5 Cara Mengatasi Ketombe Berminyak yang Bikin Kepala Gatal

Sudah coba cara-cara ini belum, Ma?

4 Mei 2021

5 Cara Mengatasi Ketombe Berminyak Bikin Kepala Gatal
Pexels/Helena Ije

Ketombe biasanya muncul karena kita mengalami perubahan pola makan, produk sampo yang dikenakan, bahkan sampai dengan perubahan iklim.

Terdapat satu jenis ketombe yang seringkali dijumpai oleh banyak orang, yaitu ketombe berminyak yang biasanya tampak berwarna kuning dan menempel di kulit kepala.

Ketombe berminyak ini merupakan bentuk dari peradangan kulit dimana tubuh memproduksi sel-sel kulit dan juga sebum secara berlebihan, sehingga menyebabkan pengelupasan kulit kepala yang parah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali iniPopmama.com telah merangkum 5 cara untuk mengatasi masalah ketombe berminyak. Yuk, disimak!

1. Menggunakan scrub untuk kulit kepala

1. Menggunakan scrub kulit kepala
Freepik/cookie_studio

Menggunakan scrub untuk menghilangkan kotoran yang ada di kulit kepala adalah hal umum yang seringkali dilakukan. Scrub kepala dapat membantu untuk menghilangkan minyak berlebih dan juga dapat menjaga kelembapan kulit kepala.

Selain itu, menggunakan scrub kulit kepala mempermudah proses pengelupasan kulit mati yang ada pada kepala. Kegiatan ini juga dapat menghilangkan penumpukan ketombe yang berlebih dan menyeimbangkan kembali tingkat Ph kulit kepala.

Namun, perlu diingat untuk tidak menggosoknya terlalu kencang karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi terluka dan iritasi.

Editors' Picks

2. Mengganti sampo biasa menjadi sampo khusus

2. Mengganti sampo biasa menjadi sampo khusus
Freepik/Torwaiphoto

Keramas memiliki peran pening dalam melakukan perawatan terhadap rambut dan juga kulit kepala. Untuk mengatasi masalah ketombe berminyak, gunakan sampo yang memiliki kandungan anti jamur di dalamnya.

Produk sampo dengan kandungan seperti rosemary dan lavender dapat menghentikan pertumbuhan mikroba dan membantu mencegah produksi sel kulit mati berlebih.

Selain itu, bisa juga menggunakan sampo yang mengandung minyak jojoba atau lidah buaya untuk mengurangi peradangan pada kulit kepala.

3. Jangan melupakan rutinitas mencuci rambut

3. Jangan melupakan rutinitas mencuci rambut
today.com

Idealnya mencuci rambut dilakukan sebanyak 1x dalam dua hari untuk menghindari terkikisnya minyak alami yang ada pada kulit kepala.

Namun, jika memiliki masalah ketombe berminyak seperti ini ada baiknya jika mencuci rambut setiap hati dengan sampo atau kondisioner yang sesuai dengan kondisi kulit.

Jika masalah ketombe berminyak sudah menghilang, kembalikan rutinitas mencuci rambut sebanyak 1x dalam dua hari untuk tetap menjaga kelembapan pada kulit kepala.

4. Melakukan perawatan kulit kepala secara teratur

4. Melakukan perawatan kulit kepala secara teratur
Freepik/Katemangostar

Perawatan kulit kepala seperti memakai masker rambut juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengatasi masalah ketombe berminyak ini.

Pada saat pemakaian masker rambut, dapat juga dilakukan pemijatan kulit kepala secara halus agar kandungan yang ada dapat terserap dengan baik ke kulit kepala.

Lakukan perawatan ini selama 45 menit kemudian tutup kepala dengan menggunakan anduk hangat baru setelahnya dibilas dengan menggunakan sampo atau kondisioner dengan kandungan khusus untuk kepala dengan ketombe berminyak.

5. Hentikan penggunaan produk sampo tanpa bilas

5. Hentikan penggunaan produk sampo tanpa bilas
Freepik

Pada saat sedang mengalami masalah ketombe berminyak seperti ini ada baiknya jika menghentikan penggunaan produk perawatan instan seperti sampo tanpa bilas atau kondisioner tanpa bilas.

Produk berbahan kimia yang mengandung alkohol akan mengendap dan tertinggal di area kulit kepala yang mengalami masalah ketombe berminyak.

Jika dalam kurun waktu tiga sampai empat minggu belum juga mengalami perubahan setelah melakukan cara-cara yang telah disebutkan, ada baiknya jika langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Untuk mendapatkan perawatan lanjutan yang dapat menghilangkan ketombe berminyak. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.