Bantu Anak Celebral Palsy Mendapatkan Nutrisi dengan 5 Makanan Ini

Berikanlah nutrisi yang anak butuhkan untuk berkembang

9 Februari 2020

Bantu Anak Celebral Palsy Mendapatkan Nutrisi dengan 5 Makanan Ini
duluthnewstribune.com

Anak-anak dengan cerebral palsy memiliki masalah dengan tonus otot, gerakan maupun keterampilan motoriknya.

Ini juga bisa membuat waktu makannya menjadi sulit. Pasalnya, banyak anak dengan cerebral palsy mengalami kekurangan gizi karena mengalami kesulitan dalam mengunyah atau menelan.

Dikutip dari Kids Health.org, anak celebral palsy membutuhkan nutrisi yang baik dan makanan sehat.

Tetapi kadang mereka mungkin membutuhkan kalori lebih banyak atau lebih sedikit. Itu tergantung pada tingkat aktivitas dan ketegangan ototnya.

Cobalah membantu anak celebral palsy mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dengan 5 makanan ini. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com

1. Alpukat memiliki persediaan lemak baik tidak terbatas

1. Alpukat memiliki persediaan lemak baik tidak terbatas
Pixabay/silverstylus

Alpukat adalah buah tinggi lemak dan kalori tinggi yang penuh dengan berbagai nutrisi. 

Mumma Love Organics.com memaparkan, apakah anak celebral palsy merasa sedih, pemarah dan gelisah? Solusinya cukup berikan mereka alpukat. Di mana alpukat memiliki persediaan lemak baik tidak terbatas sebagai penambah suasana hati.

Ya, lemak sehat yang disediakan oleh alpukat akan membuat anak celebral palsy menjadi riang gembira dan ceria sepanjang hari.

Bahkan alpukat juga kaya triptofan, vitamin B dan folat, asam lemak omega 9 untuk peningkatan kognisi dan kesehatan otak anak secara keseluruhan.

Editors' Picks

2. Gandum utuh membantu pencernaan jadi lebih sehat

2. Gandum utuh membantu pencernaan jadi lebih sehat
Pixabay/FotoshopTofs

Fosfor adalah mineral yang juga dibutuhkan anak celebral palsy dalam pembentukan kepadatan tulang dan giginya. Di mana fosfor bisa ditemukan pada gandum utuh.

Cerebral Palsy Guidance.com mengatakan, ada beberapa rencana diet yang terbukti bermanfaat bagi anak-anak dengan cerebral palsy. Ini terdiri dari makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Makanan tinggi lemak dan jenis serat makanan dari gandum utuh dapat membangun bakteri baik di usus anak. Selain itu juga membantu pencernaannya jadi lebih sehat.

3. Olive oil melindungi dinding usus anak

3. Olive oil melindungi dinding usus anak
Pixabay/stevepb

Minyak zaitun atau extra virgin termasuk salah satu bahan masakan yang harus dipakai untuk anak celebral palsy. Olive oil adalah rencana diet anak celebral palsy yang terbaik.

Di mana olive oil dapat melindungi dinding usus dan mengurangi keasaman lambungnya. Hal ini tentu meringankan sembelit dan membantu mereka untuk lebih mudah buang air besar.

Menurut Flint Rehab.com, olive oil bisa meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan di otak anak dalam mempromosikan pembentukan sel-sel otak baru dan juga untuk penyembuhan kerusakan otak.

Bahkan lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan daya ingat mereka.

4. Sayuran hijau sangat penting untuk diet anak celebral palsy

4. Sayuran hijau sangat penting diet anak celebral palsy
Pixabay/kkolosov

Sayuran hijau berwarna gelap sangat penting untuk diet anak celebral palsy. Hal ini karena sayuran hijau mengandung vitamin K untuk fungsi otak dan tulang yang kuat.

Fox News.com memberitahu, tujuan utama dalam diet adalah untuk menyediakan makanan berkualitas tinggi yang mudah dimakan anak celebral palsy. Nutrisi yang tepat yakni sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan seledri.

Sayuran hijau akan menambah vitamin, mineral dan serat yang dapat membantu anak mengatasi sembelit.

Bahkan anak celebral palsy yang secara teratur mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu mengatur masalah perilaku mereka.

5. Salmon merupakan sumber lemak omega 3 terbaik

5. Salmon merupakan sumber lemak omega 3 terbaik
Pixabay/robsonmelo

Mempertimbangkan salmon sebagai menu makanan anak celebral palsy adalah cara terbaik dalam memberikannya asupan vitamin D.

Selain itu salmon mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi untuk meningkatkan fungsi saraf dan perkembangan neuron di otaknya.

Joy Bauer.com menjelaskan, ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber lemak omega 3 terbaik yang telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak. Di mana omega 3, khususnya DHA merupakan komponen penting dari membran sel otak.

Bahkan anak celebral palsy yang sering konsumsi salmon mengalami peningkatan kinerja lebih baik di sekolahnya seperti membaca, mengeja dan memiliki lebih sedikit masalah perilaku.

Ya, itulah kelima daftar makanan yang baik untuk anak celebral palsy. Tentu makanan ini membantu anak tumbuh dengan baik dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.