caranya untuk memastikan si kecil tetap aman di kamar mandi adalah dengan memberikan Eskulin Kids Mickey & Minnie 2in1 Hair & Body Wash untuknya. Selain formulanya aman dan Eskulin Kids dengan varian ini juga tidak perih di mata. Selain itu, varian ini juga praktis karena punya dua fungsi yaitu sampo dan sabun dalam satu botol yang sama. Selain itu dengan gambar Mickey dan Minnie di kemasannya, si kecil pasti akan lebih semangat mandi.

Jadi, bukan tidak mungkin ya, Ma untuk mendorong kemandirian si kecil dengan membiasakannya mandi sendiri. Apalagi sudah ada Eskulin Kids Mickey & Minnie 2in1 Hair & Body Wash yang aman untuk si kecil yang sedang belajar mandi sendiri. Nggak perlu ada yang dikhawatirkan ‘kan, Ma. Mandi sendiri? BISA DONG!

Nah, itu tadi beberapa tanda yang bisa menunjukkan si kecil sudah mandiri dan ini bisa jadi momen Mama nggak lagi membutuhkan jasa pengasuh. Yuk Ma, didik si kecil agar lebih mandiri!