Eksklusif: Sempat Kebingungan, Tika Bravani Sangat Menikmati Perannya sebagai Mama

Mengurus anak tanpa ART, Tika baru bisa menemukan ritme yang tepat setelah 4 bulan menjadi Mama

15 April 2021

Eksklusif Sempat Kebingungan, Tika Bravani Sangat Menikmati Peran sebagai Mama
Popmama.com/Sweet Escape

Menjadi orangtua tentu tidak mudah, apalagi bagi yang pertama kali menjalani peran ini. Hal itu yang dirasakan oleh Millennial Mama of The Month April 2021, Tika Bravani.

Mama dari Kalam Mahandika ini menyebut jika menjalani peran sebagai Mama butuh banyak penyesuaian. Jadi, menurut Tika Bravani sangat wajar jika seorang Mama sempat clueless di awal-awal. Namun, seiring bertumbuhnya Kalam, Tika juga seolah semakin ahli menjadi Mama.

"Jadi memang awal-awal saya juga seperti have no idea untuk mengurus bayi, kan aku anak tunggal terus juga tidak punya adik. Bahkan popok aja aku tidak tahu bahwa ada garis biru yang menandakan bahwa itu pipisnya sudah penuh," jelas Tika.

Dari sana, Tika pun belajar mengenai kebiasaan Kalam. Mulai dari ketika menangis karena lapar, ingin ASI atau yang lainnya. Tika juga banyak belajar dari buku-buku parenting. 

Bagaimana cerita Tika Bravani menjalani tahun pertama menjadi Mama baru di tengah pandemi? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Butuh waktu 4 bulan untuk Tika mulai bisa menyesuaikan menjadi Mama

1. Butuh waktu 4 bulan Tika mulai bisa menyesuaikan menjadi Mama
Popmama.com/Dimas Prasetyo

Proses menjadi Mama baru tidak selalu mudah. Belum lagi Tika Bravani tidak memiliki asisten rumah tangga (ART) yang membantunya dalam mengurus Kalam. Meski begitu Tika tak merasa menyesal. 

Sebab meski kadang sangat merepotkan, melihat pertumbuhan anaknya secara penuh adalah kebahagiaan sempurna yang ia rasakan. 

"Jadi Mama itu kayak by process, saya belajar bagaimana urus bayi, baca buku juga, sampai akhirnya ketemu ritmenya. Oh, jam segini dia tidur siang, jam segini dia tidur pagi, jam segini dia ASI," ungkapnya.

Tenang Ma, tidak perlu terburu-buru menyesuaikan dan memaksakan jadwal kita teratur setiap hari. Sebab, untuk menemukan ritme dan jadwal yang nyaman bagi Tika Bravani butuh 4 bulan lho. 

Editors' Picks

2. Peraturan 30 menit sehari untuk me time membuat Tika Bravani tetap waras

2. Peraturan 30 menit sehari me time membuat Tika Bravani tetap waras
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Selain menyesuaikan untuk lebih mengerti sang Anak, Tika juga tidak lupa dengan dirinya sendiri. Ia menyebut setiap hari ada waktu yang ia khususkan untuk bisa 'me time'.

Selama waktu tersebut, Tika dibantu sang Suami untuk menjaga Kalam. Perlu diketahui, jika agar sang Mama tidak terlalu stres dalam menjaga keluarga dukungan suami atau keluarga dekat diperlukan lho, Ma.

"Saya minimal 30 menit dalam sehari sendirian itu tidak diganggu sama Kalam. Menurut saya penting bagi Mama-mama itu minimal punya 30 menit dalam sehari untuk tidak mengurus anak, entah apapun kegiatan yang dilakukan Mama tersebut," tutur Tika.

3. Menjadi Mama baru ditengah pandemi, Tika sempat parno bawa kalam imunisasi

3. Menjadi Mama baru ditengah pandemi, Tika sempat parno bawa kalam imunisasi
Popmama.com/Sweet Escape

Memiliki bayi di bawah setahun tentu banyak imunisasi yang harus dilakukan Kalam. Lahir di tengah pandemi membuat Tika serba protektif kepada anaknya itu. Kalam sendiri lahir saat pandemi pertama merebak di Indonesia, yaitu Februari 2020 lalu.

Karena masalah pandemi tetapi Kalam harus tetap imunisasi, Tika sempat bimbang. Ia bahkan sempat parno untuk membawa Kalam ke rumah sakit untuk imunisasi. Namun, kembali lagi, karena imunisasi penting sehingga yang bisa dilakukan Tika adalah menyiapkan segala hal sebelum pergi ke rumah sakit membawa Kalam.

"Ya kemarin awal-awal sempat parno juga, saya harus ke rumah sakit. Tapi pada akhirnya, karena Kalam butuh imunisasi, ya udahlah, bismillah aja. Akhirnya saya berusaha mencari rumah sakit yang memisahkan khusus bangsal yang sakit dan sehat," tutur Tika.

Dari sana, Tika akan mencari jadwal dokter baru kemudian datang imunisasi sesuai jadwal. Setelah imunisasi itu, Tika mencegah untuk mammpir ke mana-mana dan langsung pulang. 

4. Bekerja sama dengan suami, Ini persiapan Tika dan suami bawa Kalam imunisasi

4. Bekerja sama suami, Ini persiapan Tika suami bawa Kalam imunisasi
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Secara umum, tidak ada protokol kesehatan khusus yang dilakukan Tika dan suami. Sejauh ini, Tika dan suami bekerja sama untuk membawa Kalam dengan aman saat imunisasi.

"Paling saya siapkan hand sanitizer, masker, terus kalau Kalam pakai face shield. Setiap kita imunisasi atau sudah sampai dokter, saya dan Kalam menunggu di mobil dulu. Sementara, Papanya yang daftarin. Jadi kalau sudah dipanggil baru masuk," jelas Tika. 

Sejauh ini, Tika Bravani dan suaminya, Dimas Aditya belum memilih untuk mengimunisasi Kalam di rumah. Sebab beberapa pelayanan rumah sakit atau aplikasi kesehatan belum menyediakan layanan imunisasi yang cukup lengkap.

5. Perkembangan dan pertumbuhan Kalam kadang buat Tika tersentuh

5. Perkembangan pertumbuhan Kalam kadang buat Tika tersentuh
Popmama.com/Dimas Prasetyo

Pertumbuhan Kalam yang saat ini masih berusia setahun  berkembang pesat. Setiap perkembangan yang ditunjukkan Kalam kadang membuat Tika terkesan. Sebab, pertumbuhan yang ditunjukkannya membuat ia dan suami kaget.

"Kadang menyentuh banget. Kayak setiap milestone yang di alami oleh Kalam, saya kadang kaget. Tiba-tiba sudah bisa berdiri, merangkak. Yaampun cepat juga ya. Menyaksikan itu satu-persatu menurut saya menyentuh sekali," jelas Tika.

Pengalaman dan perjalanan Tika Bravanai menjadi Mama baru di tengah pandemi tentu banyak cerita. Tak hanya perihal menjaga diri tetap sehat, banyak pekerjaan rumah baru bagi Mama-mama yang membesarkan anak di tengah pandemi.

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga :

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.