Raffi Ahmad dan Nagita Kaget Ada Benjolan di Bawah Lidah Rafathar

Kira-kira benjolan itu apa ya, Ma?

11 Mei 2020

Raffi Ahmad Nagita Kaget Ada Benjolan Bawah Lidah Rafathar
Instagram.com/raffinagita1717

Kabar kurang bahagia datang dari keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, pasalnya putra pertama mereka yang bernama Rafathar Malik Ahmad dikabarkan sedang sakit. 

Ada benjolan yang muncul di bawah lidah Rafathar membuat Nagita menjadi panik terhadap kesehatan anaknya. 

"Jadi pagi ini, gue dapat kabar dari Gigi kalau Rafathar ternyata tiba-tiba bilang ada benjolan di bawah lidahnya," kata Raffi dikutip dari vlog Rans Entertainment, Senin (11/5/2020). 

Berdasarkan vlog yang diunggah oleh Rans Entertainment dengan video berjudul "Rafathar Harus Dioperasi? Raffi Mau Jual Rumah Bujangan di Lebak Bulus", Raffi dan sang Istri berusaha saling menguatkan satu sama lain agar putra mereka juga tak menjadi panik. 

Terkait dengan benjolan yang muncul di bawah lidah Rafathar, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya. 

Demi kesehatan anak, disimak yuk!

Editors' Picks

1. Sebagai Papa, Raffi Ahmad berusaha menenangkan Rafathar

1. Sebagai Papa, Raffi Ahmad berusaha menenangkan Rafathar
Youtube.com/Rans Entertainment

Benjolan yang muncul di bawah lidah, umumnya seringkali menimbulkan rasa mengganjal yang ditimbulkannya apalagi jika dirasakan oleh anak-anak. Bahkan dapat memicu si Kecil menjadi sulit makan dan berbicara. 

Tak jarang juga benjolan tersebut akan disertai dengan rasa nyeri atau timbulnya luka. 

Terkait dengan munculnya benjolan di bawah lidah Rafathar, Raffi justru terlihat menenangkan istrinya yang panik. 

"Ya harus cek ke dokter itu karena takutnya kista, kista lidah," ucap Nagita pada Raffi. 

Menurut Nagita sendiri yang baru saja berkonsultasi online dengan dokter, benjolan tersebut bisa saja terjadi akibat luka karena tergigit. 

"Kalau misalnya ke dokter biar sembuh nanti diambil itunya (benjolan kecil di bawah lidah). Nggak apa-apa ya nanti di operasi kecil?" kata Raffi. 

Tak hanya menenangkan istrinya saja, namun Raffi juga memberikan pengertian kepada jagoan kecilnya perihal benjolan tersebut. 

Ketika kembali menghubungi dokter via telepon untuk mengetahui lebih dalam mengenai benjolan yang muncul, maka diketahui bahwa yang dialami oleh Rafathar mirip seperti mucocele. 

Perlu diketahui bahwa mucocele adalah benjolan yang berada di rongga mulut, bisa muncul di atas atau bawah. Tak menutup kemungkinan kalau mucocele bisa muncul di bawah lidah. 

Mucocele disebabkan oleh trauma yang dialami kelenjar ludah, sehingga memic kelenjar ludah tidak dapat berproses dan mengalir sebagaimana mestinya.

Menurut penjelasan dari dokter yang dihubungi oleh Nagita dan Raffi, ada kemungkinan bahwa tidak perlu ada tindakan operasi jika benjolan tersebut benar-benar mucocele. 

"Kalau pun harus ada tindakan operasi itu kalau ranula, tetapi kalau mucocele dia cenderung lebih bisa dikonservatif. Pakai salep aja, nggak mesti harus tindakan," ucap dokter yang dihubungi oleh Nagita. 

2. Apa saja faktor yang memicu munculnya benjolan di bawah lidah?

2. Apa saja faktor memicu muncul benjolan bawah lidah
Webmd.com

Jika berbicara mengenai kondisi di dalam mulut, tak hanya kesehatan gigi yang memang perlu diperhatikan. Lidah menjadi bagian mulut yang seharusnya tidak diabaikan kebersihan serta kesehatannya. 

Ada berbagai dampak buruk yang dapat terjadi ketika terlalu menyepelekan kondisi kesehatan dan kebersihan lidah, termasuk munculnya benjolan. 

Kemunculan benjolan di bawah lidah bisa terjadi karena berbagai faktor pemicu. Berikut beberapa penyakit yang bisa saja terjadi akibat adanya benjolan di bawah lindah, antara lain: 

  • Cedera lidah

Cedera lidah pada anak-anak bisa saja terjadi, sehingga ketika mengalami cedera memicu lidah menjadi bengkak. Benjolan di bawah lidah dapat muncul ketika anak tidak sengaja menggigit lidah saat mengunyah makanan. 

Ketika lidah tergigit, maka benjolan bisa muncul usai beberapa hari. 

  • Ranula atau kista akibat kelenjar air liur

Ranula bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya benjolan di bawah lidah. Hal ini bisa terjadi akibat kelenjar air liur yang tersumbat di dalam mulut. 

Warna benjolan pun ada yang terlihat bening atau kebiruan. 

Ukuran benjolan yang terjadi pada bagian lidah anak bisa bervariasi tergantung kondisi kesehatannya. Bahkan ukuran tersebut akan berpengaruh terhadap penanganan yang harus dilakukan oleh dokter. 

  • Kanker lidah 

Di beberapa kasus yang pernah ditemui, benjolan pada bagian lidah bisa disebabkan karena kanker lidah. Tekstur benjolan bisa terasa keras, namun tidak menimbulkan rasa nyeri di awal kemunculan. 

Benjolan di sekitar lidah akibat kanker lidah bisa bisa berwarna abu-abu, merah muda atau merah.

  • Kanker kelenjar air liur 

Kanker kelenjar air liur bisa menjadi faktor lain munculnya benjolan di bawah lidah. Kanker kelenjar ludah bisa saja muncul tanpa diawali dengan gejala tertentu. 

Kanker ini dapat ditemukan pada kelenjar liur di area bawah telinga bagian depan (kelenjar parotis), kanker kelenjar air liur juga dapat terjadi pada kelenjar submandibular (dasar mulut, di bawah tulang rahang) dan sublingual (di setiap sisi lidah dan mulut).

Dalam penanganan kanker kelenjar air liur, maka perlu melakukan beberapa tindakan mulai dari kemoterapi, radioterapi, bahkan pembedahan. Penanganan ini bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran sel kanker. 

Perlu Mama ketahui bahwa masalah benjolan yang muncul di bawah lidah bisa terjadi tergolong ringan hingga telah berada di kondisi yang serius. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter bila tiba-tiba muncul benjolan di bawah lidah anak. 

3. Bagaimana menjaga kondisi kesehatan lidah ketika ada benjolan yang muncul? 

3. Bagaimana menjaga kondisi kesehatan lidah ketika ada benjolan muncul 
Freepik

Setiap orangtua pasti akan panik ketika mengetahui anaknya sedang sakit. Hanya saja, Mama tetap perlu bersikap tenang agar si Kecil juga tidak menjadi panik terkait kondisi kesehatannya. 

Jika ada benjolan yang muncul di bawah lidah atau bagian sekitarnya, maka Mama perlu sekali tetap menjaga kesehatan mulut anak agar tetap bersih. 

Ada beberapa hal yang pernuh diperhatikan agar kondisi benjolan di bawah lidah tidak semakin parah, antara lain: 

  • Menyikat gigi minimal 2-3 kali sehari, termasuk sebelum tidur. Ketika malas menyikat gigi sebelum tidur akan berpengaruh butuk untuk kesehatan anak. 
  • Pastikan anak berkumur hingga bersih usai menyikat gigi. Berkumur bisa membantu melawan bakteri pada seluruh area mulut. 
  • Lakukanlah pemeriksan gigi secara rutin, setidaknya dua kali dalam setahun. Hal ini membantu agar kondisi kesehatan mulut anak bisa terus dijaga. 
  • Hindari makanan yang membuat benjolan di bawah lindah menjadi iritasi. Pastikan anak tidak mengonsumsi makanan yang asam dan pedas. 
  • Batasi anak untuk mengonsumsi camiln dan makanan manis, sehingga mengurangi penyumbatan gula di area mulut yang masih tersisa. 

Demi menjaga kesehatan mulut si Kecil, orangtua perlu terlibat apalagi untuk usia anak-anak yang masih perlu diarahkan. 

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan terkait kondisi kesehatan Rafathar. Mengenai benjolan di bawah lidah yang dapat terjadi pada anak-anak, Mama perlu tetap memerhatikan kesehatan serta kebersihan mulutnya. 

Apabila kondisi kesehatan anak diperhatikan dengan baik, maka jika ada benjolan di bawah lidah dapat segera diketahui. Hal ini tentunya akan semakin cepat juga dikonsultasikan kepada dokter anak. 

Selalu perhatikan kesehatan anak yuk, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.