Happy Weekend! Ini Rekomendasi Kanal YouTube Seru untuk Anak 4-5 Tahun

Ada kanal YouTube favorit si Kecil?

27 Juli 2019

Happy Weekend Ini Rekomendasi Kanal YouTube Seru Anak 4-5 Tahun
cdn.techpp.com

Menonton video bisa jadi cara belajar menyenangkan untuk anak prasekolah yang berusia 4-5 tahun. Salah satunya tentu lewat YouTube. Bahkan, bagi beberapa keluarga, menonton video streaming sudah menggeser peran televisi.

Meski menonton video bisa jadi teman anak mengisi waktu, Mama tetap perlu ekstra waspada dan memantau video apa saja yang ia tonton ya. Jangan lupa untuk membatasi waktu menonton alias screen time dalam sehari. Imbangi pula dengan kegiatan atau permainan lain yang menstimulasi keterampilan belajarnya.

Untuk anak usia 4-5 tahun, 7 kanal YouTube berikut ini bisa jadi teman belajar seru lho. Apa sajakah itu?

1. Hot Wheels

Si Kecil penggemar berat Hot Wheels? Mama datang ke kanal yang tepat, yaitu Hot Wheels. Ada banyak pilihan playlist yang menampilkan keseruan bermain mobil die cast ini.

Namun, bukan hanya sekadar melihat produk terbaru atau terlaris milik produsen mainan asal Amerika Serikat.

Mama bisa membuka video Hot Wheels Labs dengan bahasa Indonesia. Ada banyak penjelasan “ilmiah” dari pergerakan mobil mainan ini.

Menariknya, semua hal tersebut dijelaskan dengan bahasa cukup mudah dimengerti anak. Secara nggak langsung, anak mempelajari sains lewat mobil-mobil yang ia mainkan.

2. Fun Cican

Kanal YouTube buatan animator andal, Wahyu Aditya ini mengangkat kehidupan sehari-hari Cican. Mengadopsi karakter kelinci, Cican akan membawa anak ke berbagai petualangan seru yang ia jalani.

Mulai dari menjelaskan soal transportasi, pergi ke museum, belajar gosok gigi, mengajarkan buang sampah pada tempatnya, hingga lagu-lagu anak bernada riang dengan lirik simpel.

Animasi sederhana dengan warna-warna sedikit soft tetapi menarik, bakal membuat anak betah menontonnya sambil belajar hal-hal baru.

Editors' Picks

3. Lagu Anak Indonesia BaLiTa

Animasi segar dengan tiga tokoh hewan lucu, Baba, Lili, dan Tata bakal menggoda si Kecil untuk terus bernyanyi dan belajar.

Lagu-lagu yang muncul di kanal YouTube ini banyak jenisnya. Ada yang merupakan remake lagu anak-anak legendaris dan sudah diaransemen ulang, ada pula lagu baru yang mengusung tema sehari-hari.

Lewat lagu-lagu itu, anak bisa belajar mengenal huruf, angka, benda-benda di sekitarnya, menyanyi, hingga mengembangkan imajinasi si Kecil. Dijamin, satu dua kali putar Mama dan si Kecil langsung hafal liriknya karena lagu-lagunya mudah diingat.

4. Riri Cerita Anak Interaktif

Ingin memperkenalkan anak pada dongeng atau cerita rakyat Indonesia? Mama bisa membuka kanal YouTube Riri Cerita Anak Interaktif.

Dikemas dalam bentuk animasi, si Kecil akan diajak berkenalan dengan tokoh-tokoh legenda rakyat, seperti Sangkuriang, Malin Kundang, Bawang Merah dan Bawang Putih, atau Keong Mas.

Ada pula cerita fabel klasik, seperti Kancil dan Pak Tani, dan cerita yang dibuat oleh tim Riri sendiri. Oya, selain berbentuk animasi, Riri juga punya aplikasi Android, Ma. Di aplikasi yang bisa dipasang di HP atau tablet, anak nggak hanya mendengarkan cerita, tetapi juga bisa bermain beberapa game seru.

5. Nat Geo Kids

Mama sering kewalahan menjawab 1001 pertanyaan anak? Langsung buka saja kanal Nat Geo Kids. Boleh dibilang, kanal ini versi video dari ensiklopedi tentang alam, binatang, sains, dan segala hal yang ingin si Kecil ketahui.

Selain mengetahui kehidupan binatang di alam bebas atau hewan peliharaan kesayangan mereka, ada pula video yang mengajak anak mendaur ulang atau membuat project Do It Yourself (DIY) sederhana.

Meski berbahasa Inggris, bahasa yang dipakai cukup mudah. Plus, Mama harus mendampingi anak agar ia bisa mengerti apa yang disampaikan dalam video tersebut ya.

6. Kids Learning Tube

Belajar pengetahuan baru lewat nyanyian dan animasi sekaligus bisa Mama jumpai di kanal Kids Learning Tube.

Berbagai materi yang biasanya bisa sedikit membosankan saat dibaca, bisa dipelajari lebih mudah oleh anak karena “dinyanyikan” oleh narator.

Mungkin sedikit terdengar aneh ya, Ma. Namun, kanal ini bisa jadi efektif untuk anak yang punya gaya belajar auditori.

Materi pelajarannya pun beragam, dari geografi, matematika, sejarah, fisika, hingga kimia! Mama tinggal pilih mana kira-kira materi yang cocok untuk usia si Kecil.

7. Omar dan Hana

Omar dan Hana merupakan animasi buatan negeri Jiran, Malaysia. Mengusung lagu anak-anak bertema Islam, anak bisa belajar banyak hal menarik sambil bernyanyi.

Mulai dari adab bertamu, mengucap basmalah dan hamdalah, bagaimana menjalin hubungan dengan tetangga, sampai berteman dengan siapa saja tanpa membedakan satu sama lain.

Lagu-lagunya riang, grafis animasi halus, dan dikemas dalam alur cerita menarik, serta sarat nilai-nilai islami. Cocok untuk menanamkan nilai sopan santun dan agama kepada anak sedini mungkin.

Itu dia 7 rekomendasi kanal YouTube untuk anak usia 4-5 tahun yang bisa jadi referensi Mama dan si Kecil. Adakah kanal favorit anak atau mungkin Mama punya rekomendasi lainnya? Share di sini, yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.