Cari Tahu 5 Manfaat Menggambar bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Pajang hasil karya si Kecil yuk, Ma?

7 Maret 2019

Cari Tahu 5 Manfaat Menggambar bagi Tumbuh Kembang si Kecil
Freepik/yanadjana

Si Kecil suka menggambar?

Itu artinya ia memiliki bakat dalam berkarya. Nah, sebagai orangtua tentunya jangan sepelekan kegiatan menggambar mereka.

Tahukah Ma? Bahwa menggambar itu tidak hanya sekadar aktivitas menyenangkan baginya, tapi akan memengaruhi tumbuh kembang mereka di masa depan.

Di mana ia bisa mengasah kemampuan seni dengan mengeluarkan daya imajinasi dan kreativitasnya di atas kertas.

Lalu apa saja sih manfaat menggambar untuk anak-anak? Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai manfaat menggambar yang sudah dirangkum oleh Popmama.com!

1. Sebagai media berekspresi anak

1. Sebagai media berekspresi anak
Freepik

Menggambar adalah aktivitas dalam menuangkan segala daya imajinasi anak di bidang kosong.

Dengan menggambar maka si Kecil bisa mengungkapkan perasaan maupun emosi yang ia rasakan di selembar kertas. Entah itu senang, sedih atau marah. Sehingga saat menggambar mereka jadi lebih rileks.

Dapat dikatakan bahwa kegiatan menggambar adalah salah satu alternatif untuk mengurangi emosi negatif dalam diri si Kecil. Maka mereka pun dapat mengembangkan optimisme dan merasa lebih bahagia melalui menggambar.

2. Membantu anak mengenal warna

2. Membantu anak mengenal warna
Freepik/Bearfotos

Usianya yang masih kecil tentunya ia belum dapat menghapal semua jenis warna.

Nah, dengan kegiatan menggambar menggunakan spidol, krayon atau pensil warna maka dapat membantu anak mengenal banyak warna.

Melalui kegiatan menggambar, juga mampu membuat mereka membedakan berbagai macam warna.

Hal ini bisa mempermudah mereka dalam mengkombinasikan warna, sehingga membantu si kecil dalam berkreasi dan berimajinasi melalui warna.

Editors' Picks

3. Dapat dijadikan terapi

3. Dapat dijadikan terapi
Freepik

Ma, ternyata anak yang sering menghabiskan waktunya dengan menggambar bisa dijadikan sebagai media terapi lho.

Bagi anak-anak yang memiliki gangguan kesehatan mental seperti perilaku rasa cemas atau takut berlebihan dengan cara menggigit, membenturkan kepala atau cepat marah, maka menggambar bisa dijadikan sebagai media terapi.

Dengan kegiatan menggambar, dapat mengurangi perilaku tersebut dan memulihkan anak-anak dari rasa trauma atau kondisi psikisnya setelah mengalami suatu peristiwa.

4. Membantu koordinasi tangan dan matanya

4. Membantu koordinasi tangan matanya
Freepik

Kegiatan menggambar memerlukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan bukan.

Dengan anak suka menggambar, ia pun tahu bagaimana cara yang tepat dalam menggenggam pensil atau krayon dan menggoreskannya di atas kertas putih.

Kemampuan inilah yang akan melatih koordinasi antara mata dan tangannya. Maka menggambar dapat meningkatkan kreativitasnya dalam mewujudkan berbagai imajinasi yang ada di otaknya pada sebuah kertas dan warna.

Sudah barang tentu kegiatan menggambar dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangannya. Di mana saat si Kecil menggambar juga bisa mengembangkan kemampuan motoriknya.

5. Melatih kesabaran

5. Melatih kesabaran
Freepik

Dengan kegiatan menggambar, disitulah anak akan berlatih kesabaran dalam menyelesaikan hasil karya sesuai imajinasinya.

Jadi menggambar akan melatih kesabaran sang buah hati, karena kegiatan ini bisa melalui membuat pola gambarnya terlebih dahulu yang kemudian melakukan proses mewarnai.

Dengan kesabarannya dalam menghasilkan sebuah karya dan memadukan warna yang tepat, ia pun mendapatkan hasil terbaik tanpa terburu-buru.

Banyak bukan manfaat dari menggambar bagi perkembangan anak. Selanjutnya orangtua bisa mengikutsertakan sang buah hati menggambar sejak dini.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!