9 Film Animasi Pemenang Oscar yang Wajib Ditonton Bareng Si Kecil

Selain punya kualitas baik, film ini juga punya jalan cerita yang seru!

12 Februari 2019

9 Film Animasi Pemenang Oscar Wajib Ditonton Bareng Si Kecil
IMDb.com/Toy Story 3

Sedang mencari hiburan untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil, Ma? Menonton film bersama-sama mungkin bisa menjadi salah satu alternatif.

Beberapa judul film animasi  Oscar juga bisa menjadi pilihan yang Mama dan si Kecil tonton. Film-film ini selain punya kualitas gambar dan suara yang baik, jalan ceritanya juga seru sekaligus mengharukan.

Selain itu, ada banyak pelajaran yang juga bisa diajarkan untuk si Kecil melalui jalan cerita dan tokoh-tokoh di film ini lho, Ma.

Berikut rekomendasi daftar film animasi Oscar dari Popmama.com yang pernah menang dan wajib ditonton:

1. Coco

1. Coco
IMDb.com/Coco

Coco adalah film animasi yang rilis tahun 2017 dan diproduksi oleh Pixar dan Walt Disney Pictures. Film animasi pemenang Oscar tahun 2018 ini memang layak menjadi pilihan tontonan keluarga. Beberapa nama pengisi suara dari film ini di antaranya Anthony Gonzalez, Gael Garcia Bernal, Benjamin Bratt dan Renee Victor.

Menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Miguel, yang punya mimpi untuk bisa menjadi seorang musisi. Sampai akhirnya ia secara ajaib bisa masuk ke dalam alam kematian dan bertemu dengan nenek moyangnya.

Akankah ia mampu mewujudkan mimpi dan menyelesaikan semua masalah yang dihadapinya? Yuk Ma tonton Coco bareng si Kecil!

Baca juga: Ini 6 Fakta Seru dari Film Coco dan Alasannya Dapat Oscar 2018

2. Zootopia

2. Zootopia
IMDb.com/Zootopia

Jika si Kecil sangat menyukai binatang, film Zootopia bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, lho. Alasannya, tokoh-tokoh dalam film ini semuanya adalah binatang. Mulai dari kelinci, rubah, kerbau, panda, singa, hingga sloth.

Sederet nama yang mengisi suara dalam film animasi ini di antaranya Ginnifer Goodwin, Jason Baterman, serta Shakira dan Kristen Bell.

Film ini berkisah tentang kelinci bernama Judy Hoops yang sejak kecil memiliki impian untuk menjadi seorang polisi. Meski awalnya sempat diremehkan, Judy akhirnya berhasil diterima di kepolisian.

Namun demikian, kemampuannya justru kian diremehkan sampai akhirnya Judy dipindahtugas ke bagian parkir kendaraan. Seperti apa ya kelanjutan cerita Judy? Jangan lupa tonton Zootopia, Ma!

Baca juga: 10 Film Animasi yang Bisa Membentuk Karakter Baik

3. Inside Out

3. Inside Out
IMDb.com/Inside Out

Film animasi dengan nuansa warna-warni dan sarat akan masalah psikologi ini sangat layak untuk ditonton. Terutama bagi orang tua, karena dapat membantu memahami jalan pikiran dan psikis dari sang buah hati.

Cerita film ini ditulis oleh Pete Docter dan Ronnie del Carmen berdasarkan pengalaman Docter terhadap perubahan perilaku putrinya, Ellie, yang tengah menginjak usia 11 tahun.

Proses pengembangan film ini bahkan diketahui turut dibantu oleh sejumlah ilmuwan psikologis, termasuk salah satunya Dacher Keltner dari University of California, Berkeley.

Film ini bercerita tentang Riley yang lahir dan besar di Minnesota. Menghabiskan masa kecilnya di tempat tersebut, hidup Riley yang awalnya bahagia berubah drastis saat orang tuanya memutuskan untuk pindah ke San Fransisco.

Dari situlah sikap dan perilaku Riley mulai terlihat berubah. Dalam pikirannya, terdapat lima emosi yang berperan, mereka adalah Joy, Sadness, Fear, Anger dan Disgust. Bertugas mengatur emosi Riley, mereka justru menghadapi masalah yang membuat sikap Riley semakin tak terkendali.

4. Big Hero 6

4. Big Hero 6
IMDb.com/Big Hero 6

Ingat dengan tokoh robot besar berwarna putih yang bernama Baymax, Ma? Nah, tokoh ini muncul dari film Big Hero 6. Diceritakan bahwa Baymax diciptakan oleh Tadashi, yang merupakan kakak dari tokoh utama film ini, Hiro Hamada.

Karena suatu kecelakaan, Tadashi meninggal dunia dan ‘mewariskan’ Baymax pada Hiro. Robot yang suka memeluk dan dikenal bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini pun berpetualang bersama Hiro untuk mengatasi masalah yang mulai menghadang.

Editors' Picks

5. Up  

5. Up  
IMDb.com/Up

Salah satu film animasi petualangan produksi Pixar dan Walt Disney ini juga sempat booming beberapa waktu lalu. Tepatnya sejak tahun 2009, Ma. Film Up sendiri mencatat sejarah sebagai film animasi pertama yang diputar dalam Cannes Film Festival.

Dalam film ini, diceritakan petualangan antara lansia bernama Carl Fredricksen dan anak kecil yang sedang aktif mengikuti kegiatan Pramuka bernama Russell. Kabur dari ajakan untuk pergi ke panti jompo, Fredricksen menggunakan rumah yang diterbangkan dengan balon menuju Paradise Falls.

Saat itulah tak sengaja Russell terbawa dan akhirnya mereka berdua menjalani petualangan seru bersama-sama. Akankah mereka bisa pulang kembali dengan selamat? Jangan lupa ajak si Kecil untuk menonton film Up bersama-sama, ya.

6. Finding Nemo

6. Finding Nemo
IMDb.com/Finding Nemo

Dirilis tahun 2003, film animasi dengan latar belakang dunia laut dan segala makhluk hidup di dalamnya ini sampai sekarang masih kian populer. Terutama saat sekuelnya, Finding Dory, dirilis pada tahun 2016.

Nama-nama populer diketahui mengisi daftar pengisi suara di film ini, ma. Sebut saja ada Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould dan Willem Dafoe.

Menceritakan tentang Marlin yang harus berkeliling seluruh lautan untuk mencari anaknya, Nemo, yang menghilang setelah diambil oleh seorang penyelam. Dibantu oleh ikan pelupa bernama Dory, Marlin kemudian bertekad untuk tidak menyerah mencari Nemo.

Ia yang tadinya tidak mau keluar dari zona nyaman di rumahnya, harus melawan rasa takut menghadapi ikan hiu, paus, ubur-ubur hingga penyu.

Petualangan Nemo untuk bisa kabur dari akuarium pun tak kalah seru, Ma. Nah, jangan lupa juga untuk menonton film Finding Nemo, ya!

7. Toy Story 3

7. Toy Story 3
IMDb.com/Toy Story 3

Sekuel ketiga dari seri film Toy Story ini semakin seru dan masih menceritakan tentang petualangan para mainan Andy yakni Woody, Buzz, Jessie dan masih banyak lainnya.

Seiring bertambahnya usia Andy yang kini akan pergi kuliah, ia sempat bingung akan dibawa kemana para mainan kesayangannya ini. Karena kesalahpahaman dengan sang ibu, mainan Andy yang seharusnya disimpan di gudang justru dibawa ke sebuah daycare bernama Sunnyside Daycare.

Di sini mereka pun kemudian bertemu dengan boneka beruang berwarna pink bernama Lotso, yang diketahui menjadi pemimpin para mainan di Sunnyside. Meski awalnya tampak ramah, rahasia di balik kehidupan Lotso pun kian terungkap.

8. Brave

8. Brave
IMDb.com/Brave

Kental dengan nuansa serta logat dari Skotlandia, film Brave menyajikan cerita tentang seorang putri bernama Merida, yang ingin memperjuangkan haknya untuk tidak dipaksa menikah dan juga ingin hidup bebas.

Punya kemampuan menggunakan busur, ia pun sempat membuat kesalahan pada suatu hari dan membuat sang ibu, yang merupakan ratu bernama Elinor, berubah menjadi seekor beruang.

Budaya di area tersebut menganggap bahwa beruang adalah binatang sangat berbahaya dan harus dibunuh pun membuat Merida mati-matian harus mencari cara untuk mengembalikan ibunya.

Pentingnya menuruti nasihat orang tua dan patuh serta harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan keluarga pun menjadi salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari film ini.

Baca juga: 7 Film Terbaik di 2018 yang Jangan Sampai Terlewat

Baca juga: Ini Dia 7 Momen Seru di Oscar 2018 yang Paling Berkesan

9. Frozen

9. Frozen
IMDb.com/Frozen

Film animasi yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios ini semakin populer setelah lagu soundtracknya, ‘Let It Go’, juga sempat naik daun dan ramai diperdengarkan di mana-mana.

Film yang merupakan animasi ke-53 produksi Walt Disney ini dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen. Diisi suara oleh Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, Josh Gad dan Santino Fontana, film ini pun sempat populer di tahun 2013 lalu.

Film ini menceritakan tentang Elsa yang memiliki kekuatan ajaib bisa mengeluarkan es dari tangannya, namun sayangnya ia belum bisa mengendalikan kekuatan tersebut. Karena sebuah kesalahan, ia membuat kerajannya beku dan memutuskan untuk kabur.

Sang adik, Anna, kemudian mencari Elsa. Ditemani oleh Kristoff yang merupakan seorang pemanen es dan binatang peliharaannya, Sven, mereka pun berpetualang bersama.

Di tengah jalan, mereka bertiga bertemu dengan Olaf, manusia salju yang dulu pernah dibuat oleh Elsa. Berhasilkah mereka pulang dan melawan orang jahat yang berniat menghancurkan kerajaan? Yuk langsung tonton Frozen sekarang juga, Ma!

Nah, demikian daftar film-film animasi pemenang Oscar yang bisa menjadi pilihan Mama, Papa dan juga si Kecil untuk menghabiskan waktu bersama. Jangan lupa siapkan camilan agar waktu menonton jadi lebih seru, ya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;