7 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Konsumsi Pil KB

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mencegah kenaikan berat badan akibat konsumsi pil KB

15 Mei 2019

7 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Konsumsi Pil KB
Freepik/Yanalya

Konsumsi pil KB memang dapat membantu menunda atau mencegah kehamilan, namun efek samping penggunaan pil KB juga akan dirasakan oleh penggunanya.

Kamu yang menggunakan pil KB tentu tahu bahwa salah satu efek samping penggunaan pil KB yang banyak diperbicangkan kaum perempuan adalah pil KB dapat membuat kamu menjadi gemuk karena dapat merangsang kenaikan berat badan.

Ya, meski tidak semua mengalaminya, beberapa perempuan memang merasakan adanya kenaikan berat badan pasca mengonsumsi pil KB. Hal ini karena kadar estrogen yang tinggi pada pil KB mampu membuat nafsu makanmu bertambah sehingga kemungkinan untuk mengalami kenaikan berat badan bisa saja terjadi.

Nah, agar kamu tidak mengalami efek dari konsumsi pil KB ini, dilansir dari Live Strong berikut hal yang harus kamu lakukan:

1. Jaga asupan makanmu

1. Jaga asupan makanmu
Freepik/Yanalya

Jika kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, disarankan untuk menjaga asupan makanan yang kamu konsumsi. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, menghindari konsumsi makanan yang tinggi gula, dan makanan tinggi lemak.

Nah, makanan sehat yang direkomendasikan salah satunya adalah makanan tinggi serat. Makanan yang mengandung serat tinggi akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun akan lebih terkontrol.

2. Ganti camilanmu

2. Ganti camilanmu
Freepik/Senivpetro

Camilan yang tinggi gula dan tinggi kalori sebaiknya kamu batasi. Kamu lebih disarankan untuk mengonsumsi camilan sehat seperti aneka jenis buah-buahan,yogurt dengan potongan buah, granola bar, kacang almond atau kacang mete, buah kering, hingga coklat hitam.

Camilan sehat dapat mengisi rasa laparmu pada jam-jam waktu ngemil tiba, namun tetap dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan.

3. Biasakan sarapan pagi

3. Biasakan sarapan pagi
Freepik

Dilansir dari Healthline, kamu disarankan untuk membiasakan diri untuk memulai hari dengan sarapan pagi. Sarapan pagi mampu mengurangi risiko kenaikan berat badan atau menjaga berat badanmu tetap stabil.

Sarapan mampu meredam keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat dan juga membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebih pada jam makan siang.

Editors' Picks

4. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

4. Pastikan tubuh terhidrasi baik
Freepik

Untuk mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi pil KB, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Hal ini karena konsumsi air putih yang cukup mampu membantu mencegah retensi air yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Nah, selain perbanyak konsumsi air putih, kamu juga disarankan untuk mengurangi asupan makanan asin untuk membantu mengurangi dan mencegah retensi air.

Baca juga:

5. Olahraga secara rutin

5. Olahraga secara rutin
Freepik/Schantalao

Untuk mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi pil KB, tak hanya mengonsumsi makanan sehat saja, kamu juga harus rutin melakukan olahraga.

Olahraga membantu membakar kalori, mengontrol nafsu makan dan mengurangi retensi air. Kamu disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Jadi, sempatkan untuk berolahraga ya!

6. Pantau berat badanmu

6. Pantau berat badanmu
Unsplash/I Yunmai

Untuk mencegah kenaikan berat badan saat mengonsumsi pil KB, ada baiknya untuk memantauk berat badanmu secara berkala. Bila perlu, buat “diary” makanan yang kamu konsumsi beserta jumlah kalorinya. Cara ini dapat membantu kamu mengontrol kenaikan berat badan.

Kamu juga dapat secara rutin memantau berat badanmu setidaknya 1-2 minggu sekali uuntuk membantu mengetahui berat berat badanmu dari waktu ke waktu.

7. Konsultasikan ke dokter

7. Konsultasikan ke dokter
Freepik/Javi_indy

Jika cara tersebut telah dilakukan dan penambahan berat badan tetap terjadi, konsultasikan ke dokter.

Dokter mungkin akan memberikan opsi kontrasepsi lainnya yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Sebab setiap kontrasepsi memiliki reaksi yang berbeda pada setiap orang.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!