Cara Radhini Menjaga Kesehatan Mental Melalui Musik dan Kreativitas

Muda dan menginspirasi!

31 Maret 2019

Cara Radhini Menjaga Kesehatan Mental Melalui Musik Kreativitas
Dok. Popbela.com

Radhini Aprilya Hapsari tentu sudah nggak asing lagi di telinga para pecinta musik Tanah Air. Penyanyi kelahiran tahun 1988 ini terkenal sebagai musisi independent yang sukses menciptakan banyak lagu sendiri.

Radhini sebelumnya dikenal sebagai seorang penyiar radio. Kini ia kembali membuktikan talentanya melalui lantunan lagu dengan suara merdu.

Pada acara BeautyFest Asia 2019, Sabtu (30/03/2019) di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Radhini juga menceritakan bagaimana cara ia menjaga kesehatan mental melalui musik dan sebuah kreativitas.

Berikut Popmama.com telah merangkumnya untuk bisa menjadi inspirasi bagi Mama.

Editors' Picks

1. Bagaimana cara Radhini mendapatkan inspirasi?

1. Bagaimana cara Radhini mendapatkan inspirasi
Popmama.com/Novy Agrina

Sebelum resmi menikah dengan Angga Adiyatama pada 1 April 2018, tentunya Radhini telah banyak melewati banyak kisah dalam kehidupannya. Ternyata inilah yang menjadi bahan untuk dijadikan inspirasinya dalam berkarier dalam bidang musik.

Dalam menciptakan sebuah lagu, Radhini memiliki caranya sendiri. Kenangan tentang apa yang pernah ia alami bisa membuat dirinya jadi lebih produktif dan mampu menghasilkan sebuah kreativitas nyata.

“Nulis lagu menjadi terapi untuk diri sendiri. Aku baru bisa nulis lagu berdasarkan pengalaman  aku sendiri. Itu lebih mudah dari pada memakai pengalaman orang lain. Itu seperti terapi, curhat, bisa jadi sebagai diary dan bisa jadi pengingat kalau hidup aku pernah ada di fase seperti itu,” ungkap Radhini.

2. Makna musik bagi Radhini

2. Makna musik bagi Radhini
Dok. Popbela.com

Musik idealnya bisa membawa dampak positif bagi pendengarnya. Melalui mendengarkan musik seseorang bisa terbantu untuk mengekspresikan sebuah emosi yang dirasakannya.

“Lagu yang dibuat sendiri, dinyanyikan sendiri malah lebih enak jadinya,” menurut radhini.

Radhini juga bisa menjalankan pekerjaannya sebagai musisi dengan cara yang profesional.

“Ada satu titik dimana sebagai pencipta lagu yang mengangkat pengalaman pribadi, bisa menghayati lagu tersebut tanpa perlu mengingat orang yang ada di dalam kenangan tersebut. Hanya bersifat profesional saja.”

3. Menyampaikan sebuah kisah dengan jujur

3. Menyampaikan sebuah kisah jujur
Popmama.com/Novy Agrina

Dalam sebuah karya musik, membutuhkan sebuah kejujuran dari penciptanya. Termasuk yang dilakukan Radhini ketika menjadikan musik sebagai terapi untuk kesehatannya.

“Aku dalam bikin lagu selalu ingin jujur. Kalau lagi sedih bilang sedih, kalau sedang ada di titik terendah, bilang apa adanya. Jujur, dan itu hanya fase dalam kehidupan. Itu hanyalah fase yang nanti kita bisa ambil pelajarannya.”

Radhini juga memiliki cara yang sangat unik dalam proses pembuatan sebuah lagu. Tanpa menguasai alat musik apa pun Radhini tetap bisa menciptakan lagu.

“Aku tidak menguasai alat musik apapun. Beruntungnya aku bisa mengingat nada-nada itu ada di kepala aku. Aku hanya perlu merekamnya dan pelan-pelan membuat liriknya. Tahap selanjutnya aku akan membuat aransemenya. Apakah lagu itu mau dibuat intimate atau grande,” demikian tutup Radhini.

Setiap orang bisa memiliki kehebatan yang tidak terduga selama dia mau mengekplorasi. Seperti Radhini, kisah pribadinya bisa dibagikan kepada banyak orang melalui sebuah karya musik yang akhirnya bisa menjadi inspirasi dan menghasilkan untuk dirinya. Mama mungkin tertarik untuk menelurkan karya serupa?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.