Benarkah Jam Kerja Sehari-hari Memengaruhi Kesuburan Perempuan?

Ini penjelasannya jam kerja sehari-hari kamu bisa sebabkan gangguan kesuburan perempuan.

28 Februari 2021

Benarkah Jam Kerja Sehari-hari Memengaruhi Kesuburan Perempuan
Pexels/Pixabay

Gangguan kesuburan pada perempuan merupakan momok yang menakutkan bagi perempuan yang segera ingin memiliki momongan.

Terlebih bagi perempuan yang bekerja shift malam, hal itu menjadi kekhawatiran menjadi penyebab kesuburan mereka terngganggu.

Seperti yang sejalan dengan yang dikemukakan oleh para ahli dari University of Southampton dan University Hospital Southampton NHS Foundation Trust di Inggris, yang menyimpulkan bahwa para perempuan yang terlibat bekerja shift malam, 80 persen berpeluang akan mengalami masalah kesuburan perempuan, gangguan menstruasi bahkan hingga keguguran.

Mengapa demikian? Karena shift kerja malam hari bisa mengacaukan jam tubuh yang bekerja semestinya dan memengaruhi psikologis perempuan secara keseluruhan.

Nah, dengan terganggunya jam biologis tadi, mengakibatkan fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh dan detak jantung menjadi tak teratur sehingga kesuburan perempuan terganggu. Berikut penjelasan dari Popmama.com selengkapnya.

Editors' Picks

1. Masih menjadi perdebatan

1. Masih menjadi perdebatan
Pixabay/Concord90

Meski demikian, hal itu bukan menjadi alasan bagi kamu yang terlibat bekerja dengan shift malam untuk bergegas mengajukan surat pengunduran diri, lho.

Karena sebenarnya, para ahli juga menggarisbawahi bahwa hasil riset mereka yang menyatakan berkerja shift menjadi penyebab masalah kesuburan perempuan bukanlah satu-satuna petunjuk mengenai penyebab masalah keseburuan pada perempuan.

Para ahli sejatinya juga belum bisa memastikan apakah siklus tidur yang tak teratur benar-benar menjadi penyebab sulit hamilnya seorang perempuan.

Namun, di luar isu pekerjaan shift malam yang bisa mengganggu kesuburan perempuan dan masih menjadi perdebatan, sebenarnya hal yang perlu perempuan perhatikan agar tidak terganggu kesuburannya adalah perempuan perlu memahami bagaimana mereka dapat memperbaiki potensi reproduksi mereka.

Hal itu dapat dilakukan bukan hanya dengan menurunkan potensi gangguan kesuburan perempuan yang mereka hadapi misalnya bekerja shift malam atau masalah gangguan kesuburan lainnya.

Kamu bisa memulai hidup sehat dengan mengatur dan menjaga asupan makanan dan menghindari hal-hal yang bisa membuat kamu stres.

2. Apa yang sebaiknya dilakukan?

2. Apa sebaik dilakukan
Pixabay/FotografieLink

Jika kamu saat ini sedang bekerja di bidang yang mewajibkan kamu shift malam seperti dokter, perawat, jurnalis atau petugas keamanan apabila kamu mencintai pekerjaanmu, satu hal yang bisa menyelamatkan kamu dari gangguan kesuburan perempuan yakni dengan menjauhkan diri kamu dari stres.

Stres bukan hanya akan mengakibatkan kamu mengalami gangguan kesuburan, lho.

Namun juga bisa berdampak pada turunnya kualitas kerja kamu. Nggak mau kan kamu sering ditegur oleh atasan karena tidak fokus lantaran kamu stres memikirkan banyak hal.

Tak hanya menjauhkan diri kamu dari stres, dengan meluangkan bebrapa jam waktu kamu dalam seminggu untuk berolahraga juga efektif menjauhkan kamu dari gangguan kesuburan, terlebih juga bisamembuat kamu lebih sehat.

Tubuh yang sehat, tentu juga berdampak pada mood kamu yang selalu senang dan lebih fokus bekerja.

Jadi, tak perlu khawatir jika kamu terlibat bekerja dengan shift malam menjadi penyebab gangguan kesuburan kamu, dengan menjaga asupan makanan, menghindari diri dari stres serta perbanyak olahraga kamu bisa menghindari gangguan kesuburan pada diri kamu.

3. Pentingnya dukungan dari pasangan dan keluarga

3. Penting dukungan dari pasangan keluarga
Freepik

Dukungan suami sangat dibutuhkan bagi istri yang bekerja terutama jika pekerjaan menuntut untuk menjalani shift malam.

Dengan adanya dukungan suami ini bisa mengurangi beban stres dan rasa lelah yang dirasakan oleh istri ketika pulang dari kantor.

Stres di tempat kerja akan merembet sampai di rumah. Namun seorang istri tidak mungkin melampiaskan di rumah begitu saja, akibatnya istri akan menahan sendiri.

Jika emosi ini tidak terarahkan dan tidak dikelola dengan baik maka akan mudah marah maupun tersinggung. Kalau sudah begini maka susah untuk bercanda atau bermesraan.

Maka itu dukungan dan pengertian dari suami sangatlah penting bagi istri yang bekerja. Jika kamu terhindar dari stres, maka tidak masalah dengan kesuburan kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.