5 Manfaat Baik Anak Laki-Laki Dekat dengan Mamanya, Lebih Berempati

Anak laki-laki lebih dekat dengan Mama? Ini manfaat baiknya!

7 Oktober 2021

5 Manfaat Baik Anak Laki-Laki Dekat Mamanya, Lebih Berempati
Freepik

Mungkin Mama sudah sering kali mendengar kalimat seperti, "anak perempuan pasti lebih dekat dengan Papanya" atau pun sebaliknya "anak laki-laki pasti lebih dekat dengan sosok Mama dibanding Papa".

Ungkapan seperti itu rupanya masih banyak dialami oleh sebagian orangtua lho. Jika Mama mengalami hal serupa, tak ada salahnya kok anak lebih dekat ke salah satu sosok orangtuanya. Begitu pula pada anak laki-laki dengan Mamanya. 

Anak laki-laki yang lebih dekat dengan sosok Mama ternyata memiliki manfaat baik tersendiri bagi tumbuh kembangnya lho! Apa saja ya kira-kira? Yuk, simak ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Bertanggung jawab akan keluarganya

1. Bertanggung jawab akan keluarganya
Pexels/amber currin

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat baik anak laki-laki yang dekat dengan Mamanya adalah mereka memiliki jiwa kepedulian yang lebih tinggi.

Ketika anak laki-laki mama dekat dengan Mama, maka kelak nanti ia akan menjadi lelaki yang bersedia untuk membantu dan tidak malu untuk ikut menyelesaikan pekerjaan perempuan di rumah. 

Selain itu, ini juga akan membuat anak lebih mudah memahami dan mengerti perasaan perempuan. Bukan tak mungkin jika saat dewasa nanti, mereka menjadi sosok yang bertanggung jawab akan kelaurganya.

Editors' Picks

2. Lebih berempati dan pandai mengendalikan emosi

2. Lebih berempati pandai mengendalikan emosi
Pexels/Ketut Subiyanto

Anak laki-laki umumnya cenderung lebih terbuka mengenai apapun yang ia rasakan kepada sang Mama, dibanding dengan Papanya. Ia akan mudah mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan untuk ia tuangkan kepada Mamanya.

Ketika anak laki-laki bersikap terbuka pada sang Mama, umumnya mereka akan mendapat balasan pelukan maupun kata-kata motivasi yang menenangkan. Ketika anak mendapatkan hal itu dari Mamanya, ini terbukti dapat meningkatkan kepekaan serta rasa simpati dan empati anak terhadap orang lain.

Pelukan yang diberikan Mama kepada anak secara ilmiah dapat meningkatkan hormon oksitosin anak yang berfungi untuk menghasilkan perasaan tenang, bahagia, serta membantu mengeluarkan zat berbahaya dari otak.

Nggak heran jika anak laki-laki yang dekat dengan Mama, ia akan menjadi sosok yang lebih berempati dan pandai mengendalikan emosi.

3. Nilai dalam akademis lebih baik

3. Nilai dalam akademis lebih baik
Freepik/fwstudio

Sosok laki-laki umumnya lebih sulit mengungkapkan perasaan mereka. Terlebih ketika anak laki-laki mama menghadapi permasalahan dalam sekolah atau akademik.

Inilah manfaat baik dari adanya kedekatan antara anak laki-laki dengan sosok Mama. Mereka yang terbuka mengenai permasalahan di sekolah, biasanya mendapat solusi yang bisa ia praktikan dari sudut pandang orangtuanya.

Selain itu, kedekatan antara anak laki-laki dengan Mama juga dapat membantu anak bermain peran. Di mana sang Mama bisa berperan sebagai tutor selama di rumah dan membantu nilai akademis anak menjadi lebih baik.

4. Karir yang cemerlang di masa depan

4. Karir cemerlang masa depan
Freepik/Racool-studio

Seperti poin sebelumnya, anak laki-laki yang dekat dengan sosok Mama adalah mereka yang lebih komunikatif dan terbuka akan hal sekitar. Ini juga akan membuat anak tumbuh kuat secara mental, Ma.

Hal-hal seperti itu akan sangat berguna dalam bidang pekerjaan di masa depan nanti. Memiliki anak dengan sikap terbuka, mental baja, serta berani mengutarakan pendapatnya dengan benar tentu akan memudahkan mereka mendapatkan karir cemerlang nantinya.

5. Memahami arti dari maskulinitas

5. Memahami arti dari maskulinitas
Freepik/Racool_studio

Apa yang ada dibenak Mama jika mendengar kata maskulinitas? Mungkin kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan kondisi lelaki yang memiliki fisik baik, berkepribadian dingin, tegas, bahkan keras kepala.

Namun kata tersebut akan berubah ketika anak laki-laki cenderung lebih dekat dengan Mamanya. Saat anak mama lebih dekat pada Mama dibanding Papa, ia akan lebih memahami indikator maskulinitas seperti halnya tidak pantang menyerah, bijak, bertanggung jawab, saling menghargai pendapat tanpa menjatuhkan, bahkan juga lebih peka akan sekitarnya.

Nah, itu dia manfaat baik dari kedekatan yang terbentuk antara anak laki-laki dengan Mamanya. Meski sering disebut dengan konotasi negatif berupa 'anak mama banget', ternyata kedekatan ini juga membawa manfaat baik untuk tumbuh kembang mereka kok, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.