10 Rekomendasi Bunga Biru untuk Membuat Teras Lebih Segar

Berbeda jenisnya berbeda pula perawatannya ya, Ma!

1 Mei 2021

10 Rekomendasi Bunga Biru Membuat Teras Lebih Segar
Pixnio.com

MemiIki pekarangan atau teras kosong di rumah memang paling tepat untuk dijadikan taman.

Memiliki ruang hijua juga penting untuk memperlancar sirkulasi udara dan memberikan nuansa segar yang membuat rumah menjadi lebih indah.

Warna biru adalah warna yang bersifat universal yang dapat menimbulkan kedamaian, ketenangan, dan juga kenyamanan. Warna biru ini juga seringkali mengacu pada bunga yang berwarna biru.

Bunga berwarna biru dapat menjadi pilihan bunga yang harus ditanam diteras rumah untuk memperindah dan membuat teras tidak membosankan.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi bunga berwarna biru yang dapat kamu tanam dirumah mu:

1. Flax

1. Flax
Ebay.com.au

Bunga flax mrmiliki kelopak berwarna biru muda dengan sentuhan keunguan yang berjumlah 5 hingga 6 helai.

Jika tidak dilihat dengan baik, sekilas bunga ini terlihat seperti bunga palsu karena bentuk dan gradasi warnanya yang sangat sempurna.

Selain bunganya yang indah dilihat, biji bunga ini atau flax seed terkenal karena merupakan salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan nutrisinya.

Bunga flax atau yang juga sering disebut dengan rami mudah tumbuh dimana saja terlebih pada kondisi tanah yang berpasir.

2. Glory of The Snow

2. Glory of The Snow
Whiteflowerfarm

Glory of the Snow atau yang disebut Chionodoxa merupakan tanaman yang berasal dari Turki, bunga ini disebut sebagai glory of the snow karena berhubungan dengan musim salju, dan pada akhir musim dingin bunga ini akan tampak seperti mengintip karena siap untuk mekar.

Warna bunga ini memiliki perpaduan putih dengan gradasi warna biru. tanaman Glory of The Snow ini tumbuh dengan daun hijau tinggi dan memanjang yang membuat tanaman ini menjadi lebih anggun dan mewah.

3. Morning Glory

3. Morning Glory
Amazon.com

Morning Glory adalah jenis tanaman merambat yang mengasilkan bunga berbentuk seperti terompet. Tanaman ini memiliki banyak variasi warna, yaitu bru, putih, ungu, merah, dan pink.

Morning glory merupakan tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan, cukup diberikan siraman air yang cukup khususnya di musim panas, dan juga letakan bunga ini di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung agar bunganya dapat mekar dan indah.

4. Forget Me Not

4. Forget Me Not
Flowermeaning.com

Bunga yang satu ini memang dikenal unik karena sebutannya yang seperti sebuah ungkapan.

Bunga forget me not ini memiliki bentuk yang mungil dan mekar secara bergerombol yang memiliki warna kuning dan putih pada bagian tengahnya.

Bunga forget me not yang seringkali disebut dengan nama scorpion grasses ini, merupakan bunga resmi negara bagian Amerika Selatan, yaitu dari Alaska.

Nama bunga ini diambil dari sebuah tradisi pada zaman perang ketika menjadikan bunga biru ini sebaga tanda untuk mengingatkan prajurit yang telah gugur.

Editors' Picks

5. Lupine

5. Lupine
Pixabay/Ivabalk

Bunga lupine atau wolly lavender ini merupakan tanaman yang unik karena memiliki kelopak bunga yang tumbuh memanjang keatas dengan bentuk bunga yang bulat berisi layaknya kuncup bunga yang belum mekar.

Bunga yang satu ini cocok ditanam di wilayah yang tropis dengan sinar matahari penuh. Kamu dapat mencoba menanam bunga ini dengan membungkus biji tanaman dalam kapas yang basah.

Lalu simpan dikulkas selama kurang lebih seminggu, cara ini dapat membantu perkembangan kecambah menjadi lebih cepat lho!

6. Iris

6. Iris
Tokopedia.com

Selain memiliki nama yang indah, namun penampilan dari bunga iris dapat membuat kamu menjadi terpana.

Bunga iris memiliki kelopak muda pada bagian tengahnya yang berwarna lebih terang, lengkap dengan benang sarinya yang berwarna kuning.

Warna biru pada bunga iris berpadu dengan nuansa keunguan sehingga menghasilkan gradasi warna yang menakjubkan dan memperindah bagian teras rumah mu.

7. Love in Mist

7. Love in Mist
Pxhere

Nama bunga love in mist diambil pada saat dedaunan yang sedang tumbuh merambat di sekitar bunga yang mekar. Bunga ini seringkali ditemukan di wilayah Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Asia

Selain memiliki nama yang menarik, penampilan bunga ini juga unik sekaligus indah.

Bahkan tidak terlalu sulit untuk menanam bunga yang satu ini. Bunga love in mist dapat hidup di kondisi tanah yang lembab dan dengan cuaca yang sejuk.

8. Scabiosa

8. Scabiosa
Mullerseeds.com

Scabiosa merupakan bunga berwarna biru muda keunguan yang unik karena memiliki bantalan putih pada bagina tengahnya.

Cara merawat bunga scabiosa yang sedang mekar adalah dengan membersihkan bagian bunga yang sudah layu. Agar tidak menular dan merusak bagian bunga yang masih segar.

Bunga scabiosa ini mekar sepanjang waktu dan dapat memperindah bagian taman dirumahmu karena seringkali menarik perhatian bagi serangga seperti lebah dan kupu-kupu.

9. Sweet Pea

9. Sweet Pea
Amazon.com

Jika kamu suka mengoleksi aroma parfum yang manis, mungkin kamu tidak asing dengan nama sweet pea.

Karena tumbuhan ini memang sering dijadikan bahan utama parfum karena memiliki aroma yang harum dan enak.

Bunga sweet pea memiliki variasi warna seperti putih, jingga, pink, ungu, dan juga biru. Bunga ini memiliki kelopak-kelopak yang melengkung dan tangkai hijau yang kokoh.

10. Himalayan Blue Poppy

10. Himalayan Blue Poppy
Snaplant.com

Tanaman ini termasuk dalam jenis tumbuhan yang paling sulit ditemukan dan namun dapat dikembangkan. Tanaman ini hanya tumbuh di beberapa negara tertentu seperti New Zealand, Alaska, dan Tibet.

Penampilan dari himalayan blue poppy ini merekah dengan kelopak biru muda yang tipis dan benang sari berwarna kuning cerah yang berbentuk bulat seperti bola. 

Jika kamu berhasil menanam buka ini di teras rumah, kamu tidak akan bosan melihatnya karena dapat membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tenang.

Dari 10 rekomendasi diatas, bunga apa yang jadi favorit kamu?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.