Resep Ketan Susu Keju yang Mudah dan Lezat buat Camilan Siang Ini

Yuk, buat camilan enak ini di rumah, Ma!

4 Agustus 2021

Resep Ketan Susu Keju Mudah Lezat buat Camilan Siang Ini
Yummy/Lila Wahyu Lestari

Tak hanya dibuat bubur, Mama juga bisa berkreasi mengolah beras ketan menjadi camilan lain yang tak kalah lezat. Salah satunya seperti ketan susu keju ini.

Keju adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium dan baik untuk tulang. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, keju juga rasanya gurih dan cocok untuk topping ketan susu.

Perpaduan antara gurihnya ketan dan keju serta manisnya susu kental manis memang cocok dijadikan sebagai menu camilan di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Yuk, simak resep membuat ketan susu keju yang bisa Mama coba dengan mudah di rumah. Popmama.com sajikan resepnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

1. Bahan-bahan diperlukan
thespruceeats.com

Bahan utama:

  • 250 gram ketan putih
  • 200 ml santan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan pelengkap:

  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Meses cokelat

Editors' Picks

2. Kukus ketan

2. Kukus ketan
Thewoksoflife.com

Rendam ketan putih kurang lebih selama dua jam. Setelah direndam, cuci bersih ketan dengan air. Lalu, kukus ketan di dalam panci pengukus hingga setengah matang kurang lebih selama tujuh menit.

3. Didihkan santan

3. Didihkan santan
Freepik/8photo

Siapkan wadah, didihkan santan dan garam. Aduk perlahan dan terus menerus hingga mendidih, jangan sampai santan pecah. Setelah mendidih, matikan kompor dan angkat santan.

4. Campurkan ketan dan santan

4. Campurkan ketan santan
Yummy/Depay Kitchen

Masukkan ketan ke dalam santan kemudian aduk hingga rata dan santan menyerap secara merata ke dalam ketan. Kukus kembali ketan selama 20 menit hingga matang.

5. Siap dihidangkan dengan pelengkap

5. Siap dihidangkan pelengkap
Yummy/Depay Kitchen

Setelah ketan matang, angkat dan sajikan di piring saji. Taburkan parutan keju di atasnya.

Bisa ditambahkan juga dengan meses cokelat sesuai selera. Kemudian, siram ketan dengan susu kental manis dan ketan susu keju pun siap dihidangkan.

Nah, itulah resep ketan susu keju yang rasanya manis plus gurih. Mudah dan praktis, kreasi ketan susu keju ini bisa dipadukan dengan topping lainnya sesuai favorit.

Daripada membeli di luar, coba membuatnya sendiri di rumah, yuk, Ma. Selain lebih higienis, membuat makanan sendiri di rumah juga dapat mengisi waktu luang Mama.

Selamat mencoba membuat ketan susu keju yang rasanya pasti yummy banget!

BacaJuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.