Pasca Operasi Tumor Otak, Tya Ariestya Pantau Kesehatan Sang Mama

Begini cerita perjuangan Tya Ariestya saat mengetahui ada tumor di kepala sang Mama

12 Juli 2019

Pasca Operasi Tumor Otak, Tya Ariestya Pantau Kesehatan Sang Mama
Instagram.com/tya_ariestya

Melalui Instagramnya, Tya Ariestya berbagi cerita mengenai kondisi kesehatan sang Mama yang mengalami tumor otak. Gejala sakit kepala cukup hebat sempat dirasakan sejak 28 Mei 2019 lalu. Ketika itu, Tya langsung membawa orangtuanya ke UGD serta minta dirawat karena takut ada gejala ke arah DBD atau tipes. 

Usai sempat melakukan tes darah, cek jantung dan paru-paru hasilnya normal tidak ada gejala yang mengarah DBD atau tipes. Hanya saja, sang Mama masih merasa pusing dan tidak kunjung berhenti, sehingga dokter pun memutuskan untuk melakukan CT scan sebelum pulang ke rumah. 

Kecurigaan Tya mengenai ada masalah bagian otak orangtuanya ini mulai semakin terlihat karena usai pulang dari rumah sakit, kepala sang Mama masih sakit dan saat diajak berbicara mulai kebalik-balik ucapannya. 

“Aku telepon RS tempat mama dirawat dan minta hasil CT scan dikirim by email sebelum jadwal dibacain dokter. Langsung dapat kirimannya dan aku tetap nggak ngerti bacanya, kukerahkan semua kenalan teman-teman dokter dan aku kirim hasil CT scan mama,” tulis Tya di salah satu unggahan pertamanya mengenai pembahasan tumor otak. 

Setelah meminta bantuan teman-temannya yang berprofesi dokter untuk membaca hasil CT scan, Tya disarankan segera mungkin ke dokter bedah saraf agar dapat memastikan kondisi di dalam kepala sang Mama. 

Dan BAGAI DISAMBAR PETIR!
Diam aja, gemetar. Nggak percaya, orang yang nggak pernah sakit, nggak pernah ngeluh, nyetir sendiri, masak, bersihin rumput juga, gimana bisa? Akhirnya aku ke dokter bedah otak dan dijelasin seperti ini tumor.

Saat sudah dijelaskan Tya pun dianjurkan unuk melakukan MRI MRA untuk mengetahui secara pasti kondisinya termasuk jenis jinak atau ganas. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui lebih lengkap perjuangan saat Tya Ariestya menemani sang Mama melawan tumor otak, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cerita berdasarkan unggahannya di Instagram. 

Penasaran seperti apa? Yuk, Ma disimak!

1. Mama dari Tya Ariestya menerima penyakit yang dideritanya dengan ikhlas

1. Mama dari Tya Ariestya menerima penyakit diderita ikhlas
Instagram.com/tya_ariestya

Ketika Tya sudah mengetahui bahwa ada tumor otak di kepala sang Mama, dirinya berusaha menutupi penyakit ini diawal-awal sampai dapat memastikan harus bertindak seperti apa. 

Menurut ceritanya di Instagram, Tya sampai harus bolak balik menemui dokter untuk mencari dokter yang terbaik. 

“Tiap hari aku bolak balik dokter, nyobain dokter ini dokter itu, referensi ini dan itu sampai akhirnya ketemu Prof Eka. Ketemu beliau sekali, besoknya langsung ajak Mama buat kasih tahu Mama ada tumor otak. Hebatnya Mama bisa menerima penyakit ini dengan tenang, tanpa nangis tanpa reaksi berlebihan,” tulis Tya. 

Reaksi tersebut membuat keluarga Tya merasa lega sekaligus sama-sama merangkul sang Mama untuk mengangkat tumor yang hampir 5 cm melalui jalan operasi. 

Bicara mengenai tumor otak, perlu Mama ketahui bahwa ini merupakan penyakit yang timbul akibat pertumbuhan jaringan abnormal di bagian otak. Keberadaan tumor otak dapat berasal dari kanker pada organ lain, sehingga menyebar ke bagian kepala termasuk otak. 

Dilansir dari laman Heathline, beberapa gejala yang perlu diwaspadai sebagai tanda munculnya tumor otak yaitu: 

  • Penglihatan mata mulai kabur dan kurang jelas. 
  • Mulai merasa mual dan muntah tanpa pemicu yang jelas. 
  • Mengalami sakit kepala yang cukup parah dan tak kunjung sembuh. 
  • Mengalami kehilangan keseimbangan karena fungsi motorik mulai melemah. 
  • Mengalami kesulitan ketika berbicara serta merasa bingung untuk melakukan rutinitas sehari-hari. 

Baca juga: Selain Tya Ariestya, Deretan Artis Ini Pakai Kursi Roda Saat Hamil

Editors' Picks

2. Tya Ariestya memberikan yang terbaik untuk kesembuhan sang Mama

2. Tya Ariestya memberikan terbaik kesembuhan sang Mama
Instagram.com/tya_ariestya

Saat mengetahui penyakit tumor otak yang diderita sang Mama tentu tidak mudah bagi keluarga dari Tya Ariestya, sehingga perlu mengambil jalan cepat melalui jalan operasi. Tya pun sempat berbagi cerita di Instagram mengenai kondisi sang Mama menjelang dan pasca operasi tumor otak. 

Usai menjalani salat istikharah agar semua berjalan lancar, Tya dan keluarga pun percaya dengan proses terbaik yang dilakukan oleh pihak medis untuk kesembuhan sang Mama. Apalagi rumah sakit dan dokter yang dipilihnya ini telah menangani kasus tumor di bagian kepala, sehingga membuat Tya merasa lebih percaya diri untuk kesembuhan orang yang dicintainya 

Dengan  alat di rumah sakit yang canggih bahkan ada alat yang katanya cuma ada di sana se Asia Tenggara bikin aku makin yakin, ditambah tenaga medis yang berpengalaman penuh dengan hati yang luar biasa sayang sama pasiennya.

Jadi nggak terbesit sedikitpun untuk ke luar negeri untuk case ini!

Proses operasi yang menghabiskan waktu 5 jam dan semua berjalan lancar dan tidak ada pendarahan, sehingga tak perlu ada tranfusi darah. 

Melalui Instagram pribadinya, Tya sempat mengunggah sebuah foto sang Mama yang masih bengkak di bagian wajah karena efek pasca operasi kepala. Apalagi di bagian bawah mata banyak sekali pembuluhnya, namun semuanya akan kembali normal. 

Baca juga: Dibalik Keberhasilan Kehamilan Tya Ariestya, Begini Dukungan Kanaka

3. Tidak ingin sang Mama sedih, Tya Ariestya berusaha tak menangis

3. Tidak ingin sang Mama sedih, Tya Ariestya berusaha tak menangis
Instagram.com/tya_ariestya

Setelah menjalani operasi untuk mengeluarkan semua tumor di bagian kepala, akhirnya sang Mama pun sempat masuk ICU. Menurut pernyataan dari Tya di Instagram pribadinya, usai operasi pasien akan lebih banyak mengeluarkan urine dan harus terus dikontrol oleh pihak rumah sakit.  

Saat dipanggil ke ICU selang 1,5 jam, Tya berusaha tegar melihat kondisi orang yang dicintainya berbaring di tempat tidur. 

Liat Mama mau nangis kencang, tetapi nggak boleh! Harus kuat. Pertama kali lihat Mama dipasangin banyak kabel dan alat bantu napas, mulut terbuka lidah pun keluar sebagian. 

Hati aku hancur, tetapi aku liat Mama udah berusaha buat SADAR! Padahal biusnya masih bekerja banget. 

Mama udah sedikit buka mata, aku ajak ngomong. Sambil nguatin hati kasih lihat kalau semua udah berjalan lancar!

“Mamaku hari ini dan seterusnya sehat! Kita benar-benar lewatin ini sekeluarga, tanpa melibatkan keluarga besar biar nggakbanyak opini dan bisa lebih fokus. Alhamdulillah semua udah lewat, tinggal pemulihan. Semoga semangat Mama nular ke orangtua lainnya dan yang sedang diberikan ujian serupa,” ucap Tya di salah satu unggahan pribadinya.

Sikap positif dan dukungan Tya sekeluarga membuat proses operasi sang Mama pun berjalan dengan lancar, tanpa hambatan.

Itulah beberapa cerita perjuangan dari Tya yang terus memberikan dukungan untuk kesembuhan sang Mama. Semoga cerita perjuangan Mama dari Tya Ariestya melawan penyakit tumor otaknya ini dapat memberikan inspirasi kepada orang banyak. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!