Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Susu Penambah Nutrisi untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Memenuhi kecukupan nutrisi si Kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya

29 November 2022

9 Susu Penambah Nutrisi Anak 2 Tahun Susah Makan
Freepik/prostooleh

Di usia 2 tahun, anak mulai mencoba beragam pilihan makanan, mulai dari sayur, daging, ikan, buah, dan lain-lain. Banyak rasa baru yang masuk ke dalam mulutnya, membuat anak seringkali jadi susah makan hingga pilih-pilih makanan.

Anak yang picky eater ini, seringkali membuat Mama kewalahan dan dan kebingungan. Terutama tentang bagaimana kebutuhan asupan nutrisi dan gizinya.

Selain menyajikan menu yang bervariasi setiap hari, Mama juga harus memberikan susu pendamping untuk mencukupi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Jika Mama bingung memilih susu apa yang tepat untuk balita, kali ini Popmama.com telah menyiapkan 9 susu penambah nutrisi untuk anak 2 tahun yang susah makan.

Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Curcuma Plus

1. Curcuma Plus
Lazada.co.id

Mama mungkin sudah tak asing dengan vitamin Curcuma Plus yang dikenal untuk penambah nafsu makan, bukan?Nah merek yang satu ini juga mengeluarkan produk susu lho!

Sama halnya dengan vitamin sirupnya, Susu Curcuma Plus ini juga membantu si Kecil yang mengalami gangguan pola makan.

Kandungannya terdiri dari ekstrak temulawak, zat besi, protein, kalsium, 11 Vitamin dan 7 mineral yang bermanfaat untuk memenuhi nutrisi dan gizi pada anak yang sulit makan.

Susu yang diperuntukkan bagi anak usia 1-6 tahun ini, hadir dengan rasa vanila, cokelat dan madu, sehingga Mama dapat menyesuaikan dengan rasa favorit anak.

Harga Curcuma Plus mulai dari Rp. 94.500,- untuk ukuran 750gr.

2. Enfagrow A+ 3

2. Enfagrow A+ 3
Blibli.com

Susu Enfagrow A+ 3 ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, termasuk zat besi dan kalsium untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada balita.

Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan nutrisi esensial, yang akan membantu perkembangan sistem saraf pada anak. Susu yang diperuntukkan untuk usia 1-3 tahun ini juga mampu mengembalikan nafsu makan anak yang picky eater.

Harga Enfagrow A+ 3 mulai dari: Rp. 133.900,- untuk ukuran 400 gr.

3. Frisian Flag Primagro 1+

3. Frisian Flag Primagro 1+
frisianflag.com

Susu selanjutnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak adalah Frisian Flag Primagro 1+. Susu yang diperuntukkan untuk balita usia 1-3 tahun ini, cocok untuk anak-anak yang membutuhkan nutrisi tambahan.

Sebab, dalam produk ini terkandung 12 vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu juga ada kombinasi minyak ikan, zat besi, ALA, dan LA dapat membantu si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Susu ini memiliki tiga pilihan rasa yaitu cokelat, madu, dan vanila yang disukai anak-anak.

Harga Frisian Flag Primagro 1+ mulai dari: Rp. 50.000,- untuk ukuran 400 gr.

Editors' Picks

4. Lactogrow 3 

4. Lactogrow 3 
growhappy.co.id

Rekomendasi susu penambah nutrisi selanjutnya untuk anak 2 tahun adalah produk dari Lactogrow, yaitu Lactogrow 3  yang merupakan susu prebiotic dengan kandungan frukto oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida(GOS).

Jika dalam susu tambahan anak terdapat kedua kandungan tersebut, maka dipercaya dapat meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga saluran pencernaan akan lebih sehat. 

Selanjutnya jika diimbangi dengan makanan yang bergizi, saluran pencernaan yang sehat membuat imun anak menjadi lebih kuat serta menambah nafsu makannya. 

5. Morinaga Chil Kid Soya

5. Morinaga Chil Kid Soya
Shopee.co.id

Jika anak mama memiliki riwayat alergi susu sapi atau laktosa, ini tentu akan membuat Mama semakin kebingungan dalam hal memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk anak.

Namun, kini Mama tak perlu khawatir, karena ada Morinaga Chil Kid Soya yang ditujukan untuk anak-anak dengan masalah galaktosemia atau mereka yang alergi protein sapi.

Meski bukan terbuat dari susu sapi, susu soya ini memiliki kandungan nutrisi yang tak perlu diragukan lagi. Sebab susu ini mengombinasikan zat gizi makro dan mikro yang mampu mendukung pertumbuhan fisik atau kecerdasan multitalenta anak.

Harga Morinaga Chil Kid Soya mulai dari: Rp. 163.077 untuk ukuran 600 gr.

6. Nestlé NAN kid pHPro 3

6. Nestlé NAN kid pHPro 3
Shopee.co.id

NAN kid pHPro 3 merupakan salah satu susu penambah nutrisi untuk pertumbuhan anak usia 1-3 tahun. Jika anak mama suka pilih-pilih makanan, tak perlu khawatir lagi tentang asupan nutrisi yang dibutuhkannya.

Karena di dalam susu ini terkandung nutrisi yang lengkap dan tepat untuk anak, agar pertumbuhan badan dan otaknya optimal. Selain vitamin dan mineral, susu pertumbuhan ini diperkaya dengan probiotik Bifidobacterium lactis untuk kesehatan pencernaan anak.

Harga Nestlé NAN kid pHPro 3 dimulai dari: Rp. 312.000,- untuk ukuran 800g

7. PediaComplete

7. PediaComplete
pediasure.co.id

Jika anak mama susah makan, PediaComplete bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Susu yang satu ini mengandung mikronutrien dan makronutrien yang cukup lengkap. Mulai dari 14 Vitamin, 9 mineral, protein, lemak, serta karbohidrat.

Susu tinggi kalori untuk anak usia 1-10 tahun ini bahkan kandungannya disesuaikan dengan rekomendasi WHO, lho! Jadi ketika si Kecil susah makan dan pertumbuhan berat badannya kurang, cobalah berikan susu ini padanya.

Harga PediaComplete mulai dari: Rp. 160.000,- untuk ukuran 400gr.

8. S26 Nutrisure Gold

8. S26 Nutrisure Gold
Bukalapak.com

Susu S26 Nutrisure Gold dari Wyeth diformulasikan khusus untuk anak dari usia 1-10 tahun. Susu ini dapat diberikan untuk balita yang bermasalah dengan susah makan.

Kandungan pada susu anak ini terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, 12 vitamin dan 6 mineral yang semuanya sangat dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan.

Selain membantu meningkatkan  berat badan, susu ini juga mengandung DHA dan zat besi yang baik untuk masa pertumbuhan, khususnya untuk pertumbuhan tulang si Kecil.

Susu ini juga dapat diberikan pada balita apabila ia tidak ada masalah nafsu makan, namun berat badan masih di bawah rata-rata.

Harga S26 Nutrisure Gold ini mulai dari: Rp. 268.500,- untuk ukuran 900gr.

9. SGM Eksplor Presinutri

9. SGM Eksplor Presinutri
Lazada.co.id

Susu SGM Eksplor Presinutri merupakan susu pendamping yang diberikan kepada anak-anak setelah lepas dari ASI.

Susu yang disarankan untuk balita usia 1-3 tahun ini, dapat meningkatkan berat badan anak berkat kandungan whey protein-nya, yang dapat meningkatkan berat badan anak cepat namun tidak menyebabkan obesitas.

Tak hanya itu, susu ini memiliki kandungan lengkap seperti pengemulsi lesitin kedelai, sehingga cocok untuk anak-anak yang alergi susu. Kemudian juga ada kandungan sukrosa dan Vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsum dengan optimal untuk pembentukan tulang dan gigi.

Susu ini juga mampu menambah nafsu makan anak-anak yang suka pilih-pilih makanan. 

Harga SGM Eksplor Presinutri mulai dari: 42.000,- untuk ukuran 400gr.

Nah itulah daftar 9 susu penambah nutrisi untuk anak 2 tahun yang susah makan. Selain memberikan susu penambah nutrisi, penting bagi Mama untuk tetap mengkreasikan berbagai jenis menu agar si Kecil menjadi lebih bersahabat dengan berbagai rasa dari setiap makanan. 

Namun jika anak masih tidak nafsu makan hingga memengaruhi berat badannya, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter anak, agar mendapatkan perawatan atau penanganan yang sesuai dengan kondisi kesehatan anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk