Ma, Ini Cara Kenalkan Kasih Sayang Binatang pada Anak

Agar anak tumbuh penuh dengan kasih sayang!

23 Maret 2021

Ma, Ini Cara Kenalkan Kasih Sayang Binatang Anak
Pixabay/SarahRichterArt

Pusat Pengendalian Penyakit di situsnya membuat ulasan mengenai manfaat kesehatan dari memiliki hewan peliharaan. Beberapa di antaranya yaitu mengurangi stres dan bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan.

Studi baru juga mengonfirmasi bahwa anak-anak yang didorong untuk memiliki hubungan dengan hewan peliharaan, merasa lebih tanggung jawab, juga tumbuh penuh kasih sayang, dan komitmen terhadap perlakuan yang manusiawi terhadap hewan.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak untuk menyayangi hewan? Popmama.com merangkum dari beragai sumber akan mengulasnya.

1. Bacakan buku cerita

1. Bacakan buku cerita
Tokopedia.com

Pilih buku cerita tentang hewan atau fable, tokohnya merupakan hewan-hewan. Dengan membaca buku cerita, kamu bisa mengenalkan anak-anak kasih sayang kepada hewan.

Bukan hanya itu, anak-anak juga bisa mengenal beragam hewan melalui buku cerita. 

Editors' Picks

2. Ajak si Kecil bermain dengan binatang

2. Ajak si Kecil bermain binatang
Pexels/cottonbro

Anak-anak yang sangat kecil dapat "berlatih" berbagi kasih sayang dengan hewan saat mereka bermain. Berikut beberapa ide menyenangkan untuk waktu bermain di rumah:

  • Ajari si Kecil semua tentang perawatan hewan peliharaan dengan boneka binatang.
  • Jangan lupa untuk mengunjungi dokter hewan.
  • Dorong anak-anak untuk berbicara tentang perasaan "hewan peliharaan" mereka dan apa yang dibutuhkan "hewan peliharaan" mereka.

3. Habiskan waktu di alam

3. Habiskan waktu alam
Pexels/Josh Willink

Apakah kamu sedang berkemah, hiking, atau pergi ke taman bermain, pastikan kamu keluar dan menghabiskan waktu dengan memperhatikan udara segar.

Bertualanglah di museum dan situs budaya, atau melintasi taman!

Ada begitu banyak hal yang bisa keluarga kamu alami dengan menjelajahi alam di sekitar, termasuk menemukan hewan-hewan yang ada di luar rumah, seperti kupu-kupu atau burung.
 

4. Terlibatlah dengan penampungan hewan lokal

4. Terlibatlah penampungan hewan lokal
Pexels/Gustavo Fring

Organisasi-organisasi ini membutuhkan banyak bantuan untuk merawat hewan. Selain dana, juga butuh tenaga untuk mengurus hewan-ewan tersebut.

Anak-anak jadi dapat melihat langsung mengurus hewan. Dengan terlibat kegiatan ini, bisa memupuk kecintaan anak-anak pada hewan.

5. Ajak anak berpetualang kewan

5. Ajak anak berpetualang kewan
Pixabay/sasint

Alih-alih perjalanan keluarga seperti biasa, mengapa tidak menjadikan liburan kamu berikutnya sebagai petualangan hewan?

Misalnya, dengan memberikan makan hewan liar, seperti kucing atau anjing di jalanan. Dengan cara ini, anak-anak jadi bisa mulai menyayanhi hewan.

Bagaimana, mudah kan? Dengan cara-cara tersebut, anak-anak jadi terdorong untuk menyayangi semua makhluk hidup.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.